Saturday, April 3, 2010

136. Yang berlangsung di Sorga - Matius 22:23-33

Setiap orang pasti merindukan ke Sorga. Baik itu orang benar, maupun orang berdosa/bebal sekalipun. Sebetulnya, ada apa sih di Sorga? Maka akan ada jawaban yg berbeda-beda. Sebagian akan berkata,"bahwa di sorga akan ada pujian dan penyembahan. Sebagian berkata,"oh, di sorga akan ada bidadari-bidadari cantik, akan ada makanan-makanan yg enak. Pokoknya, kalau kita duduk, kita hanya menghayalkan sesuatu maka akan terjadi. Kita berpikir sesuatu, tiba-tiba ada! Lalu, yg lain berkata bahwa di sorga itu ada pesta-pesta, sorak-sorai dan makan-makan besar, pokoknya senang, tidak ada kesusahan dan air mata! Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, pertanyaannya adalah: apakah hanya itu yg ada di sorga? Marilah kita lihat apa yg dikatakan di matius 22 ayat:

23Pada hari itu datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang berpendapat, bahwa tidak ada kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya:24"Guru, Musa mengatakan, bahwa jika seorang mati dengan tiada meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan istrinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu. 25Tetapi di antara kami ada tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin, tetapi kemudian mati. Dan karena ia tidak mempunyai keturunan, ia meninggalkan istrinya itu bagi saudaranya. 26Demikian juga yang kedua dan yang ketiga sampai dengan yang ketujuh.27Dan akhirnya, sesudah mereka semua, perempuan itupun mati. 28Siapakah di antara ketujuh orang itu yang menjadi suami perempuan itu pada hari kebangkitan? Sebab mereka semua telah beristerikan dia." 29Yesus menjawab mereka:"kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah! 30Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga. 31Tetapi tentang kebangkitan orang-orang mati tidakkah kamu baca apa yang difirmankan Allah, ketika Ia bersabda:32Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup." 33Orang banyak yang mendengar itu takjub akan pengajaran-Nya.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Yesus kembali diuji keberadaannya, tetapi sekarang bukanlah oleh ahli Taurat dan orang Farisi, tetapi sekarang bersama dengan orang Saduki. Nah, orang Saduki ini adalah orang yg tidak percaya dengan kebangkitan orang mati. Untuk memojokkan Yesus, apa yg orang saduki ini katakan. Ada 7 orang bersaudara, yg paling tua menikah dengan salah seorang wanita. Tetapi yg tertua ini mati. Nah, menurut hukum Israel pada waktu itu, bila ia tidak mempunyai anak, maka harus digantikan oleh saudaranya, terus digantikan. Nah, ke-tujuh saudaranya itu mati, lalu kemudian wanita itu mati. Lalu, kemudian bila semuanya masuk ke sorga, sebetulnya wanita ini akan menikah dengan siapa?

Orang saduki ini sebenarnya sedang ingin memojokkan Yesus dengan pengertiannya sendiri bahwa kebangkitan itu adalah ajaran yg tidak masuk akal! Ajaran tersebut adalah ajaran yg membingungkan, ajaran yg dalam tanda ", adalah ajaran yg menyesatkan. Tetapi, Yesus dengan tenangnya menegur dia dengan tegas dan berkata,"kamu sesat, karena kamu tidak mengerti kitab suci dan kuasa Allah! Kita lihat di sini ada beberapa hal yg menarik yg Yesus ingin sampaikan dalam pengertian ini, yg sebenarnya Yesus ingin jelaskan, apa yg berlangsung di sorga itu:

1. Yang berlangsung di Sorga itu berbeda dengan yg berlangsung di bumi
Jadi, bila orang katakan,"bahwa di sorga itu akan ada bidadari-bidadari cantik, akan ada pesta-pesta besar, makanan-makanan yg enak." Saya mau beritahu bahwa itu adalah pandangan yg sangat keliru tentang sorga. Itu adalah sorga dunia yg merupakan konsep dari orang-orang dunia. Karena, di sorga kita tidak butuh pesta lagi. Alkitab berkata," bahwa kita akan hidup seperti malaikat di sorga." Tidak lagi ada kawin dan mengawinkan. Tidak lagi perlu makan, dan tidak lagi perlu akan kesenangan-kesenangan daging.

Karena, daging kita sudah tertinggal di kuburan. Kita akan dibangkitkan dengan tubuh kemuliaan. Dan, tubuh kemuliaan ini hanya dapat dipuaskan dengan kehadiran Allah, dengan persekutuan Kristus, dengan kehadiran Roh Kudus, adanya persekutuan yg akrab dengan Allah. Nah, pada waktu itulah kemuliaan Allah dinyatakan dan pada saat itulah jiwa dan roh kita dipuaskan oleh Allah. Ada orang-orang yg berkata,"Bila kita di sorga, kira-kira bisa engga ada hal-hal yg mengecewakan/menyedihkan, bagaimana bila suami kita masuk neraka?" Dan bila anak-anak kita ada di neraka, kita engga bisa senang-senang di sorga, kita pasti berpikir, gimana yah, anak-anak kita ada di neraka. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, saya tidak bisa menjawab secara pasti. Tetapi, di sorga yg pasti tidak ada air mata. Saya tahu tidak ada kesedihan. Kenapa?

Karena konsep berpikir sorga dan konsep berpikir dunia sama sekali berbeda. Ingat, waktu kita berada di sorga, kita akan berada seperti waktu keberadaan Adam dan hawa. Mereka tidak berpakaian, tetapi tidak merasa malu. Mereka juga belum memakan pohon pengetahuan yg baik dan yg jahat, sehingga yg ada di dalam pikirannya adalah segala sesuatu yg memuliakan Allah. Tidak ada yg menyedihkan, tidak ada yg mengecewakan. Nah, itulah yg akan terjadi di sorga nanti. Jadi, yg berlangsung di sorga berbeda dengan yg berlangsung di bumi.

2. Yang menjadi sumber suka cita di sorga adalah kehadiran Allah
Ada banyak orang yg berkata,"lho, bukankah di sorga hanya ada pujian dan penyembahan. Bagaimana kita bisa menikmati sorga? Apa indahnya sorga itu, apa sisi baik dari sorga itu? Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kita mau memahami sorga tetapi dengan pikiran dan perasaan bumi. KIta mau memikirkan sorga dengan standar-standar bumi. Sehingga kita engga bisa merasakan apa sorga itu sebenarnya. Tetapi, hari ini saya mau ingatkan buat saudara bahwa sumber suka cita sorga adalah kehadiran Allah. Oleh karena itu saya mau ingatkan buat saudara bahwa hari-hari ini saudara bisa mendapatkan tantangan/masalah/tekanan.

Sebagai hamba Allah, saya mau ingatkan buat saudara, jangan kecewa, jangan putus asa, jangan ragu-ragu, jangan lemah imanmu, jangan tukar imanmu! Janganlah karena seorang wanita cantik/pria gagah, lalu engkau tukar imanmu. Apalagi karena jabatan/pangkat engkau tukar imanmu. Yah, pendeta...kalau saya orang Kristen, maka saya akan sukar dapat kerjaan, saya akan susah mendapatkan karir yg baik, bahkan dalam pergaulan sekalipun. Tetapi, bila menyangkal iman kita, maka semuanya akan jauh lebih gampang!

Nah saudaraku yg kekasih, "Apakah artinya engkau memperoleh semuanya tetapi jiwamu binasa. Saudara lihat, bahwa hari yg besar itu akan tiba. Saudara akan melihat Allah yg datang dalam kemulianNYA. Kita akan bersama-sama dengan Dia. Kita akan ada dalam 1 hidangan dengan Dia, yaitu: pesta perjamuan Anak Domba. Tetapi, ingat yg menjadi sumber suka cita kita bukanlah pesta tersebut, tetapi yg menjadi sumber suka cita kita adalah kehadiran Allah. Janganlah saudara pikir bahwa pesta perjamuan anak domba akan ada buah-buah yg indah/makanan-makanan yg enak. Tetapi, saya mau beritahu bahwa perjamuan di sorga itu ketika kita mengangkat tubuh dan darah Kristus dan itu merupakan lambang keselamatan buat kita, bahwa kita diselamatkan, kita diberkati oleh darah yg tercurah, oleh tubuh yg terpecah, kita dapat memanggil,"Ya Abba, ya Bapa, dan itu semua adalah karena kasihnya.

3. Yang menjadi awal masuk sorga adalah kebangkitan orang mati
Bahwa kita dibangkitkan dari kematian. Kekristenan percaya bahwa kematian bukanlah suatu akhir. Tetapi, kematian adalah awal Kehidupan kekal. Jadi selama kita tinggal di muka bumi, ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah persiapan. Ini hanyalah sebuah proses. Hidup kita ini hanya sememtara. Tetapi, pada akhirnya kita akan menghadapi kematian. Tetapi, kematian bukanlah akhir dari segala-galanya. Di balik kematian ada kebangkitan, dimana kita akan berada di dalam kemuliaan bersama dengan Yesus.

Jadi, selama kita hidup di bumi, kita hidup dengan memrpersiapkannya dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Karena, hari yg dahsyat dan luar biasa itu akan tiba, bahwa saat kematian yg menjemput, kita akan ada bersama-sama dengan Yesus. Kita akan berada di dalam awan kemulianNYA. Jadi, saudarku yg kekasih dalam Tuhan, kita sebagai orang percaya, kita tidak akan menangisi kematian orang mati. Bukan berarti bahwa bila ada yg mati kita tidak boleh menangis. Tetapi, saat air mata mengalir, kita menangisi kesedihan akan kematian itu. Tetapi, yg mati itu kita tahu bahwa dia berjalan bersama Yesus. Karena itu jika ada anggota saudara yg masih belum percaya, belum menerima Yesus Kristus dan belum berjalan di dalam Keselamatan yg pasti.

Inilah saat yg tepat kita mengabarkan kepada dunia bahwa kematian bersama Kristus adalah kebangkitan di sorga dan hidup kekal bersama dengan Allah Bapa di Sorga. Mungkin saudara adalah orangnya yg baru pertama kali ini menyimak tentang tulisan ini, dan baru pertama kali ini mau buka hati dan mau terima Yesus sebagai Raja dan juru selamat. Atau mungkin saudara sakit, atau mungkin saudara hidup dalam dosa, dan penuh dengan pergumulan,

marilah kita berdoa:

Bapa, di dalam Nama Yesus lihatlah kami yg sedang berbeban berat, kami yg sedang ada di dalam pergumulan, kami yg sedang susah, kami yg sedang mau buka hati untuk terima Yesus sebagai Raja dan Juru selamat dalam hidup mereka. Hamba berdoa, di dalam Nama Yesus Tuhan jamah kami semua, biarlah kasih Allah memulihkan mereka, mujijat terjadi, karena bagi Allah tidak ada yg mustahil, di dalam Nama Yesus kami berdoa, haleluya, amin!

No comments: