Monday, August 31, 2009

110. Kapan seorang disebut kehilangan nyawanya - Matius 16:24-28

24Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-NYA:"Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibNya dan mengikut Aku. 25Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 26Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 27Sebab Anak manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. 28Aku berkata kepadamu:Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

Nah, ayat yang ke-25 menarik perhatian saya, dikatakan:"Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Kristus, ia akan memperolehnya. Perhatikan baik-baik ayat yang ke-26Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya?
Apa artinya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Akan kita bahas dalam program ini, kapan seorang disebut kehilangan nyawanya?

Banyak orang yg bilang, kehilangan nyawanya berarti mati. Nah, Yesus bilang apa artinya engkau memperoleh seluruh isi dunia, tetapi engkau kehilangan nyawamu. Nah, ini buktinya saudara bicara soal kematian. Mungkin secara fisik ia hidup. Tetapi di hadapan Allah ia telah hidup dalam kematian. Sama seperti apa yg Allah katakan kepada Adam:"Jika kamu makan buah itu, maka kamu akan mati." Secara fisik Adam masih hidup, tetapi di hadapan Allah ia telah kehilangan nyawanya.

Nah, sekarang kita pelajari kapan seorang disebut kehilangan nyawanya. Kapan seseorang di pemandangan Allah sebenarnya sudah kehilangan nyawanya:

1. Ketika dia menolak Kristus
Ada banyak orang yg tidak percaya Kristus, bukan karena ia menolak Kristus. Ada banyak orang yg belum percaya Kristus, karena ia belum mengenal Kebenaran. Itu sebabnya, bagi semua orang percaya, dia ditentang, dia dituntut untuk menjadi berkat bagi orang lain, untuk menjadi pemberita injil Kristus, untuk bersaksi, untuk memberikan kabar sukacita di dalam Kristus, mengapa? Karena ada banyak orang yg tidak percaya Yesus, bukan karena menolak Yesus. Tetapi, karena ia dilahirkan sebagai orang yg tidak mengenal Yesus.

Sementara Alkitab berkata:"Di bawah kolong langit ini, tiada Nama lain yang olehnya manusia bisa selamat, kecuali di dalam nama Yesus." Tidak ada tawar menawar dalam keselamatan. Ini adalah sesuatu yg absolut, sesuatu yg mutlak, sesuatu yg sudah pasti. Karena di bawah kolong langit ini, manusia tidak dapat diselamatkan kecuali di dalam Nama Yesus Kristus. Mengapa? Karena Yesus yg akan datang ke dua kali, dia yang akan menjadi Imam Mahdi. Dia yg akan menjadi Hakim yg adil, untuk menghakimi pada akhir jaman nanti. Dan Alkitab berkata:"Di dalam Yesus tidak ada lagi penghukuman." Mengapa? Karena mereka yg sudah ada di dalam Yesus, mereka adalah ciptaan baru. Jadi seseorang disebut kehilangan nyawanya, ketika ia menolak Kristus. Kenapa? Karena, ketika dia menolak Kristus, berarti dia tidak mengijinkan Yesus masuk dalam hidupnya.

Sebab Yesus berkata:"Akulah jalan, dan kebenaran dan hidup. Ada Banyak jalan di muka bumi. Tetapi, belum tentu benar. Ada banyak jalan yg benar di muka bumi, tetapi belum tentu membawa kehidupan. Tak seorangpun nabi yg pernah berkata:"Akulah jalan, kebenaran dan hidup." Ada banyak nabi yg ajarkan tentang kebaikan, kebenaran dan sorga. Tetapi nabi itu belum punya kepastian tentang sorga itu sendiri. Yesus berkata:"Tidak ada seorangpun yg dapat sampai kepada Bapa, jika tidak melalui Aku." Mungkin ada sebagian orang yg berkata:"Kalau begitu, Yesus adalah seorang nabi yg sombong."

Kenapa Yesus berani mengatakan itu? Karena Yesus mengasihi saudara. Yesus tidak mau menipu saudara, Yesus tidak ingin engkau binasa. Itu sebabnya, Yesus tuntun dan buktikan siapa Dia sebenarnya, kalau Dia berasal dari sorga. Yesus tidak pernah dilahirkan dari sebuah persetubuhan. Semua nabi yg ada di muka bumi, lahir dari persetubuhan. Yesus lahir dari seorang perawan yg bernama Maria, karena urapan kuasa Roh Kudus. Seorang disebut mati, karena ia menolak kehidupan yg ditawarkan oleh Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup.

2. Waktu dia takut kehilangan nyawanya
Seorang yg takut kehilangan nyawanya akan kompromi. Itu sebabanya orang yg takut kehilangan nyawanya, dia akan pegang jimat-jimat. Sebab ia pikir, jimat-jimat itu akan mempertahankan nyawanya. Orang yg takut kehilangan nyawanya akan pakai susuk-susuk. Nanti dia berpikir:"Bagaimana kalau saya kehilangan suami saya, nanti saya melarat, sehingga saya harus pakai susuk, agar kelihatannya tetap menarik." Orang yg takut kehilangan nyawanya, dia akan kompromi dengan dosa, dia melakukan korupsi, dan kolusi, karena dia takut kehilangan jabatannya. Kenapa? karena dia takut kehilangan nyawanya.

Orang seperti ini boleh beragama, ia biasa pergi beribadah dan jalankan ibadah agamanya. Orang berpikir:"Ia baik, dan suka menyumbang, tetapi sumbangannya itupun tidak diterima oleh Allah." Alkitab berkata,"Aku muak dengan segala persembahanmu, karena engkau mempersembahkan sesuatu yg tidak kudus." Karena dia memberikan sepersepuluh dari apa? Dari ia yg melakukan kejahatan. Ia korupsi, lalu ia mau menutupi dan membuat pemutihannya dengan segala amalnya.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, di dalam Kristus engkau disebut mati, engkau kehilangan nyawamu, kenapa? Karena engkau adalah orang yg berkompromi. Tetapi, bila engkau hidup sungguh-sungguh. Walaupun untuk itu teman-teman meninggalkan engkau, walaupun untuk itu teman-teman bilang:"engkau sok suci, sok beragama, tetapi engkau hidup benar di hadapan Tuhan. Maka, apapun harganya, Allah membela saudara dan akan menyatakan kemulianNYA.

3. Ketika dia hanya mengejar materi dan tidak mencari kehendak Allah dalam hidupnya
Alkitab berkata:"Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia ini tetapi kehilangan nyawanya? Bila engkau hanya mengejar materi, maka di hadapan Tuhan, engkau telah kehilangan nyawamu. Karena, orang yg mengejar materi akan menghalalkan segala cara. Seorang yg hanya mengejar materi, kalau bisa ia melakukan sex bebas, ia rela menjadi wanita ke-2, wanita ke-3 menghancurkan rumah tangga orang hanya demi materi. Orang yg hanya mengejar terus materi, kadang kala ia lupa tanggung jawabnya sebagai ayah. Tanpa ia sadari ia sedang menghancurkan masa depan anak-anaknya, kenapa? Karena ia terus kejar materi, ia tidak punya waktu untuk membimbing anak-anaknya, tidak punya waktu untuk mengantar anaknya pergi ke sekolah minggu di gereja, tidak punya waktu bagi anak-anaknya untuk berbicara dari hati ke hati, dan berdoa baginya.

Tanpa engkau sadari, engkau sedang menghancurkan sesuatu yg Tuhan taruh di dalam tanganmu untuk bertanggung jawab atasnya. Saya percaya bahwa program ini memberkati saudara. Saudara percaya akan Allah yg hidup dan menikmati kemurahannya, saudara percaya bahwa di dalam Allah saudara akan hidup kekal selama-lamanya. Jika saudara tidak memiliki kepastian tentang sorga, jika saudara masih ragu-ragu untuk mengambil keputusan, atau saudara masih menolak Kristus. Saudaraku, engkau boleh mengutuk Yesus sekalipun, tetapi saya mau beritahu, Yesus akan datang kembali sebagai hakim. Setiap orang tidak bisa lari dari Yesus. Engkau boleh membenci, tidak suka maupun mengutuk Dia. Tetapi saya mau beritahu bahwa harinya akan tiba bahwa setiap orang akan berhadapan muka dengan muka, dan Yesus akan menghakimi engkau.

Itu sebabnya, buka hati saudara buat Yesus. Waktu engkau buka hati buat Dia, engkau memiliki kepastian Sorga. Itu sebabnya saya mau bedoa buat saudara sekalian. Kalau saudara tidak memiliki kepastian, hidupmu penuh dengan air mata, dan tekanan. Saya mau berdoa buat saudara sekalian:

"Bapa, dalam Nama Yesus, hamba berdoa bagi umatMU satu persatu. Mereka yg mau buka hati atau menolak Kristus, biarlah mereka memiliki jamahan Tuhan dalam hidupnya, di dalam Nama Yesus sehingga mereka semua boleh hidup menurut kehendak Allah. Hamba berdoa agar mereka tidak kompromi, mereka tidak mengejar materi, tetapi mereka mengerti kehendak Allah, dan ada damai suka cita dalam hidupnya. Di dalam Nama Yesus hamba berdoa dan hamba percaya berkat Allah berkelimpahan atas hidup mereka, Amin!

No comments: