Friday, August 14, 2009

101 Hal tentang yang masuk dan keluar – Matius 15:10-20

10Lalu Yesus memanggil orang banyak dan berkata kepada mereka:11 “Dengar dan camkanlah:bukan yg masuk ke dalam mulut yg menajiskan orang, melainkan yg keluar dari mulut itulah yg menajiskan orang12Maka datanglah murid-muridnya dan bertanya kepadaNYA:”Engkau tahu bahwa perkataanMU itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi. 13Jawab Yesus”Setiap tanaman yg tidak ditanam oleh Bapaku di Sorga akan dicabut dengan akar-akarnya. 14Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yg menuntun orang buta. Jika orang buta yg menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang.15 Lalu Petrus berkata kepadaNYA”Jelaskan perumpamaan itu kepada kami.” 16Jawab Yesus:”Kamupun masih belum memahaminya. 17Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yg masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang ke jamban? 18Tetapi apa yg keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yg menajiskan orang. 19Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu, dan hujat. 20Itulah yg menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yg tidak dibasuh tidak menajiskan orang.
Nah saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, ada perkataan-perkataan dari Yesus yg menarik untuk kita pelajari yg menjadikan kekuatan iman kita di balik ungkapanNYA yg berwibawa:
1.Yg harus kita perhatikan bukan yg masuk namun yg keluar, karena yg keluar itu dari hati. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, apa yg ada dari dalam kata Yesus akan terpancar keluar. Berarti, kita lihat sekarang bahwa banyak orang meributkan hal-hal tentang apa yg masuk, yg dia rasakan, yg dia nikmati dalam hidupnya. Bukankah karena hanya sepiring nasi kadang kala orang bisa saling membunuh. Bukankah karena hanya persoalan harta warisan, adik dan kakak bisa saling bertengkar, menuntut ke penjara. Bukankah karena hal warisan, karena hal apa yg masuk, karena hal ingin memiliki rumah yg besar, tidak sedikit orang yg melacurkan dan merelakan dirinya.
Tidak sedikit anak-anak muda yg demi untuk memperoleh uang jajan yg lebih, atau untuk dapat jalan-jalan bersama teman-temannya berdamawisata di sekitar jakarta/Indonesia/bahkan luar negri, mereka merelakan dirinya pergi dengan orang-orang beruang, om-om senang dan melacurkan dirinya. Mereka tidak lagi memperhatikan kekudusan karena hanya memikirkan apa yg masuk. Banyak dosa terjadi, banyak penyelewengan terjadi, bahkan kehancuran terjadi, karena kita hanya memikirkan apa yg masuk. Tetapi Yesus membongkar konsep itu dan berkata bukan yg masuk yg harus kita perhatikan, tetapi apa yg keluar. Pertanyaannya, apakah hidup kita bisa jadi berkat untuk orang lain? Apakah kesaksian kita dapat menguatkan orang lain? Apakah hidup kita dan apa yg kita miliki dapat kita nikmati?
Karena, persoalannya banyak orang yg memasukkan segala sesuatunya, tetapi ia sendiri tidak bisa menikmatinya. Karena banyak orang yg memasukkan segala sesuatunya dengan dosa, dengan kompromi, dengan keserakahan dan kejahatan. Sehingga outputnya/apa yg keluar bukan dengan ucapan syukur, tetapi waktu malam dia hanya menangisi dirinya dan berkata”Hidupku hanya penuh dengan sengsara dan penderitaan.”
Saudara hanya bisa menutup segala kesedihan dan kesepian saudara dengan lari ke diskotek, saudara hanya bisa menutup segala kesedihan saudara dengan minum minuman keras. Saudara bisa sembunyikan kesedihan saudara dengan memiliki hubungan bebas dengan teman-teman saudara. Tetapi dalam kasih Kristus, saya berkata kepada saudara bahwa saudara harus kembali kepada Tuhan, sebab Yesus mengasihi saudara. Hidup saudara penuh dengan kesedihan, hidup saudara diambang kehancuran. Tapi ingat yg Yesus inginkan dari kita, adalah kita dapat mulai berpikir, adakah hidup saya dapat berarti buat orang lain? Adakah kasih Allah dapat saya nikmati? Sehingga selama saya hidup , yg keluar dari mulut saya adalah ucapan syukur dan saya berkata bahwa saya memiliki Yesus yg memelihara hidup saya, yg telah mengampuni dosa saya.
Ada kebanggaan bahwa saya hidup dalam kesucian, meskipun orang tertawakan saya. Tetapi saya bangga karena saya memiliki Yesus yg telah menyelamatkan hidup saya secara ajaib. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, selama kita hidup bila yg keluar dari mulut kita adalah pujian dan ucapan syukur, dan bangga akan pertolongan Allah. Maka, saya percaya bahwa hidup kita akan akan menjadi hidup yg berarti bagi dunia ini.

2. Setiap tanaman yg tidak ditanam oleh Bapaku di Sorga akan dicabut sampai ke akar-akarnya.
Mungkin saudara bertanya”Tanaman apa yg tidak ditanam oleh Bapaku di Sorga”? Iri hati bukanlah tanaman yg ditanam oleh Bapa yg di sorga, kebencian, kedendaman semuanya itu bukan tanaman dari Bapa di Sorga. Semua hal itu bisa masuk, karena kita membuka pintu hati kita dan membiarkannya masuk. Kita membuka pintu hati kita untuk iri, kepahitan, kecemasan. Semuanya itu bukanlah tanaman yg ditanam oleh Bapa yg di sorga. Untuk itulah kita perlu kembali datang kepada Bapa untuk mencabut semuanya itu sampai ke akar-akarnya. Kita mau lepas dari iri hati, kita mau lepas dari kebencian, kepahitan dan semuanya itu, kadang kala tidak bisa.
Tetapi, waktu kita mau merendahkan diri dan datang kepada Bapa “Tuhan jamah hidupku”, “Tuhan bebaskan hidupku”. Maka Yesus akan bebaskan hidupku. Saudaraku, lewat Roh KudusNYA, IA akan bebaskan kita dan mencabut semuanya sampai ke akar-akarnya. Sudah bukan saatnya lagi orang Kristen hidup dalam kebencian, bukan saatnya lagi orang Kristen yg mengakui Yesus hidup dalam iri hati. Sudah bukan saatnya lagi kita yg memiliki Yesus hidup dalam kedendaman. Biarlah kita mau lepaskan itu semuanya. Biarlah Yesus yg memberi kita damai sejahtera. Tanaman yg ditanam Bapa hanyalah kasih, tanaman yg ditanam Bapa hanyalah sukacita, pengharapan, kesetiaan, kelemahlembutan dan semuanya yg merupakan buah-buah roh yg akan berbuah di dalam hidup kita.
3. Jika orang buta menuntun orang buta, ke-duanya akan jatuh ke lobang
Ayat ini berkata kepada kita mengenai pentingnya kita untuk menjaga pergaulan kita. Karena kalau kita membiarkan pergaulan kita bersama orang buta(bukan buta secara fisik), tetapi adalah orang yg buta secara rohaninya, buta akan Firman Allah, buta akan pengertiannya mengenai hidup benar, buta akan pengertiannya mengenai kesucian, buta akan pengertian mengenai kebenaran-kebenaran Firman Allah. Maka apa yg terjadi? Hidup kita akan dituntunnya dan masuk ke dalam lobang kebinasaan, kehancuran dan kegagalan hidup. Itulah sebabnya Alkitab berkata pergaulan yg buruk akan merusak kebiasaan yg baik. Mungkin kita berkata”Saya seringkali pergi ke gereja, saya seringkali dengar Firman Tuhan. Tetapi, kadangkala hidup saya seringkali susah berubahnya, sulit sekali untuk baca Firman Allah. Kadang kala persoalannya bukan kasih saudara kurang, bukan iman saudara yg kurang, atau engga bisa lebih dekat dengan Tuhan/mungkin Tuhan kurang menjamah saudara.
Tetapi, persoalannya adalah kita tidak mau lepaskan pergaulan kita yg buruk. Karena pergaulan yg buruk dapat menjadi kutuk. Yang oleh Alkitab katakan orang buta memimpin orang buta. Hati-hati kepada siapa saudara menceritakan masalah saudara, hati-hati sekali! Karena, Alkitab berkata”Jangan meminta petunjuk kepada orang-orang kafir” Karena bila kita meminta petunjuk yg salah kita akan dibimbingnya ke jalan yg salah. Itu yg Alkitab katakan, orang buta akan menuntun orang buta dan keduanya akan jatuh ke dalam lobang. Saya mau beritahu bahwa ada tuntunan yg pasti yg selalu tidak akan membuat saudara jatuh, tetapi yg akan selalu menuntun saudara ke jalan yg pasti dan membawa saudara ke dalam kemenangan. Tuntunan itu adalah Firman Allah. Itu sebabnya sebagai orang percaya, Setiap pagi, saudara harus mulai dengan membaca Alkitab, setiap pagi saudara harus mulai dengan berdoa, kenapa? Karena doa adalah nafas hidup orang percaya, Firman Allah adalah makanan rohani yg akan menumbuhkan imanmu. Alkitab berkata Iman timbul dari pendengaran, yaitu akan pendengaran akan Firman Tuhan.
Tidak sedikit anak-anak muda yg jatuh ke dalam pelacuran, sex bebas, dunia homo sexual, obat-obatan terlarang. Semuanya itu terjadi karena akibat konsultasi yg salah/pergaulan yg salah. Karena temannya berkata “Itu wajar, itu hal biasa, itu karena kamu lahir dengan kodrat seperti itu.” Bila saudara memperoleh bimbingan/nasihat yg salah sehingga saudara terjerumus, maka hari ini saya mau beritahu bahwa Yesus mengasihi saudara. Bila saudara mau kembali kepada Tuhan, tidak ada perkara yg mustahil. Allah dapat merubah hidup saudara dan kerjakan mujizat. Waktu saudara berseru kepadaNYA, pertolongan akan datang dan saudara akan dibawaNYA ke dalam kemenangan.
Doa:
Mungkin saudara berkata “Saya adalah orang yg mempunyai kecenderungan untuk menjadi lesbian, homo sexsual, atau saya adalah orang yg memiliki kecenderungan untuk melakukan dosa. Sekali lagi saya mau beritahu bahwa Yesus mengasihi saudara. Bapa, kami serahkan semua dari kami yg berbeban berat, kami yg tidak memiliki kepastian di dalam hidup, kami yg terbawa oleh arus, kami yg hancur, kami yg terseret oleh pergaulan yg salah, di dalam Nama Yesus biarlah kerjakan mujizatMU dan kuasaMU turun atas kami. Kami percaya kami telah bebas dan KasihMU sempurna atas kami. Terima kasih Tuhan, dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur, haleluya, amin!

No comments: