Sunday, May 31, 2009

92. Nasib orang jahat - Matius 13:36-43

36.Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-muridNYA datang dan berkata kepadaNYA:"Jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu. 37Ia menjawab, kataNya:"Orang yg menaburkan benih baik ialah Anak Manusia; 38ladang ialah dunia. Benih yg baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat. 39Musuh yg menaburkan benih lalang ialah iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat. 40Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 41Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikatNya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yg menyesatkan dan semua orang yg melakukan kejahatan dari dalam kerajaan-Nya. 42Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. 43Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Nah, sekarang yg akan kita pelajari tentang nasib orang jahat. Banyak orang berkata"kenapa dia tidak percaya Yesus? Kenapa dia hidup dalam kegelapan? Kenapa dia percaya dukun-dukun? Kenapa, dia kesannya tidak pernah pergi ke gereja? Kenapa dia hidup dalam perzinahan, korupsi dan segala sesuatunya, tetapi kelihatannya hidupnya baik-baik saja, kelihatannya tidak ada kutuk Allah. Ada banyak orang yg bilang "Kesannya koq Allah tetap memberkati, kesannya koq Allah tetap membiarkannya semuanya itu terjadi.

Dengar baik! Firman Tuhan berkata"Bahwa Bapa kita adalah Bapa yg baik, sehingga Allah memberikan matahari bagi orang benar, dan sekaligus pada saat yg bersamaan Dia juga memberikan matahari bagi orang yg menentangnya. Allah memberikan matahari bagi orang yg menyembahnya, tetapi Allah juga menerbitkan matahari bagi orang yg mengutuk Dia. Allah kita adalah Alah yg baik. Kalau saudara melihat ada orang yg percaya kepada dukun, hidup dalam perzinahan, hidup dengan tidak pernah mengenal Tuhan, tetapi kelihatannya masih diberkati, itu adalah salah 1 bukti, bahwa Dia adalah Allah yg baik. Itu adalah salah 1 bukti bahwa Ia adalah Allah yg panjang sabar dan berlimpah kasih setiaNYA. Itu adalah salah 1 bukti bahwa Allah memberikan kesempatan bagi setiap orang yg mau bertobat.

Kadang kala, kita menjadi sedikit gregetan. Dan mulai bilang, kutuk saja dia Tuhan, karena dia kan mulai melawan Engkau! Kalau semua dukun-dukun dihukum oleh Tuhan, dunia ini kesannya akan menjadi lebih baik. Saya mau beritahu, Dia adalah Bapa yg baik, Dia adalah Bapa yg mencintai, bahkan orang yg merencanakan jahat sekalipun. Itu sebabnya di kayu salib, Yesus berkata kepada Bapa "Ampuni mereka, sebab mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat. Yesus tahu orang-orang yg perlu dan minta untuk diampuni. Yesus minta untuk mengampuni orang-orang yg mencambuk Dia, yg meludahi dia dan bahkan orang-orang yg memukulkan paku di tanganNYA. Yesus datang kepada Bapa, minta agar Bapa mau mengampuni mereka semua. Itu adalah bukti, bahwa Dia adalah Bapa yg baik, yg panjang sabar dan berlimpah kasih setiaNya.

Itu sebabnya dalam pengupasan/pendidikan hari ini, kita mau berbicara mengenai nasib orang jahat:

1. Orang jahat tidak disingkirkan/dilenyapkan dari dunia ini
Mungkin saudara berkata, apa maksudnya? Pada ayat ke 40Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 41Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikatNya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yg menyesatkan dan semua orang yg melakukan kejahatan dari dalam kerajaan-Nya. Berarti kita lihat di sini bahwa pemisahan itu terjadi, pemusnahan itu baru terjadi, penghancuran dan penghukuman itu baru terjadi, ketika pada akhir zaman. Berarti orang jahat tidak disingkirkan dan dilenyapkan selama mereka ada di muka bumi ini.

Allah membiarkan lalang dan gandum semuanya tumbuh bersama, karena itu terlihat dengan jelas, bahwa lalang semakin dia bertumbuh, semakin dia akan kelihatan lebih tinggi. Tetapi gandum semakin dia berbuah, dia akan semakin merunduk. Artinya, orang percaya yg justru semakin diberkati, dia akan semakin berbuah dengan baik dan semakin dia dipakai oleh Allah, maka semakin ia merunduk. Tetapi, apa yg terjadi dengan lalang, semakin dia bertambah tinggi. Artinya, orang-orang yg tidak percaya dengan Allah, segala kekayaannya dan kemampuannya akan dipakainya untuk membesarkan dirinya sendiri. Akan dipakainya untuk menonjolkan dirinya sendiri, akan dipakainya hanya untuk kemuliaan dirinya sendiri. Tetapi, orang yg berharap kepada Tuhan, akan memakai segala berkat yg dia miliki untuk kemuliaan Nama Allah, karena dia tahu persis, bahwa segala sesuatu yg baik itu datangnya daripada Allah.

Saudara keliru besar, bila saudara menantikan orang-orang jahat itu dilenyapkan/disingkirkan, karena alkitab berkata"Orang-orang jahat itu selalu ada pada kamu." Dengan lain kata, sebelum akhir zaman tiba, orang-orang jahat tidak akan dilenyapkan dan disingkirkan. Mereka akan tetap ada sampai pada akhir zaman. Dengan lain kata, bukan persoalannya sekarang bagaimana kita menghindar dari orang-orang jahat/menghindar dari situasi yg sukar, tetapi kita minta kekuatan dari Allah untuk jadi berkat saat kita di dalam situasi seperti itu. Agar orang-orang di sekitar saudara, yg belum percaya dengan Tuhan, orang-orang yg masih percaya dengan dukun-dukun, orang2 yg masih percaya dengan paranormal, penyembahan-penyembahan berhala/patung2/kuasa2 kegelapan. Mereka akan melihat Kemuliaan Allah di dalam hidup saudara dan saudara jadi berkat bagi orang lain.

2. Orang jahat akhirnya akan dihukum
Walaupun Allah belum menghukum/melenyapkan ketika masih ada di muka bumi, kenapa? Karena Allah masih mengasihi dan memberikan kesempatan. Alkitab berkata"bukan kematian orang fasik yg dikehendakiNYA, tetapi pertobatannya." Jadi, bagi Allah terlalu mudah untuk menjatuhkan hukuman bagi orang2 yg tidak percaya dan mengutuk Dia. Tetapi, Allah memberikan kesempatan, dan tidak memaksakan kehendaknya. Mungkin saudara mengikuti program ini dan saudara berkata "Walaupun saya hidup berzinah, walaupun Tuhan ada, Tuhan masih belum hukum saya, artinya Tuhan menyetujui perbuatan saya, bahkan saya seringkali masih diberkati, dan saya masih seringkali melihat pertolongan Tuhan. Saudaraku, jangan tunggu sampai Yesus datang. Karena, Alkitab berkata "Pada akhir jaman itu, semuanya orang yg jahat itu akan dikumpulkan, dan mereka semua akan dimasukkan ke dalam api yg kekal untuk selama-lamanya.

Mungkin saudara berkata "Tetapi, saya belum pernah melihat neraka, dan saya belum tahu pasti neraka itu ada atau tidak?" Tetapi, dengar baik, sebagai hamba Tuhan yg mengasihi saudara. Lewat program ini dalam Kasih Yesus, "Sebelum terlambat, Firman Allah adalah Iya dan Amin." Kalau Firman Allah berkata "Ada Sorga, maka pasti ada Sorga." Kalau Alkitab berkata"Ada neraka, maka pasti akan ada neraka." Sebelum semuanya terlambat, maka lewat program ini saya mau beritahu, kembali ke jalan Tuhan Yesus, sebab Yesus mengasihi saudara.

Mungkin saudara bekata"Saya engga kenal Yesus." Mungkin saudara berkata saya membenci Dia dan mengutuk Yesus selama hidup saya. Saya mau beritahu, Dia mengasihi saudara. Yesus punya rencana yg indah dalam hidup saudara. Orang yg tidak percaya itu akan dihukumnya. Tetapi Alkitab berkata "Karena begitu besar Kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA mengaruniakan anakNYA yg tunggal, agar barang siapa yg percaya kepadaNYA tidak akan binasa, melainkan memperoleh hidup yg kekal. Tetapi, apa yg terjadi dengan orang benar ini? Pada ayat yg ke 43Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Orang jahat tidak dilenyapkan/disingkirkan, mereka masih ada selama ada dunia ini. Orang percaya dipanggil untuk menjadi berkat di tengah-tengah dunia ini. Tetapi orang yg jahat itu akhirnya akan dihukum. Orang yg menolak Yesus dan mengutukNYA, akhirnya akan menerima penghukuman di dalam api yg kekal untuk selama-lamanya. Tetapi, orang benar akan bercahaya di dalam Kerajaan Bapa. Bercahaya, artinya akan melihat terang, dan memberikan kekuatan baru bagi setiap orang di sekitarnya.


Sebab itu, hari ini, bila saudara masih belum buka hati untuk Yesus, atau hidup saudara masih belum pada jalan Tuhan/mungkin saudara telah tinggalkan Tuhan/mungkin saudara telah salah jalan. Yesus mengasihi saudara, Allah memberikan matahari bagi orang benar dan orang jahat. Mungkin saudara berkata "Saya telah hidup dalam dosa dan jahat sekali dan telah terlibat dalam kejahatan besar. Sekali lagi saya mau beritahu"Yesus mengasihi saudara dan punya rencana yg indah bagi saudara. Dia ampuni dosamu, Dia angkat engkau menjadi anakNYA, sehingga engkau akan diperbaharui di dalam KuasaNYA.

Doa:
Bapa dalam Nama Yesus, hamba mengasihi setiap dari kami sekalian. Itu sebabnya hamba berdoa untuk setiap individu, dalam Nama Yesus, segala ikatan dosa, segala Kuasa kegelapan, segala Roh-roh jahat dalam hidup mereka, yg membawa mereka dalam perzinahan dan roh2 kegelapan dan membawa mereka jauh dari Tuhan. Dalam nama Yesus, dibebaskan dari hidup mereka, sehingga mereka boleh berjalan bersama Kristus di dalam kebenaran, sehingga kemuliaan Kristus dinyatakan di dalam hidup mereka, sehingga mereka boleh bercahaya bagi orang lain, dalam Nama Yesus hamba berdoa, dan hamba percaya berkatMU akan senantiasa atas mereka senantiasa, haleluya, Amin.

No comments: