Friday, May 15, 2009

90. Tak seorangpun kebal dosa -Matius 13:24-30

24Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yg menaburkan benih yg baik di ladangnya. 25Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. 26Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. 27Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata:Tuan, bukankah benih baik yg tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? 28Jawab tuan itu: Seorang musuh yg melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? 29Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. 30Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kita belajar hal yg sangat indah mengenai perumpamaan lalang di antara gandum. Di situ jelas sekali dikatakan pada ayat yg ke-25Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Kita lihat beberapa perkara di sini:

1. Musuh datang ketika semua orang tidur
Musuh menabur benih yg kelihatannya hampir sama antara lalang di antara gandum. Tetapi, sayangnya ia menaburkan benih di ladang orang lain. Setan musuh kita itu curang, dan ia menghalalkan segala cara. Bahkan alkitab berkata "Iblispun menyamar sebagai malaikat terang." Itu sebabnya melalui Kasih Kristus di dalam program ini saya mau beritahu, jangan saudara sampai tertipu. Ada orang yg bilang"oh, orang itu adalah orang pinter yg bisa menyembuhkan orang sakit, dan kadang kala pakai Alkitab. Kadang kala pakai ayat-ayat di dalam kitab suci." Saya mau beritahu buat saudara, bahwa saudara tertipu, kenapa? Karena setan curang. Dia menghalalkan segala cara, setan tahu persis bagaimana ketika orang sedang tidur, ketika orang tidak terjaga, ketika orang sedang lelah, ketika orang sedang lengah. Setan datang dan menabur benih di ladang orang lain dan menghalalkan segala cara. Bahkan kadang kala setan datang dengan kesannya membawa sesuatu yg baik.

Ada orang yg bilang "Kalau kamu datang ke orang pinter itu, dan ketika dia kasih minum sesuatu atau beri anda cincin. Ia akan berkata "rumah tangga kamu pasti bahagia." Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan,lewat program ini saya tahu apa itu kehendak Allah yg siap berbicara buat saudara, saudara tertipu. Setan tidak akan melakukan suatu pertandingan yg sehat. Setan tidak akan menaburkan di ladangnya sendiri, kenapa? Karena di ladangnya ialah neraka. Tetapi dunia ini adalah milik dan ladangnya Allah. Tetapi, dengan segala keindahannya setan rampas dengan melalui film-film perzinahan. Dengan tawaran-tawaran yg kelihatannya menyenangkan, kebebasan sexual dimana-mana. Kesenangan-kesenangan dunia yg lainnya, korupsi di mana-mana. Orang lain menggunakan jabatannya, membuat orang lain lupa diri. Orang mulai menekan dan melakukan hal yg penuh dengan ketidakadilan, sehingga banyak orang kelihatannya tidak punya kekuatan.

Saya mau beritahu, bahwa setan itu curang dan menghalalkan segala cara. Sebagai orang percaya, jangan mau tertipu. Sebagai orang percaya, jangan ikuti arusnya. Walaupun kadang kala, saudara harus pikul salib, kadang kala saudara harus sangkal diri, kadang kala saudara harus difitnah oleh orang lain. Kadang kala saudara harus lewati pergumulan yg berat, tetapi kuatkan hati saudara karena Allah akan membela saudara. Yesus tidak pernah menjanjikan sesuatu yg kosong. Orang yg ikut Yesus, Yesus berkata "Burung di udara punya tempat, serigala punya liang, tetapi anak manusia tidak punya tempat untuk meletakkan kepalaNYA. Orang datang kepada Yesus dan berkata "Guru aku mau ikut engkau, tetapi Yesus bekata "Engkau pikul salib dan sangkal diri, baru engkau dapat mengikut Aku. Berarti di sini kita lihat bahwa Yesus adalah Tuhan yg sejati. Yesus adalah Tuhan yg kadang kala menantang kita melewati masalah dan pergumulan, Yesus tidak pernah tinggalkan kita. Ia berikan Roh KudusNYA, PenolongNYA itu buat kita.

2. Kristus memang membiarkan gandum tumbuh bersama lalang.
Ayat ke 26Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. 27Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata:Tuan, bukankah benih baik yg tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu? 28Jawab tuan itu: Seorang musuh yg melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu? 29Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu. Artinya Kristus tidak mengijinkan kehidupan Kristen yg exclusive. Kristus tidak menghendaki hidup Kristen yg terpisah. kadang kala kita ingin supaya lingkungan kita, keluarga kita, sahabat kita, rekan-rekan kerja kita, dan semua yg dekat dengan kita hanyalah orang-orang yg percaya. Lalu kita berkata "Lingkungan kita adalah lingkungan yg jahat, lingkungan kita adalah lingkungan orang-orang yg tidak percaya."Lalu kita mulai berkata dan bersungut-sungut"Tuhan, bagaimana iman saya tidak akan lemah, karena lingkungan saya adalah lingkungan yg keras, lingkungan saya seperti ini.

Sehingga seringkali kita membuat berbagai macam alasan untuk berbuat dosa, kenapa? Ya, saya masih muda dan di dalam lingkungan di mana saya tinggal, banyak sekali orang berbuat dosa, sehingga wajar kalau saya jatuh dan lingkungan di mana saya bersekolah adalah lingkungan orang-orang tidak percaya, sehingga wajar kalau saya sering kali jatuh. Jadi, Yesus membiarkan gandum tumbuh dengan lalang. Karena, gandum yg benar adalah tetap gandum dan lalang adalah tetap lalang, sehingga meskipun ke-duanya tercampur, gandum akan membuktikan kegandumannya, dimana letaknya gandum, pada saat ia berbuah, gandum itu akan semakin menunduk, dan merendah. Tetapi, lalang justru saat ia mengeluarkan bunganya, ia akan terus naik dan terus naik. Artinya, seorang Kristen yg adalah gandumnya, dia akan semakin merendah dan sadar, bahwa semuanya datang daripada Tuhan. Kristus mengijinkan semua orang Kristen mengalami pergumulan, tetapi IA menjanjikan adanya kemenangan. Tuhan mengijinkan saudara berada di dalam lingkungan yg keras, tetapi Ia menjanjikan saudara akan membawa berkat meskipun ada di dalam lingkungan yg seperti itu.

3. Setiap lalang akhirnya akan dibuang dan dibakar
Ayat ke-30 berlata Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku. Gandum akan ada di lumbungNYA Tuhan. Gandum akan kembali ke Sorga. Tetapi, lalang akan dibuang dan dibakar. Itu sebabnya, saudara harus waspada.

Alkitab ingatkan "Roh memang penurut, tetapi daging lemah." Saya mau beritahu bahwa "tidak seorangpun yg kebal akan dosa, kenapa? Karena setan itu curang." Setan menghalalkan segala cara, setan berupaya untuk menjatuhkan saudara, setan tidak senang melihat masa muda saudara bahagia, setan tidak suka melihat rumah tangga saudara bahagia. Setan curang, dia mau menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan saudara. Yesus mati dan di atas kayu salib berkata "sudah selesai." Berkatmu sudah selesai,kemenanganmu sudah selesai, semuanya sudah Yesus bayar. Tinggal kita, tumbuh di antara lalang, dan kita tetap gandum. Kita tetap domba di tengah serigala, tetapi kita tetaplah domba yg berhati lurus di hadapan Tuhan dan bersandar kepada Tuhan. Mungkin saudara terpengaruh dengan lingkungan saudara. Jangan saudara berkata "Pisahkan aku dengan lingkungan ini, tetapi berkata "Tuhan, jadikan aku garam di tengah lingkungan yg sukar ini." Jadikan aku terang yg menyala, sehingga di dalam kegelapan, orang boleh melihat terangmu yg besar. Jangan saudara berpikir, mengapa Tuhan belum menjawab doa saya, karena Tuhan ingin saudara menjadi terang di lingkungan yg Tuhan telah tempatkan. Ibarat lampu mobil, meskipun menyala, tapi di saat siang hari, tidak akan kelihatan. Tetapi, lilin kecil yg menyala di tengah pekatnya malam, akan memberikan terang di sekitarnya.

Doa:
Di dalam Nama Yesus, hamba berdoa untuk setiap mereka sekalian, dengan setiap masalah dan pergumulan mereka masing-masing. Ketika mereka mulai terpengaruh dengan lingkungan dan situasi yg sukar, mereka yg kemudian ditekan dengan lingkungan sekitar, bahkan keluarga mereka. Bapa, di dalam nama Yesus, biar program ini memberkati mereka sekarang. Biarlah Roh Kudus dan Firman Tuhan menjamah, memberi mereka kekuatan, biarlah mereka menyala di tengah kegalapan sekalipun, sehingga lewat hidup mereka, banyak orang yg terberkati. Mereka yg sakit, mereka yg bergumul dalam rumah tangga dan masa mudanya. Hamba doakan di dalam Nama Yesus, sehingga boleh mereka melihat kemenangan dan mujijat di dalam Tuhan. Di dalam Nama Tuhan Yesus saya berdoa, Haleluya, Amin!

No comments: