Monday, September 7, 2009

106. Tanda-tanda Kuasa Allah –Matius 16:1-4

106. Tanda-tanda Kuasa Allah –Matius 16:1-4
1Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya IA memperlihatkan suatu tanda dari Sorga kepada mereka. 2Tetapi jawab Yesus:”Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata,’hari akan cerah, 3dan pada pagi hari karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk.’ Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda jaman tidak. 4Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.”
Nah, saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, ini menarik untuk kita bahas dalam program kita ini, yaitu tentang tanda. Karena orang Farisi dan Saduki sedang mencobai Yesus, mereka meminta supaya IA memperlihatkan suatu tanda dari Sorga kepada mereka. Dan pertanyaan ini selalu menjadi pertanyaan yg dibuat terhadap Yesus. Sampai hari ini orang masih bertanya kepada kita,”Kalau Yesus betul Tuhan, kenapa orang Kristen itu percaya Tuhannya tiga.”
Selalu, pertanyaan ini yg diajukan. Kalau Yesus betul Tuhan kenapa IA disalib? Kalau Yesus betul Tuhan, kenapa IA mau dilahirkan dari rahim Maria dan mau jadi manusia? Tetap saja ada pertanyaan yg meragukan bahwa Yesus itu Tuhan. Bahkan ketika Yesus dicobai, setan datang kepada Dia dan berkata,”Jika Engkau Anak Allah...”Saudaraku, pertanyaannya,”tidak tahukah setan bahwa Yesus anak Allah? Jawabannya adalah setan tahu persis bahwa Yesus itu adalah Allah sendiri. Tetapi, dia mulai mencobai dan meragukan Yesus dengan mulai berkata,”Jika Engkau Anak Allah.”
Nah, saudaraku tanda-tanda ini yg akan selalu diminta orang dari kita sebagai orang percaya. Tetapi, yg saya pelajari dari ayat-ayat bacaan ini:
1.Tanda-tanda Kuasa Allah bukanlah tanda-tanda jasmani
Dengan lain kata, kalau orang hanya mau mengerti dengan kekuatannya sendiri. Orang mau mengerti dengan kemampuan berpikirnya sendiri. Orang tidak mungkin bisa mengakui bahwa Yesus itu Tuhan, kenapa? Karena, Yesus itu Tuhan yg bukan dapat dimengerti oleh manusia tetapi yang hanya dapat dialami. Itu sebabnya lepas daripada percaya atau tidak percaya, Yesus itu tetap Tuhan. Lepas dari saudara memuji atau mengutuk Dia, Yesus tetap Tuhan! Saudara mau menolak atau menerima Dia, mencaci maki Dia, mengejek Dia, Yesus tetap Tuhan!
Yesus bukan hanya Tuhan. Saya mau beritahu saudara, bahwa Yesus akan datang kembali sebagai Imam Mahdi, sebagai Hakim yg Adil untuk menghakimi dunia ini. Saudara mau percaya/menolak/memuji atau mengutuk, atau berkata,”Yesus hanya manusia biasa/Yesus hanya nabi.” Tapi, saya mau beritahu buat saudara, “Yesus adalah Tuhan!” Tanda dan kuasa Allah bukan tanda-tanda jasmani. Itu sebabnya, kadang kala kita tidak bisa mengerti dan memahami.
Tetapi waktu kita buka hati dan percaya. Itu berarti dengan Roh kita menerima, maka Roh Kudus akan memberi pengertian buat kita. Bahwa Yesus bukan hanya salah satu Tuhan atau bagian dari Allah, tetapi Yesus adalah Allah sendiri, kuasa Allah sendiri, yg mengerjakan mujizat dan kemenangan buat hidup kita. Jadi ingat tanda-tanda Kuasa Allah bukan tanda-tanda jasmani.
2. Tanda-tanda Kuasa Allah adalah tanda-tanda dari Firman Allah
Berarti kita harus memahami, kita harus mengerti Firman Allah. Sehingga kita dapat mengenal benar bahwa Yesus itu adalah Tuhan. Dikatakan pada ayat yg ke-4Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Lihat saudaraku, Yesus memberikan tanda dari Firman. Mengapa? Karena nabi Yunus ada dalam Firman Tuhan yang berbicara bagaimana ia berada di dalam perut ikan dan akhirnya dimuntahkan. Ini berbicara mengenai Yesus yg ada di dalam perut bumi yg akhirnya bangkit dari kematian.
Tetapi hal yg menarik, Yesus tidak menjelaskannya secara terbuka, tetapi Yesus berkata”Tidak ada tanda lain selain tanda nabi Yunus.” Tidak ada penjelasan apapun mengenai nabi Yunus. Dengan lain kata Yesus mau berbicara,”kalau kamu mau memahami Kuasa Allah, lihat Firman Allah, kembali pada Firman Allah, kembali pada Alkitab, kembali pada Kebenaran! Kita tidak bisa memahami Kuasa Allah hanya dengan kira-kira. Kita tidak bisa memahami kuasa Allah hanya dengan kepandaian kita.
Itu sebabnya banyak orang yang stress, bahkan tidak sedikit yg mundur dari Tuhan. Karena berpikir, koq saya sudah pergi ke gereja, tapi saya selalu menghadapi masalah. Saya sudah hidup baik, tetapi tetap difitnah orang. Tetapi saudaraku, bila kita mempelajari Alkitab, saudara mengerti makna Alkitab, makna Firman Tuhan, saudara tahu bahwa kadang kala hal itu diijinkan Tuhan, tetapi dengan maksud kebaikan bagi setiap orang percaya. Jadi tanda-tanda Allah adalah tanda dari Firman Allah itu sendiri.
Itu sebabnya kita perlu untuk rajin baca Alkitab, kita perlu untuk berada dalam persekutuan. Bila anda tidak suka baca Alkitab, Kekristenan anda perlu diragukan, karena kekristenan kita tidak dapat dipisahkan dari Firman Allah. Alkitab bilang;”Lewat Firman Allah, iman kita dikuatkan dan dibangunkan.” Iman kita dibangunkan bukan dari berapa lama kita iring Tuhan. Iman kita dibangunkan bukan berdasarkan pada berapa banyak cerita dari Alkitab yg kita mengerti. Iman kita dibangunkan pada saat kita berada dalam persekutuan dengan Firman Allah.
3. Tanda yg kita percaya adalah mati dan bangkit bersama Yesus
Cerita tentang Yunus bercerita tentang Yunus yang ada dalam perut ikan. Sebagian orang berkata,”Yunus tidak mati.” Sebagian lagi berkata,”Yunus mati.” Tetapi, di dalam kitab Yunus sendiri berkata,”dari duni orang mati, aku berseru kepadamu.” Kalau saudara pelajari dalam Firman Tuhan, Yunus 2:2, dikatakan,”Dalam kesusahanku pada Tuhan dan IA menjawabku dari tengah-tengah dunia orang mati, aku berteriak dan Engkau dengarkan suaraku.
”Berarti Yunus mau jelaskan bahwa ia berada dalam masa kesusahan sampai akhirnya Yunus berada di tengah-tengah dunia orang mati. Berarti, Yunus mati! Berarti tanda bagi kita orang yg percaya, yg pertama adalah:kita harus mati bersama Yesus, bukan berarti fisiknya yg mati, tetapi perbuatan lama kita, ikatan dosa kita, keinginan-keinginan kita yg lama, pengaruh-pengaruh dunia kita yg lama. Itulah yg harus kita bersihkan dan sucikan. Dalam bahasa Alkitab,”Kita harus mati.” Artinya sekali lagi, bukan tubuh kita yg mati, tetapi keinginan-keinginan daging, agar kita dapat bangkit bersama Yesus.
Paulus berkata,”Aku hidup, namun bukan Aku lagi yg hidup namun Kristus yang hidup di dalam Aku.” Waktu kita menjadi orang percaya, maka tandanya sudah jelas, yg lalu sudah berlalu, Paulus berkata,”Aku melupakan apa yg ada di belakangku, dan mengarahkan diri kepada apa yg ada di hadapanku.” Kenapa saudara lemah, kenapa saudara sering kali putus asa? Karena saudara terlalu banyak melihat ke belakang, saudara terlalu banyak melihat kegagalan saudara, saudara terlalu banyak melihat masa-masa kegelapan saudara.
Tetapi hari ini mulai bilang,”saya hari ini pasti berubah bersama Tuhan.” Kita pasti akan dipulihkan bersama Tuhan. Ingat, Yesus adalah Tuhan! Tanda-tanda Kuasa Allah bukan tanda-tanda jasmani. Tanda-tanda Kuasa Allah berasal dari Firman Allah yg mengerjakan mujizat, yang akhirnya engkau mati bersama Yesus, dan bangkit kembali bersama Yesus. Dan sebagaimana Yesus yg bangkit, Yesus yg menang. Dan seperti saudara yg dibangkitkan bersama Yesus, maka saudara akan hidup berkemenangan. Sudah terlampau lama engkau diikat oleh masalah. Sudah terlampau lama engkau diikat oleh dosa. Sudah terlampau lama engkau diikat oleh segala kesenangan-kesenangan dunia.
Tapi, hari ini saya mau beritahu, Yesus mengasihi saudara! Yesus punya rencana yg indah buat hidup saudara. Itu sebabnya, biarkan lewat program ini Tuhan menjamah hidup saudara dan beri kekuatan buat saudara. Saudaraku, Yesus cinta saudara, Yesus ingin buat tanda-tanda mujizat dalam hidup saudara, banyak orang bingung, kenapa dan bagaimana? Orang-orang Farisi dan Saduki bertanya-tanya tentang itu, tetapi waktu kita hidup dan mengenal Kuasa kebangkitanNYA, kita akan melupakan apa yg sudah terjadi dan kita berjalan bersama Yesus yg akan selalu menyertai kita sampai kesudahannya. Jika saudara mau didoakan secara khusus, saudara boleh tundukkan kepala dan saya mau berdoa:
“Bapa, dalam Nama Yesus, Engkau lihat kita sekalian yg berbeban berat, hamba berdoa buat kami sekalian yg saat ini mungkin sedang bingung untuk mengambil keputusan. Mereka yg selama ini mungkin mengiring Yesus, tetapi tidak punya kepastian bahwa Yesus adalah Tuhan. Seringkali kami bingung, berapa Allah yg kami sembah? Tetapi, hari ini kami mengerti bahwa Yesus adalah satu-satunya Tuhan,. Kami hanya percaya kepada satu Allah yg hidup yg Maha kuasa, yaitu Yesus Kristus Tuhan. Itu sebabnya hamba berdoa dalam Nama Yesus, setiap kami yg bingung, setiap kami yg bimbang, Bapa engkau jamah, agar Roh Kudus menjamah kami dan kami memperoleh Kebenaran, di dalam Nama Yesus hamba berdoa, terima kasih Tuhan, haleluya, Amin!

No comments: