Sunday, June 7, 2009

93. Kerajaan Sorga - Matius 13:44-46

44Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.45Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 46Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, hari ini kita lihat hal yg sangat menarik tentang Kerajaan Sorga:

1. Kerajaan Sorga itu adalah harta yg tak ternilai dan tak tertandingi oleh apapun." Saudaraku yg kekasih di dalam Tuhan, banyak orang berkata "Kita banyak bicara tentang Kerajaan Sorga, tapi saya belum melihat." Aku telah korbankan segala-galanya, layakkah itu jika dibandingkan dengan Kemuliaan Allah yg akan saya raih?
Orang Indonesia bilang,"jangan melepas burung yg ada di tangan, kalau kita belum menangkap burung yg di udara." Nah, persoalannya ada banyak orang Kristen yg berkata "bagaimana saya bisa melepaskan kesenangan dunia/melepaskan jaminan yg saya miliki di dunia ini, lalu sungguh-sungguh melayani Tuhan dan sepenuhnya untuk Tuhan." Kesannya, itu merupakan suatu tindakan yg bodoh sekali.

Tetapi, hari ini lewat bacaan Firman hari ini, kita melihat betapa Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.Berarti Kerajaan Allah/Kerajaan Sorga merupakan harta yg tak ternilai/tak tertandingi oleh apapun. Ada banyak orang yg takut untuk mengorbankan segalanya agar dapat mengiring Kristus. Anak orang kaya itu berkata"Apa yg harus saya perbuat agar saya dapat memperoleh hidup yg kekal." Yesus berkata"Lakukanlah Firman Allah." Semuanya aku telah turuti. Lalu Yesus berkata "Jika kamu ingin sempurna, jual semua hartamu!"

Persoalannya sekarang, bukan berarti ikut Yesus engga boleh punya apa-apa. Tetapi Yesus tahu persis, bahwa hati anak muda ini begitu terikat dengan hartanya, sehingga dengan lain kata "Jika Dia diperhadapkan dengan pilihan, hartakah atau sorga? Atau dengan lain kata harta yg ada sekarang maupun harta yg akan datang? Maka, apa yg terjadi? Dia akan memilih harta yg ada sekarang. Saudaraku yg kekasih di dalam Tuhan, sementara Alkitab jelas berkata, "karena iman maka Musa setelah dewasa menolak disebut Anak putri Firaun." Karena ia lebih suka menderita sengsara bersama umat Allah, daripada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. Karena pandangannya ia arahkan kepada upah.

Saudaraku yg kekasih di dalam Tuhan, seorang yg mengerti, seorang yg mengenal bahwa Kerajaan Allah/Sorga adalah harta yg tak ternilai/tertandingi oleh apapun, maka ia tidak akan pernah korbankan imannya hanya oleh karena sesuatu. Bukankah ada banyak orang, yg karena hanya melihat gadis yg cantik, maka ia korbankan iman percayanya. Bukankah karena melihat seorang pria anak seorang direktur bank/pejabat/pembesar/orang kaya, akhirnya wanita itu korbankan imannya. Dalam kasih Kristus, saya beritahu lewat program ini, bahwa Kerajaan Allah/Kerajaan Sorga adalah harta yg tak ternilai dan tak tertandingi oleh apapun. Itu sebabnya, peliharakan iman saudara sehingga jangan saudara tinggalkan Tuhan, apapun itu alasannya!

Tidak sedikit orang, yg karena pangkat, yg karena kedudukan,yg karena sesuatu yg dijanjikan di dalam dunia ini, akhirnya apa yg terjadi? Dia korbankan imannya. Saudara yg kekasih di dalam Tuhan, saya percaya bahwa harta yg Tuhan janjikan di dalam Kerajaan Sorga itu jauh melebihi segala-galanya. Maka Alkitab berkata "Orang yg mempelajari dan memahami Alkitab secara benar, seperti mendapatkan harta yg terpendam, lalu ia pendamkan semua harta yg ditemukan, lalu membeli ladang itu, kenapa? Karena, dia tahu harta yg di Sorga itu adalah harta yg tak ternilai.

2. Kerajaan Allah/Kerajaan Sorga ini perlu ditemukan
Dengan lain kata, sebelum kita menemukannya, sebelum kita menemukan arti yg sesungguhnya, banyak orang yg tidak tertarik. Banyak orang berpikir sorga? Saya belum pernah ke sana! Banyak orang berpikir sorga? Saya belum pernah lihat. Sehingga orang berpikir, saya harus hidup benar, buat apa! Banyak orang berpikir "oh, mengapa saya harus tinggalkan hidup hura-hura dunia, diskotek, mabuk, ecstacy, lalu aborsi, lalu perceraian, lalu semuanya.

Lalu, orang menatap kita dan berkata "Loh, hidup itu cuman 1 kali koq, makanya harus dinikmati!" Ada banyak kali orang menemukan arti sorga, suasana sorga, jamahan sorga di dalam hidupnya. Itulah sebabnya doa Bapa Kami berkata"Jadilah kehendakMU di bumi, seperti di Sorga." Kenapa? Karena, orang yg beriman, dengan iman itu dapat membawa Kerajaan Sorga/Kerajaan Allah itu dalam hati kita. Sehingga, di tengah kesulitan yg besar sekalipun, suasana dan tanah Sorga tetap ada di dalam hati kita. Bahkan, di tengah keputusan yg sulit sekalipun, kita biarkan Allah sebagai Pemimpin dan Raja di dalam hidup kita yg menuntun hidup kita untuk menemukan jalan kemenangan oleh Kuasanya.

Bagaimana kita menemukan Kerajaan Sorga? Kita dapat menemukannya di dalam ibadah kita, di dalam perjumpaan pribadi kita dengan Allah. Dalam pembacaan Firman Allah kita akan memperoleh pengertian baru dan Kerajaan Sorga itu merupakan sesuatu yg dinantikan. Paulus berkata"Aku ada di dalam 2 pilihan yg sukar:
1. Aku ingin kembali kepada Bapa, karena aku ingin melihat kemulianNYA,
2. Tetapi, aku juga masih ingin hidup, karena aku ingin bekerja keras. Baik Matiku atau hidupku, aku ingin memuliakanNYA.Bahkan Paulus katakan"Mati adalah keuntungan, kenapa? Karena, dia melihat Kerajaan Sorga yg perlu ditemukan.

Itu sebabnya, ada banyak orang yg takut mati. Dan banyak orang memandang kematian sebagai sesuatu yg menakutkan, kenapa? Bagi, orang percaya kematian adalah merupakan pindah alamat dari tubuh yg fana kepada Tubuh Kemuliaan. Dari kehidupan yg penuh air mata menjadi Sorga Rumah Bapa yg kekal.

3. Kerajaan Allah bisa dinikmati bila kita korbankan segala sesuatu yg dapat menghalanginya
Persoalan dengan kita, kadang kala kita mau menikmati Kerajaan Allah/Sorga, tetapi kita engga mau korbankan/lepaskan segala sesuatu yg menghalanginya. Alkitab berkata"Kerajaan Sorga seumpama harta yang terpendam di ladang yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi, lalu menjual segala miliknya. Dengan lain kata, dengan dilepaskannya segala miliknya. Segala sesuatu yg dapat menghalangi dia untuk menaruh fokus/perhatian hidupnya pada harta yg ada di ladang tersebut, maka ia tidak bisa pernah menikmati harta tersebut.

Alkitab berkata "Kita tidak bisa mengabdi kepada 2 tuan." Alkitab berkata "Pilih, kepada siapa kita mau beribadah." Banyak orang berkata "Koq, saya engga bisa nikmati suasana sorga?" Banyak orang berkata "Saya sudah pergi ke gereja, tetapi rumah tangga kami seperti neraka?" Banyak orang berkata"Saya sudah pergi ke gereja, tetapi masa muda saya penuh dengan kekuatiran dan ketakutan."
Banyak orang berkata "Saya sudah pergi ke gereja, tetapi saya engga melihat mujijat di dalam hidup saya." Saudara/i sekalian, Kerajaan Allah baru dapat dinikmati, bila kita mau korbankan segala sesuatu yg dapat menghalanginya. Itu sebabnya, Paulus merelakan diri matanya menjadi buta, jatuh ke tanah, tapi dia berteriak"Siapa Engkau yg aku aniaya?"Justru, ketika ia korbankan segala sesuatunya dan ia berkata"Yang dulu kuanggap kebanggaan, sekarang menjadi sampah."

Dalam pengiringannya kepada Kristus, justru dia melihat kemuliaan Tuhan. Zakeus berkata,"Jika ada orang yg kuperdayakan, hartanya kukembalikan 4x lipat, dengan itu baru dia dapat melihat Kerajaan Allah/Kerajaan Sorga yg merupakan sesuatu yg baru dapat dinikmati." Oleh karena itu Alkitab berkata "Hidup yg kita jalani sekarang, bukanlah hidup karena melihat, karena hidup yg kita lihat bukan sesuatu yg dapat dilihat dan menjalani semua kesenangannya." Tetapi, yg kita percayai adalah "Janji-janji Tuhan dan segala kemenangannya yg luar biasa."

Mungkin, ada di antara saudara yg tidak punya kepastian. Mungkin saudara berkata"Saya punya agama, saya orang baik dan bukan orang jahat, tetapi mungkin dalam hati saudara, saudara berkata"iya, pendeta doakanlah saya supaya saya sampe sorga. Atau saya berharap ada orang yg berdoa buat saya, supaya saya dapat sampe sorga." Atau mungkin saudara berkata"Iya, mudah-mudahan saya dapat masuk sorga."
Yesus berkata"Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup, tak seorangpun sampai kepada Bapa, tanpa melaluiKU. Berarti Yesus adalah satu-satunya jalan menuju Sorga. Alkitab berkata"Di bawah kolong langit ini, tidak ada nama lain yg olehNYA, manusia bisa selamat, kecuali di dalam Nama Yesus!"

Doa:

Bapa, dalam Nama Yesus, Hamba berdoa buat setiap mereka yg bimbang tentang Sorga. Hamba berdoa buat mereka semua yg belum pasti tentang Sorga. Hamba berdoa untuk mereka yg goncang, Tuhan dan belum punya kepastian kemana mereka akan pergi setelah mereka mati nanti? Hamba berdoa di dalam Nama Yesus, oleh Kuasa Roh Kudus biar Engkau jamah dan Engkau buka setiap hati. Sehingga Lewat program ini, kami buka hati buat Yesus, biar kami dijamah oleh Roh Kudus, sehingga kami dipersiapkan , nama kami ada dan dipangggil untuk masuk ke Sorga Rumah Bapa yg kekal. Di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

No comments: