Friday, August 21, 2009

103. Hal tentang Yesus – Matius 15:29-31

29Setelah meninggalkan daerah itu Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ. 30Kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepadaNYA membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan IA menyembuhkan mereka semuanya. 31Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat dan mereka memuliakan Allah Israel.
Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, dari ayat-ayat bacaan ini kita dapat belajar mengenai 3 hal yang menarik tentang Yesus:
1.Yesus adalah jawaban bagi kebutuhan manusia
Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, apakah dia orang kaya/miskin, apakah dia orang berpangkat/biasa. Satu hal yg tidak pernah bisa dipungkiri dalam hidup manusia, adalah bahwa manusia memiliki kebutuhan. Kadang kala orang menjadi iri dengan tetangganya, kadang kala orang ingin menjadi orang lain, karena pikirnya”Aduh, enaknya yah seperti dia, karena dia kaya dan punya segala-galanya.” Dan sepertinya, timbul dalam pikiran kita bahwa orang itu engga punya masalah apa-apa, orang itu sepertinya engga punya kebutuhan lagi dalam hidupnya.
Dan saya mau beritahu bahwa setiap manusia punya kebutuhan. Yesus bukan hanya sekedar Tuhan bagi kita/Juru Selamat bagi kita. Yesus bukan hanya sekedar Allah dan pemimpin dan guru dalam hidup kita. Tetapi, Yesus adalah jawaban bagi semua kebutuhan kita. Itulah sebabnya kita membutuhkan Yesus hari demi hari, karena:
A.Yesus dapat memenuhi kebutuhan akan pengampunan dosa
Karena setiap manusia telah jatuh ke dalam dosa. Bila manusia jatuh ke dalam dosa, maka manusia akan mengalami kekosongan. Kekosongan itu akan menjadi naluri bagi manusia untuk berjalan dalam situasi keagamaan. Tetapi, apa yg terjadi? Ada banyak orang yg salah melangkah hanya dengan mulai mencukupi kebutuhan keagamaannya dengan percaya kepada patung-patung, mulai menyembah dewa-dewa matahari, mulai menyembah pohon-pohon besar dan segala sesuatunya dengan tanpa mengenal siapa Allah yang ia sembah sebenarnya.
Saudaraku, Yesus yg kita akui sebagai jawaban dari semua kebutuhan manusia karena Dia adalah Tuhan yg dapat mengampuni dosa manusia. Alkitab berkata”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga tidak ada seorangpun yg binasa, kecuali waktu kita datang kepadaNYA dengan hati yg sungguh-sungguh. Waktu kita datang dengan hati yang sungguh-sungguh semua dosa kita diampuni. Manusia tidak akan diampuni dosanya waktu dia tidak mau datang dan menolak Yesus sebagai Tuhannya.
B.Yesus memberikan ketenangan bagi jiwa kita
Ada banyak orang yg dia pikir yg penting bagi hidup ini adalah uang. Ia kerja keras, dan cari uang. Tetapi ketika uang ia dapat, kekosongan dalam dirinya tetap tidak dapat diisi. Banyak orang yg akhirnya terlibat, yg akhirnya melacurkan diri, ada orang yg rela menjadi istri ke-2 atau rela untuk menjadi istri simpanan. Kenapa? Dia pikir dia bisa dapat lebih banyak uang lagi. Tetapi saudara, bukan uang yg saudara butuhkan, bukan nama besar yg saudara butuhkan. Tetapi, yg saudara butuhkan adalah ketenangan. Ingat Yesus pernah berkata”Mari Hai kamu yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan berikan kelegaan bagimu.
C.Yesus memberi jawaban yang pasti bagi masa depan kita
Tidak sedikit orang yg kuatir, bingung tentang masa depannya. Tidak sedikit orang yg akhirnya ikut-ikutan arus, untuk apa? Hanya karena ingin memiliki masa depan yg pasti. Tetapi menjadi pengikut Yesus adalah merupakan jawaban bagi masa depan kita.
2. Yesus tidak menaruh syarat yg sukar bagi orang yg mencari Dia
Dikatakan pada ayat di atas Kemudian orang banyak datang berbondong-bondong kepadaNYA membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta dan orang bisu dan banyak lagi yg lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan IA menyembuhkan mereka semuanya. Dikatakan Yesus menyembuhkan mereka semuanya! Dengan lain kata, Yesus tidak membeda-bedakan! Yesus tidak meminta syarat yg sukar, sambil berkata“Karena kamu orang yg tidak berada, maka kamu tidak Saya sembuhkan”, atau “Karena kamu baru saja percaya kepadaKU/masih banyak dosa maka engkau tidak Aku sembuhkan.” Karena engkau bukan muridKU, Aku tidak bisa buat mujizat bagimu.
Tetapi, dengar baik! Yesus tidak menaruh syarat yg sukar bagi setiap orang yg datang kepadaNYA. Mungkin saudara berkata”Hidupku sudah jauh dari Tuhan”, mungkin saudara berkata”Saya seringkali gagal”, mungkin saudara berkata”Masa lalu saya sangat gelap.” Tetapi sekali lagi saya berkata “Jika saudara mau datang kepada Yesus”, Yesus tidak menaruh syarat yg sukar bagi orang yg mencari Dia. Waktu engkau buka hati bagi Dia, Dia akan datang, karena Yesus mengasihi Engkau.
3. Jika kita dekat Yesus, maka kita akan selalu memuliakan nama Allah
Dikatan pada ayat yg ke-31Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat dan mereka memuliakan Allah Israel. Dunia ini adalah dunia yg egois dan selalu memusatkan pada kepentingan sendiri. Suami hanya memikirkan hobinya. Istri hanya memikirkan kebutuhannya sendiri. Dan masing-masing bertahan dengan kekuatannya sendiri. Kita lihat di jalan raya, masing-masing hanya berpikir ini adalah jalanku dan berpikir dialah yg paling benar. Dunia ini adalah dunia yg egois, manusia hanya ingin memuliakan dirinya sendiri, manusia mulai menjadi dengki, tamak dan iri.
Kenapa? Karena manusia ingin hanya dirinya sendiri yg dimuliakan. Tetapi bila seorang dekat dengan Yesus, menyadari bahwa semuanya berasal dari Tuhan, semuanya adalah Anugrah Tuhan. Alkitab berkata “Terkutuklah orang yg menggunakan kekuatannya sendiri.” Ada banyak orang yg gagal, bukan karena Tuhan tidak sayang pada saudara. Ada banyak orang gagal bukan karena saudara tidak mampu meraih keberhasilan/Tuhan tidak jawab doa saudara. Tetapi, banyak orang yg gagal karena mereka hanya menggunakan kekuatan mereka sendiri. Saudaraku, jangan tunggu saudara gagal, lalu berjalan dengan Tuhan, jangan tunggu saudara gagal lalu berpaling kepada Tuhan. Jangan tunggu saudara gagal, lalu akhirnya saudara bertobat dan kembali kepada Tuhan.
Bila saudara mengikuti program ini, maka saya percaya Tuhan Yesus memanggil saudara. Ingat bahwa Yesus adalah jawaban bagi setiap kebutuhan manusia. Selama ini mungkin saudara salah mengerti. Mungkin saudara berpikir, oh Dia itu Tuhan yg saya tidak kenal! oh...Dia itu Tuhannya orang lain! Oh..Tuhan Yesus itu hanya seorang nabi/pemimpin agama. Tetapi, saya mau beritahu bahwa Yesus adalah jawaban bagi semua kebutuhan manusia, karena hanya Yesuslah yg dapat mengampuni dosa. Hanya Yesuslah yg dapat memberikan ketenangan bagi jiwa, dan ia memberikan kepastian bagi masa depan. Yesuslah yg akan datang lagi dan menjemput setiap orang percaya. Yesus tidak menaruh syarat yg sukar bagi orang yg mencari Dia, dan ingat sewaktu kita dekat Yesus, kita akan selalu memuliakan Allah! Karena kita sadar bahwa semua berkat itu datangnya daripada Tuhan.
Doa:
Bapa, dalam Nama Yesus hamba berdoa untuk setiap dari kami yg mengikuti program ini. Sehingga hati mereka boleh terbuka dan menyadari bahwa Yesus adalah jawaban bagi setiap mereka. Mereka boleh menerima Yesus dengan apa adanya. Dan mereka menyadari bila mereka tetap dekat dengan Yesus, maka hati mereka memuliakan Allah dan melihat kemuliaan Allah hari demi hari dalam hidupnya. Tolong kami yg sakit, kami yg berbeban berat, maupun kami yg terikat dalam kegelapan, Hamba doakan Dalam Nama Yesus. Kami percaya bahwa kami telah menerima mujizat melalui program ini, amin!

No comments: