Sunday, May 1, 2011

186. Yesus datang bukan untuk orang benar - Markus 2:13-17

Banyak orang yg seringkali membuat suatu pemisahan, kalaulah saya orang berdosa, maka Yesus tidak akan menerima saya. Dan ada banyak pemikiran, kalau saya jatuh dalam dosa, saya engga layak datang ke gereja, Tuhan engga akan terima saya, dosa saya sudah terlalu banyak. Tetapi berita baik untuk kita semua, Yesus datang bukan untuk orang benar, melainkan untuk orang berdosa.

Kalaulah ada diantara kita yg telah jatuh dalam dosa, mungkin saudara adalah seorang homoseksual, mungkin saudara adalah seorang lesbian/pelacur atau saudara lari dan tinggal dengan sumai orang. Atau ada di antara saudara yg terlibat dengan obat terlarang/penyelundup dan hidup dalam kejahatan. Saya mau beritahu bahwa Yesus menantikan saudara. Yesus mau buka tangan untuk saudara dan berkata,"Anakku..Aku mengasihi engkau!" Yesus benci dengan dosanya. Karena dosa itu menyengsarakan dan menjajah hidup saudara, dosa itu akan membuat hidupmu tidak akan pernah bisa bahagia.

Tetapi Yesus selalu mengasihi kita semua. Dan oleh karena kasihNYA, Yesus mau menerima, memberkati dan membuat perkara besar dalam hidup saudara, haleluya! Di dalam Markus 2:

13Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. 14Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. 15Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. 16Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 17Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Jadi, jelas di sini bahwa Yesus datang untuk menyatakan/memproklamirkan bahwa Ia datang bukan untuk orang benar, tetapi untuk orang berdosa. Apakah itu berarti orang benar dan orang baik tidak diterima oleh Yesus? Apakah saya harus berbuat dosa terlebih dahulu supaya saya diterima Yesus. Apakah saya harus hidup dalam kebejatan dulu supaya saya terima berkat Tuhan. Saudaraku, yg kekasih itu adalah suatu pandangan yg keliru. Suatu kali setelah kebaktian ada seorang yg datang kepada saya dan berkata,"pendeta, saya ini tidak pernah buat kejahatan, tidak pernah minum alkohol, merokok, tidak pernah nonton blue film!" Kemudian saya berkata,"apa yg bisa saya bantu?"

Kenapa hidup saya tidak mengalami kuasa Tuhan yg luar biasa. Sementara kalau saya dengar kesaksian-kesaksian, orang-orang yg tadinya pembunuh, penzinah, pemabuk dan terlibat dengan obat terlarang, koq sepertinya mereka gampang sekali mengalami mujijat dalam hidup mereka? Tidak seperti saya pribadi? Kemudian saya berkata,"itu kan, pandangan yg setan taruh dalam hidup saudara, sepertinya kamu terseret dengan kesenangan dunia." Ingatkah cerita tentang si sulung dan bungsu. Ketika si bungsu telah pergi jauh menghabiskan harta ayahnya dan kembali lagi. Ayahnya malah membuat pesta. Tetapi, si sulung berkata,"saya tinggal di rumah, tetapi papa engga pernah buat pesta!"

Lho, bukankah selama kamu ada di rumah ini semuanya adalah milik kamu. Dengan kata lain, tidakkah engkau sadari bahwa kita yg hidup jauh dari dosa, kita berpesta setiap hari dengan Yesus. Nah, tapi apa artinya bahwa Yesus datang bukan untuk orang benar, tetapi untuk orang berdosa? Ada beberapa hal penting yg dapat kita pelajari di sini:

1. Karena memang tidak ada orang benar
Dikatakan di dalam Roma 3:9 "Jadi, bagaimanakah, adakah kita memiliki kelebihan dari orang lain? Sekalipun tidak, karena di atas telah kita tuduh, baik kita orang Yahudi maupun Yunani. Bahwa kita semua ada di bawah Kuasa dosa. Dan ada tertulis, tidak ada yg benar, seorangpun tidak! Tidak ada seorangpun yg berakal budi, tidak ada seorangpun yg mencari Allah, semua orang telah menyeleweng, semua orang tidak berguna, tidak ada orang yg berbuat baik, seorangpun tidak! Jadi, jelas dikatakan di dalam Alkitab bahwa tidak ada seorangpun yg benar.

Sebab semua manusia kata Alkitab telah berdosa dan telah kehilangan Kemuliaan Allah. Bahkan dikatakan di kitab Yesaya, bahwa "Kebenaranmu seperti kain kotor di hadapan Allah." Jadi, di sini jelas bahwa jika kita datang dengan kebenaran kita sendiri, maka sebenarnya kita adalah orang-orang yg sombong rohani, yg hanya mau membanggakan kebenaran kita. Kristen yg benar seharusnya sadar, bahwa kita ini tidak ada apa-apanya. Mungkin engkau bukan seorang penzinah/pemabuk /homoseks/lesbian/koruptor atau penjahat.

Tetapi, saya mau beritahu bahwa meskipun engkau pergi ke gereja dan berbuat baik, tetapi kalau engkau tidak buka hati buat Yesus dan terima Tuhan Yesus sebagai Raja dan juru selamat. Engkau tidak akan pernah bisa dikategorikan sebagai orang benar. Karena, kita dibanding dengan Kebenaran Allah,"Kebenaran kita seperti kain kotor di hadapan Tuhan." Dengan lain kata, kita semua bukan orang benar. Tetapi, kita dibenarkan oleh darahNYA yg tercurah.

Oleh darahNYA yg tertumpah, kita disucikan, kita dimurnikan, kita dibasuh oleh darah. Sehingga kita layak disebut sebagai anak-anak Allah. Mungkin saudara berkata,"saya orang beragama, oleh karena itu saya tidak butuh Yesus dalam hidup saudara." Saya katakan bahwa agama adalah suatu tata cara dalam hidup ini. Dengan tata cara itu kita selalu berusaha agar hidup saya berkenan kepada Tuhan. Tetapi kalau mau jujur, seringkali kita gagal, seringkali kita salah. Di balik setiap perbuatan baik kita, kita selalu memiliki motivasi-motivasi egois. Saya berbuat baik, supaya saya masuk sorga. Saya berbuat baik, supaya suatu saat saya susah, maka orang itu akan berbuat baik juga buat saya.

Berarti, motivasi-motivasi itu adalah motivasi-motivasi yg egois. Kembali saya mau ingatkan, tidak ada orang benar. Kebenaran kita adalah, saat kita mau buka hati, mau menerima Yesus Tuhan sebagai Raja dan Juru Selamat. Itu sebabnya, saya terlalu percaya bahwa Kekristenan bukanlah suatu agama. Tetapi, Kekristenan adalah penyerahan total kepada Allah untuk dibenarkan oleh darah Yesus, sehingga kita layak menerima Sorga. Oleh karena itu Yesus dengan tegas berkata," Tidak ada seorangpun sampai kepada Bapa, jika tidak melalui Aku!" Mengapa hanya melalui Yesus saja? Karena jujur, agama hanya mengajar mengenai dosa, tetapi agama tidak bisa menyelesaikan masalah dosa. Tetapi, Yesus dengan darahNYA yg tercurah kita disucikan.

2. Karena orang benar tidak perlu ditolong
Jadi, kalau sudah benar, tidak perlu ditolong. Kebenaran selalu yg membenarkan. Tapi, pada kenyataannya, kita perlu ditolong. Kenapa kita perlu ditolong? Karena kita tidak benar. Oleh karena itu Yesus datang untuk orang sakit, orang2 berdosa dan orang2 yg butuh pertolongan. Kalaulah saudara seorang pemabuk, penzinah, pelacur. Maka, saudaa adalah orang-orang yg perlu ditolong.

Mungkin orang-orang dunia menganggap saudara bisa hidup bebas dan buat apa saja dalam hidup saudara. Tetapi, di dalam dasar hati saudara yg terdalam, ada tangisan, ada kekecewaan, bahkan ada kebencian pada diri sendiri. Yesus mau tolong, Yesus mau bebaskan, Yesus mau lepaskan, agar hidup saudara berjalan dalam kebahagiaan dan kemenangan.

3. Orang yang tehilang hanya dapat diselamatkan oleh Yesus Tuhan dan Raja kita
Dengan lain kata, orang yg terhilang/berdosa tidak bisa diselamatkan hanya dengan perbuatan baik. Orang terhilang hanya bisa diselamatkan oleh Karya Yesus di kayu salib. Itu sebabnya, Yesus berkata,"Aku datang bukan orang baik, tetapi Aku datang untuk orang berdosa." Orang berdosalah yg akan Kuselamatkan. Orang berdosalah yg sedang menuju pada kehancuran bila tanpa pertolongan dari Tuhan Yesus.

Itu sebabnya hari ini, kalaulah engkau merasa bahwa engkau orang berdosa. Atau engkau adalah seorang yg beragama, tetapi tidak memiliki kepastian tentang pengampunan dosa. Sebagai hamba Allah, saya mau ingatkan saudara. Bahwa Yesus tetap Tuhan. Yesus bukan hanya sekedar penyebar agama. Yesus adalah Tuhan yg mencari orang berdosa. Yesus adalah Tuhan yg mengampuni orang berdosa. Yesus adalah Tuhan yg memulihkan orang berdosa. Karena, orang-orang berdosa adalah anak-anak yg dikasihiNYA, haleluya!

Doa:
Bapa, hamba berdoa bagi setiap kami semua, karena masalah, karena tekanan dan kebutuhan hidup yg menekan. Bapa, kami percaya bahwa tidak ada perkara yg mustahil. Hamba berdoa, di dalam Nama Yesus, Tuhan jamah, Tuhan kerjakan mujijat, Tuhan pulihkan. Mereka yg terikat dalam dosa dan kegelapan/kejahatan. Hamba berdoa, di dalam Nama Yesus, biarlah mereka semua mengalami kebebasan dan kembali kepada Tuhan, karena Tuhan mencari orang berdosa. Terima kasih Tuhan, di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

No comments: