Thursday, June 18, 2009

95. Mengapa mujizat tidak terjadi - Matius 13:53-58

53. Setelah Yesus selesai menceritakan perumpamaan-perumpamaan itu, Iapun pergi dari situ. 54Setibanya di tempat asal-NYA, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata:"Dari mana diperolehNYA hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? 55Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibuNya bernama Maria dan saudara-saudaraNya:Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?56Dan bukankah saudara-saudaraNya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? 57Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: Seorang nabi dihormati dimana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya. 58Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Kemanapun Yesus pergi diindentikan dengan mujizat, kemanapun Yesus pergi identik dengan Kuasa-kuasa Allah, perbuatan-perbuatan ajaib yg terjadi di antara mereka. Tetapi ayat di atas diakhiri dengan kalimat "Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ." Pertanyaannya: Mengapa mujizat tidak terjadi? Karena seperti biasa Yesus masuk, Yesus menceritakan perumpamaan-perumpamaan, mengajar di rumah-rumah ibadat mereka, mereka takjub, tetapi kemudian ada perbedaannya, karena biasanya Yesus masuk dan dimanapun terjadi mujizat. Yesus masuk di jalan Jericho tersebut, Dia sembuhkan Bartomeus, Dia masuk di kolam Siloam (Alkitab berkata "Dia bangkitkan seorang yg sudah 38 tahun terbaring lumpuh).

Dimanapun Yesus pergi, mujizat demi mujizat terjadi. Tetapi, persoalannnya sekarang, justru Yesus masuk ke Nazaret, tetapi apa yg terjadi? Mujizat tidak terjadi, Beberapa alasannya mengapa mujizat tidak terjadi, dan saya berdoa kepada Allah, sehingga 3 perkara ini tidak ada di dalam hidup kita, kenapa? Karena, kita percaya kepada Yesus, maka kita harapkan adanya mujizat. Jangan sampai kita percaya kepada Yesus, tetapi justru mujizat tidak terjadi.

1.Mereka memandang Yesus secara daging
Setibanya di tempat asal-NYA, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata:"Dari mana diperolehNYA hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Mereka pertamanya takjub, tetapi ayat ke 55 berkata Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibuNya bernama Maria dan saudara-saudaraNya:Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? 56Dan bukankah saudara-saudaraNya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi, dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Betul mereka takjub, betul mereka melihat Kemuliaan Allah dinyatakan, tetapi mereka mulai memandang Yesus secara daging, mereka bertanya bukankah mereka anak tukang kayu yg bernama Yusuf, bukankah juga hari-hari ini kita lihat ada banyak orang yg mungkin mengakui mujizat Yesus, tetapi hanya mengakui Yesus sebatas seorang nabi yang bernama Isa.

Saya mau beritahu di dalam Kasih Tuhan, Yesus bukan sekedar nabi, Yesus bukan sekedar orang baik, Yesus bukan sekedar Pemimpin Agama/Penyebar agama, tetapi Yesus adalah Tuhan! Yesus adalah Kristus! Yesus adalah Mesias! Yesus adalah Allah sendiri yg menjelma menjadi manusia menurut Alkitab, tinggal di antara manusia, menyelamatkan manusia, mencurahkan darahnya bagi manusia, dan pada hari yg ke-3 bangkit kembali, kemudian naik ke Sorga, duduk di sebelah kanan Allah, dan akan kembali menghakimi orang yg hidup dan mati. Saudara boleh tidak percaya kepada Dia, saudara boleh menolak Dia, saudara boleh mengutuk Dia sekalipun, tetapi Yesus tetap Tuhan. Dan, apa yg terjadi? Alkitab berkata "Yesus akan datang kembali untuk menghakimi!" Tidak perlu, anda setuju atau tidak setuju, saudara terima/tidak terima. Yesus akan datang sebagai hakim yg akan mengadili. Dan untuk itulah Alkitab memberikan jawabannya "Bahwa siapa yg menerimaNYA, maka dia akan diberinya Kuasa untuk menjadi Anak-anak Allah, karena begitu besar Kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA mengaruniakan AnakNYA yg tunggal kepadanya, sehingga barang siapa yg percaya kepadaNYA tidak binasa melainkan memperoleh hidup yg kekal.

Tetapi, apa yg terjadi? Banyak orang yg memandangnya secara daging, dan persoalannya dengan kita, mengapa mujizat tidak terjadi di dalam hidup kita? Karena, kita hanya pandang secara daging, masa iya sih kita hanya berdoa, mujizat bisa terjadi? Masa iya sih kita hanya terima Yesus, kita bisa masuk sorga? Masa iya sih hanya dengan membaca Alkitab, merenungkan Firman Allah, hidup dengan penuh suci, kita bisa mengalami mujizat dan Kuasa-kuasa Allah? Kita tidak mengalami mujizat, karena kita berpikir secara daging. Alkitab berkata "Apa yg berasal dari daging, hanya berpkir secara daging dan hal-hal yg daging. Dan Alkitab berkata daging dan darah tidak mendapat tempat dalam Kerajaan Sorga, tetapi apa yang dari Roh hanya memikirkan hal-hal yang dari Roh. Dan Roh yg akan membawanya masuk pada Kerajaan yg kekal.

2. Karena kekecewaan dan penolakan
Ayat yg ke-57 dikatakan Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: Seorang nabi dihormati dimana-mana, kecuali di tempat asalNYA sendiri dan di rumahNYA. Karena kekecewaan, dan akhirnya penolakan. Saudaraku yg kekasih di dalam Tuhan, mengapa mujizat tidak terjadi? Karena seringkali kita terlalu banyak menyimpan kekecewaan. Kita mungkin kecewa dengan seseorang, kita mungkin kecewa dengan keadaan, kita mungkin kecewa dengan doa kita yg tidak dijawab, dan karena kecewa, apa yg terjadi? Mulai timbul penolakan di dalam hati kita. Kita mulai engga percaya lagi, kita mulai berusaha dengan kekuatan kita sendiri, dan mulai menolak Yesus. Itu sebabnya, mujizat tidak terjadi di dalam hidup kita. Yesus tidak pernah memaksakan kehendak kita. Alkitab berkata "Aku berdiri di depan pintu dan mengetuknya, barang siapa mengetuk pintu, IA akan membukakan pintu. Dengan lain kata, jika pintu tidak dibuka, Aku akan tetap mengetuk. Dengan lain kata, jika pintu tetap tidak terbuka, Yesus tidak akan pernah masuk, dan duduk makan bersama-sama dengan kita, dan memberkati kita.

Artinya kekecewaan dan penolakan seringkali menghambat mujizat untuk terjadi. Mungkin saudara punya kepahitan terhadap suami saudara, mungkin saudara menyimpan kebencian, sakit hati, kekecewaan, sehingga saudara tidak bisa berdoa lagi, dan tidak punya hubungan yg baik dengan Tuhan, kenapa? Karena kekecewaan itu menimbulkan penolakan dalam hidup saudara.

3. Karena mereka tidak menaruh hormat kepada Tuhan Yesus
Dikatakan "Seorang nabi dihormati dimana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ. Karena mereka tidak menaruh hormat kepadaNYA. Bukankah orang Yahudi berkata "Jika engkau benar Tuhan, turun dari salib itu dan selamatkan dirimu sendiri. Bukankah sebagian berkata "Bukankah dia itu keturuan dari Belzebul. Orang yg tidak lagi menghormati Yesus, sambil berkata "saya memang orangnya begini, apa lagi hubungannya dengan Tuhan." Ada orang yg berkata dengan congkaknya "Saya tidak butuh Tuhan! Siapa itu Yesus, Dia hanya seorang nabi biasa! Ada banyak orang yg dengan congkaknya dan olok-olok sambil berkata kalau dia Tuhan, kenapa dia disalib dan matinya seperti itu? Saudaraku, apapun yg orang katakan, Yesus tetap Tuhan.
Yesus akan datang kembali dan menjadi Hakim diantara kita.

Oleh karena itu, saudara harus buka hati untuk Dia. Dan hari ini, kalau saudara masih bertanya, "Apa yg mesti saya buat?"
Saudara cukup dengan doa dan katakan "Jika engkau Allah yg benar itu, buktikan dalam hidup saya." Dan, waktu anda mulai menaruh hormat kepada Tuhan, maka saudaraku, tidak ada yg mustahil bagiNYA.

Yesus masuk ke kota Naim, di situ ada seorang janda yg menangis karena anakNYA mati. Yesus berkata "Ibu, jangan menangis." Janda itu menaruh hormat kepada Yesus, ibu itu tetap nantikan sesuatu, Yesus bangkitkan anaknya. Alkitab berkata seorang perwira di Kapernaum menjumpai Yesus, Yesus bekata "Aku akan datang ke rumahmu." Tetapi, perwira itu menaruh hormat kepada Yesus. Perwira itu berkata "Tuhan, jangan datang ke rumahKU, cukup katakan saja 1 patah kata, maka hambaku akan sembuh. Yesus berkata"Iman sebesar ini tidak pernah dijumpai di Israel, jadilah yg engkau pecayai." Saudara tahu, apa yg terjadi? Karena ia menaruh hormat kepada Yesus, maka mujizat terjadi.

Doa:
Saudara boleh tundukkan kepala, mungkin ini pertama kalinya saudara mau buka hati dan menerima Yesus, sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Hamba berdoa di dalam Nama Yesus, Biar kita semua menerima kekuatan dan jamahan Tuhan. Bagi mereka yg teikat dengan kebencian, kekecewaan, kepahitan, lepaskan kami semua yg masih hidup secara daging, dan kalaulah kami masih memandang Yesus sebagai nabi biasa yg mendirikan sebuah agama. Tetapi, hari ini kami mau mengakui bahwa Engkau adalah Tuhan, kami akui bahwa bagimu tidak ada perkara yg mustahil, kami akan tetap percaya kepadaMU dan berjalan menurut kehendakMU, terima kasih Bapa, di dalam nama Yesus kami berdoa dan mengucap syukur, haleluya, Amin!

No comments: