Friday, August 21, 2009

104 Dahsyatnya Kuasa Kristus – Matius 15:32-33

32Lalu Yesus memanggil murid-muridNYA dan berkata:”Hatiku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah 3 hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. “ Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan. 33Kata murid-muridNYA kepadaNYA:“Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?”
Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan pokok bahasan ini sangat menarik, itu sebabnya saya pisahkan 2 ayat dari keseluruhan cerita ini, karena ada hal yg sangat menarik dari diskusi Yesus dengan murid-muridNYA:
1.Yesus pasti berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari Dia
Di sini diceritakan bahwa sudah 3 hari orang banyak itu mengikuti Kristus, dan mereka tidak mempunyai makanan. Dengan lain kata mereka ikut Yesus, apapun harga yg harus dibayar. Ini yang diberi nama sungguh-sungguh. Mereka tidak punya makan, mereka meninggalkan rumahnya, mereka meninggalkan tempat/sesuatu yg menyenangkan di rumah mereka, lalu berjalan bersama Yesus, melihat pelayanan Yesus, diajar dan mendengar Firman dari Kristus, sekarang saya beri nama mereka mencari Kristus dengan sungguh-sungguh.
Ada banyak orang yg mencari Kristus kalau situasinya menyenangkan, adapula orang yg keluar dari gereja karena tersinggung oleh kalimat pastor/pendeta. Ada yg keluar dari gereja sambil berkata“Abis, kursi di gereja saya kurang enak sih!” Ada banyak orang yg keluar dari gereja dan bilang “aduh, abis di gereja itu saya kepanasan dan sound sistemnya kurang baik.’ Itu yg saya beri nama kita cari Tuhan, hanya dalam situasi yg menurut kita menyenangkan. Tetapi, orang-orang ini selama 3 hari mereka korbankan segala sesuatunya, karena mereka ingin mencari Yesus dengan sungguh-sungguh.
Lalu apa yg terjadi? Dikatakan pada ayat yg ke 32 “hatiku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu, sudah 3 hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. “ Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan. Yesus tidak mungkin membiarkan kita pulang dengan lapar. Yesus tidak mungkin membiarkan kita yg telah berdoa, berseru kepadaNYA dan menangis dengan air mata, lalu dibiarkannya begitu saja dengan kelaparan. Yesus adalah Tuhan yg berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari dia.
Oleh sebab itu, para ibu/bapa, jangan pernah berhenti berdoa! Mungkin kita semua sudah berdoa...berdoa....dan berdoa, dan saudara masih belum lihat apa-apa. Jangan saudara pernah berhenti berdoa! Mungkin ada di antara kita bilang”saya sudah hidup kudus, tapi orang banyak tetap ngomongin saya.” Saya sudah berjalan dalam kebenaran, tapi saya malah disingkirkan dari pergaulan dengan teman-teman. Saya mau beritahu, Yesus kita pasti berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari Dia.
Hanya persoalannya , kita telah sungguh-sungguh atau belum? Kita harus jaga dan periksa hidup kita dan bertanya, telahkah hidup kita benar dan sungguh-sungguh di hadapan Tuhan? Karena, bila kita telah sungguh-sungguh, yg perlu dalam hidup kita adalah setia, karena Alkitab berkata”Orang yang setia dan bertahan sampai kesudahannya, itulah yg memperoleh selamatnya. Dengar baik, Tuhan pasti berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari Dia.
2. Yesus selalu memikirkan apa yang menjadi kebutuhan kita
Dia tahu persis bahwa mereka sudah ikut Yesus selama 3 hari. Tuhan tahu persis bahwa mereka tidak punya makanan dan Tuhan tahu bahwa mereka lapar. Lihat, apa reaksi murid-muridNYA ? Murid-muridNYA berkata“Bagaimana mungkin di tempat yang sunyi ini kita mendapat makanan/roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya.” Dengan lain kata Murid-murid Yesus hanya memikirkan kebutuhan mereka sendiri. Dan saya mau beritahu, bahwa dunia ini adalah dunia yg tidak mau memikirkan kebutuhan saudara. Itu sebabnya dalam dunia ini, kalau bisa orang maen sikut, orang maen dorong, injek, supaya apa? Supaya saudara disingkirkan dan dikalahkan, karena dunia ini hanya memikirkan bagaimana dengan dirinya sendiri.
Dengar baik! Yesus selalu memikirkan apa yang menjadi kebutuhan kita. Orang percaya yg sungguh-sungguh, dia tidak hanya memikirkan kebutuhan dirinya sendiri, tapi memikirkan kebutuhan orang lain juga. Bukan hanya memikirkan, bagaimana saya seorang istri harus hidup senang, tapi sebaliknya bagaimana saya sebagai seorang istri dapat menyenangkan suami saya dan anak-anak saya. Sehingga lewat hidup saya orang lain juga turut diberkati. Oleh karena itu, prinsip Firman Tuhan jelas “1 orang bertobat, maka seluruh isi rumah tangga akan diselamatkan.” Kenapa?
Waktu kita bertobat, kita bukan hanya percaya Tuhan Yesus. Tetapi, waktu kita bertobat, kita juga memikirkan kebutuhan orang lain. Waktu kita bertobat, kita rindu untuk menjadi berkat. Waktu kita bertobat, kita rindu untuk memberi kekuatan dan semangat bagi yg lemah. Jadi, Yesus turut memikirkan kebutuhan kita, setelah kebutuhan kita terpenuhi, kita juga turut memikirkan kebutuhan orang lain. Dan kita lihat orang lain terjamah oleh Kuasa Tuhan, dan saudara lihat aliran kasih dan kuasa Tuhan yg mengalir dengan luar biasa dalam hidup kita.
3. Kita ragu, karena tidak menyadari betapa dahsyatnya Kuasa Tuhan Yesus
Kenapa murid-murid Yesus tidak tertarik dengan orang lain? Kenapa murid-muridNYA tidak bisa melihat bahwa ada mujizat yg bisa terjadi? Dikatakan demikian “Bagaimana mungkin di tempat yang sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya.” Murid-murid Yesus hanya berpikir pada masalah, mereka hanya melihat, dikatakan yg pertama: tempat itu sunyi dan ke-dua yg mereka lihat: mereka butuh roti untuk mengenyangkan orang banyak, lalu yg ke-3:Mereka hanya pusing dengan jumlahnya yg begitu besar.
Berarti mereka hanya berputar-putar dengan berapa banyaknya masalah. Mereka belum tahu betapa banyaknya jawaban Tuhan. Saudara tahu, mengapa mujizat masih belum terjadi dalam hidup saudara? Jawabannya sederhana, bukan karena Tuhan belum sayang sama saudara, bukan karena mujizat tidak bisa terjadi dalam hidup saudara, tapi persoalannya, karena kita masih belum menyadari betapa dahsyatnya Kuasa Tuhan kita. Yang seringkali kita lihat, adalah betapa dahsyatnya masalah kita. Setiap kali kita bilang sama orang “Masalah kamu sih masih enteng, masalah saya seperti ini, masalah saya parah sekali, suami saya keras sekali, anak-anak saya kacau sekali, rumah tangga saya susah sekali. “
Yang kita lihat seringkali besarnya masalah kita. Hari ini dalam program kita. Kita lihat bukannya besar masalah atau menjadi ragu karena sulitnya keadaan. Tapi,seringkali kita menjadi ragu, karena tidak menyadari betapa dahsyatnya Kuasa Tuhan Yesus. Saudaraku, uang suatu saat tidak bisa menolong saudara. Jangan saudara pikir, kalau saudara orang kaya, saudara pikir saudara bisa buat segala-galanya. Saudara bisa tipu semua orang, karena kekayaan saudara. Tapi suatu hari, saudara akan berhadapan dengan Allah sendiri. Jika saudara terus mempermainkan uang saudara untuk memuaskan jiwa saudara/pakai uang saudara hanya untuk menyenangkan diri anda sendiri yg akhirnya menyingkirkan segala sesuatu dan mempermainkan Tuhan/orang banyak. Suatu hari saudara akan melihat dahsyatnya Tuhan saudara, bahwa uang tidak bisa menolong saudara. Pangkat tidak bisa menolong saudara. Tapi yg pasti Tuhan sanggup menolong saudara.
Walaupun mungkin, saudara menghadapi kenyataan bahwa saudara sakit, saudara tidak punya uang. Tidak ada dokter yg mau tolong saudara, karena saudara tidak punya uang untuk bayar uang muka rumah sakit. Tapi, saya mau beritahu buat saudara, Yesus adalah Tuhan yg siap ulurkan tangannya bagi saudara. Mungkin saat saudara di tengah malam buta, saudara butuhkan sesuatu, tapi tidak ada orang yg menolong saudara. Tapi dahsyatnya kuasa Allah kita, dahsyatnya Kuasa Kristus menjadikan kita tidak perlu ragu dalam segala keadaan. Karena Dia akan datang tepat pada waktunya bagi orang yang percaya, haleluya!
Jadi ingat, Yesus pasti berbuat sesuatu bagi orang yg sungguh-sungguh mencari Dia, Yesus selalu memikirkan kebutuhan kita, jangan kita pikir hanya engkau sendiri yg pusing dengan masalah anak-anak saudara. Jangan engkau pikir engkau sendiri yg bingung, karena engkau belum dapet kerjaan. Yesus sedang buka jalan bagi saudara, Yesus sedang membentuk hidup saudara. Yesus sedang membawa saudara sehingga dapat melihat mujizat demi mujizat dan kuasaNYA. Oleh sebab itu kita tidak perlu ragu, karena Alkitab berkata”Orang bimbang jangan harap dapat apa-apa.”
Dan ingat kita ragu bukan karena besarnya masalah kita, tapi kita ragu karena kita belum menyadari betapa dahsyatnya Kuasa Tuhan kita. Waktu kita menyadari betapa dahsyatnya Tuhan kita, kita tidak akan ragu lagi dan menyimpan kebimbangan kita lagi. Kita akan berdiri tegak dan berkata”Yesusku akan menolongku tepat pada waktunya, haleluya! Saudaraku, sekarang saya rindu berdoa buat saudara, apapun beban dan masalah saudara. Ingat! Yesus pasti berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari Dia, mungkin engkau sedang menghadapi krisis ekonomi, Yesus pasti berbuat sesuatu bagi mereka yg sungguh-sungguh mencari Dia.
Persoalannya sekarang, bukannya apakah mujizat bisa terjadi? Persoalannya sekarang, apakah saudara sungguh-sungguh mencari Dia. Bila saudara sungguh-sungguh mencari Dia, tinggalkan segala beban saudara, tinggalkan kebiasaan lama saudara, tinggalkan semua ikatan dosa saudara, lalu mencari Yesus. Berani berkorban, berani bayar harga untuk itu. Saya percaya, berkat-berkat yg luar biasa akan mengalir dalam hidup saudara. Saya mau berdoa buat saudara, saudara tundukan kepala dan taruh tangan anda di dada!
Doa:
Bapa, dalam Nama Yesus, biarlah setiap dari kami dengan segala beban, masalah dan pergumulan hidupnya, Engkau tahu mereka yg tertekan, Engkau tahu mereka yg terikat, sakit, berbeban berat dan diambang perceraian, Hamba berdoa di dalam Nama Yesus, kuatkan mereka. Sehingga mereka boleh melihat bahwa kemuliaanMU dinyatakan. Mereka boleh rasakan jamahanMU lewat program ini. Mereka boleh terima damai sejahtera dan suka cita, dan dipulihkan di dalam Tuhan. Di dalam Nama Tuhan Yesus hamba berdoa dan mengucap syukur dan percaya segala berkat mujizat terjadi bagi umatmu. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa, haleluya, amin!

No comments: