Monday, November 9, 2009

114. Hal-hal tentang penyesatan - Matius 18:6-11

6Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut. 7Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. 8Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal. 9Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua. 10Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. 11Karena Anak Manusia datang untuk menyelamatkan yang hilang!"

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Alkitab berbicara mengenai hal-hal yg sangat luar biasa, bagaimana Yesus menghargai anak-anak kecil. Kadang kala persoalannya ada banyak orang tua yg sudah tidak memberi perhatian yg cukup bagi anak-anaknya. Ada banyak orang tua yg tidak memberikan waktu yg cukup bagi anak-anaknya. Tetapi dengar baik! Yesus Kristus yg adalah Tuhan, Yesus Kristus yg adalah Raja, Yesus Kristus yg bagiNYA tidak ada perkara yg mustahil, tetap memberikan perhatian yg khusus bagi anak-anak.

Dengan lain kata, anak-anak punya tempat yg khusus di hatinya Yesus. Kalau kita pelajari dalam Alkitab, kita akan melihat mengenai hal-hal yg menyesatkan di sini, karena ingat, di dunia ini ada banyak hal yg coba menyesatkan kita. Ada banyak hal yg kelihatannya baik, ada banyak hal yg kelihatannya menyenangkan, ada banyak hal yg kelihatannya menarik hati, tetapi kemudian itu menyeret hidup kita yg akhirnya membawa kita ke jalan yg semakin jauh dengan jalanNYA Tuhan.

Ada 3 hal penting yg dapat kita pelajari tentang penyesatan:

1. Penyesatan itu harus ada.
Pada ayat yg ke-7 dikatakan "celakalah dunia dengan segala penyesatannya."memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Perhatikan kalimat penyesatan memang harus ada, tetapi celakalah orang yg mengadakannya. Saudara boleh berdoa dan baca Alkitab setiap hari, saudara boleh tengking segala roh-roh penyesatan. Tetapi, saya mau beritahu penyesatan itu memang akan ada. Orang-orang memang dapat saja membuat kita tersesat dengan mengajak kita ke hal-hal yg menarik, mengajak kita ke diskotek, bacaan porno, sesuatu yg kelihatannya mendatangkan keuntungan besar, atau sesuatu yg kelihatannya memberikan kita kenikmatan yg sesaat.

Tetapi kemudian apa yg terjadi? Dia mulai menyesatkan, dia mulai menghancurkan hidup, dia mulai menyeret hidup kita ke dalam hal-hal yg dapat membuat hidup kita jatuh. Ada banyak orang yg berpikir, toh kan saya masih muda, toh kan saya masih hidup, toh kan saya bukan pendeta. Saya kan seorang bisnisman, saya kan seorang karyawan biasa, atau saya juga kan seorang jemaat awam biasa. Saya juga kan ingin melihat keindahan hidup. Saya juga kan tertarik dengan hal-hal duniawi.

Sekali lagi saya beritahu, bahwa penyesatan memang ada dan setan akan pakai banyak hal untuk menyesatkan anak-anak Tuhan, sehingga mereka tidak tertarik untuk datang ke gereja. Setan akan buat banyak hal, sehingga orang Kristen akan tertuduh dalam dosa, orang Kristen tidak tertarik lagi untuk menyembah Tuhan, orang Kristen tidak tertarik lagi untuk berkorban dan berbuat sesuatu bagi Tuhan.
Dan hari ini, kembali saya akan ingatkan saudara, bahwa penyesatan itu memang ada. Oleh sebab itu Yesus mengingatkan kepada murid-muridNYA untuk berdoa dan berjaga-jagalah agar kamu jangan jatuh. Kalau kita tahu penyesatan itu harus ada, berarti kita harus mulai hari kita dengan doa.

Dalam segala perkara kita melakukan komunikasi yg terbaik bagi Tuhan dan dalam setiap keputusan yg kita ambil, kita harus mengerti kehendak dan rencana Tuhan di dalam hidup kita. Berarti ingat, penyesatan itu harus ada dan penyesatan bisa terjadi dalam hal-hal sederhana di dalam hidup kita. Penyesatan bisa terjadi lewat teman baik kita, atau lewat sesuatu yg kelihatannya dapat memperoleh untung yg besar. Oleh sebab itu Alkitab berkata, ujilah segala sesuatu dan peganglah yg baik.

2. Kita dapat tersesat jika kita tidak bersikap dengan tegas
LIhat pada ayat yg ke- 8Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api yang kekal. Kita dapat tersesat, jika kita tidak bersikap dengan tegas. Saya sebut ayat ini "dalam tanda petik" adalah ayat yg paling sadis, kenapa disebut ayat yg paling sadis? Karena, bila kita membaca ayat ini tanpa pengertian yg dalam, kita akan berpikir, orang Kristen itu kejam banget, jika ada orang berdosa, penggal ajah tangannya, kakinya menyesatkan, penggal ajah kakinya

Kayanya orang Kristen galak dan jahat dan sadis bener. Tetapi, saya mau beritahu bahwa maksudnya ini bukanlah hal yg lahiriah kalau orang berdosa potong tangan atau kakinya, bukan itu! Tetapi yg mau dijelaskan adalah sikap yg tegas terhadap dosa. Ingat, mungkin ada di antara saudara yg masih bergumul untuk berhenti merokok, mungkin ada di antara saudara yg sudah dianjurkan oleh dokter, bila saudara menghisap rokok lagi, jantung saudara akan bertambah parah, kanker saudara akan bertambah buruk, dan saudara akan lebih cepat mati.

Tetapi mungkin ada di antara saudara yg sudah menjadi ikatan yg kuat. Coba saudara perhatikan, kapan saudara pertama kali mulai merokok? Kalau saudara mau jujur, saudara mulai merokok, hanya karena saudara tidak bisa bertindak dengan tegas. Mungkin teman saudara yg menawari saudara, dan saudara tidak berani untuk bilang tidak. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, banyak persoalan dalam hidup kita terjadi hari-hari ini hanya karena kita tidak dapat bertindak dengan tegas.

Ada banyak orang yg melakukan hubungan sex sebelum menikah, kenapa peristiwa itu bisa terjadi? Sebetulnya saudara/i tidak mau melakukan hal itu. Tetapi, persoalannya adalah saudara tidak berani untuk bertindak dengan tegas. Banyak orang yg sekarang sedang bingung, karena ia sekarang sedang mengandung anak hasil hubungan di luar pernikahan, sementara prianya sudah punya istri. Dan dia sebetulnya tahu dengan semuanya itu, tetapi kenapa itu bisa terjadi?

Karena ia tidak bisa mengambil sikap yg tegas dalam hidup. Berarti ingat! Kita dapat tersesat bila kita tidak bersikap dengan tegas. Lebih baik saudara dikecewakan orang, tetapi menyenangkan hati Tuhan. Daripada menyenangkan hati orang tetapi pada saat yg bersamaan mengecewakan hati Tuhan.

3. Kesesatan membuat kita tidak dapat melihat Sorga
Coba kita lihat ayat yg ke-9 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua. Kesesatan dapat membuat kita jauh dari Sorga, kesesatan membuat kita tidak dapat melihat Sorga. Alkitab berkata lebih baik kamu masuk Sorga dengan tidak memiliki mata, daripada memiliki mata tetapi masuk dalam neraka. Dengan lain kata, tidak mungkin kamu masuk Sorga. Oleh sebab itu kembali, lewat program ini saya peringatkan saudara-saudara.

Mungkin engkau sudah tersesat, mungkin engkau sudah jauh dari Tuhan, mungkin engkau sudah tidak ke gereja lagi, atau mungkin saudara berkata,"Saya tidak kenal Yesus, saya tidak percaya bahwa Tuhan ada." Saya tahu pendeta-pendeta berkotbah tentang Tuhan, saya tahu guru-guru berbicara tentang Tuhan, tapi sebetulnya saya tidak percaya bahwa Tuhan itu ada. Lewat program ini, saya mau beritahu, saudaraku sebetulnya anda sedang tersesat. Engkau sudah terlibat dengan judi, engkau sudah terlibat dengan obat-obatan, engkau terlibat dengan sex bebas. Lewat program ini saya peringatkan,"Engkau sedang tersesat!" Yesus buka tangan bagimu, "Hai kamu yg letih lesu dan berbeban berat, orang mungkin menghakimu dan bilang bahwa saudara adalah orang jahat."

Tetapi sebagai hamba Allah saya mau bilang,"Bahwa Tuhan mengasihi saudara." Tuhan akan buka jalan bagi saudara, kita tidak perlu binasa dengan kesesatan kita, asalkan kita mau kembali kepada Yesus. Bagi Tuhan tidak ada perkara yg mustahil!

Doa:
Bapa di dalam Nama Yesus, Engkau lihat mereka yg berbeban berat, engkau melihat setiap mereka yg ada di dalam tekanan, engkau lihat mereka yg sedang tersesat karena hal-hal yg duniawi. Hamba berdoa lewat program ini, Dalam Nama Yesus, Engkau jamah mereka satu persatu. Engkau lihat setiap mereka yg sedang ada dalam masalah, Engkau lihat setiap mereka yg sakit, atau berbeban berat. Hamba berdoa lewat program ini, Dalam Nama Yesus bawa mereka ke dalam KuasaMU Ya Tuhan, sehingga saat mereka melihat mujijat, mereka dapat melihat kemenangan, karena kami percaya bagi Yesus, tidak ada perkara yg mustahil. Dalam Nama Yesus kami berdoa dan mengucap syukur, haleluya, Amin!

No comments: