Saturday, January 3, 2009

70. Neraka - Matius (10:28)

28Dan janganlah kamu takut kepada mereka yg dapat membunuh tubuh, tetapi yg tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yg berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

Kita akan mempelajari 1 ayat terakir ini yg sangat penting dan sangat ditakuti oleh banyak orang. Persoalannya sering kali tidak pernah diselidiki di dalam alkitab, yaitu:tentang neraka. Apa itu neraka? Neraka berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Gehena. Gehena ini kalau kita pelajari dalam kitab Yeremia, itu berasal dari kata Gehenom. Gehenom adalah sebuah tempat yg berada di Benhinom. Ben itu lembah, berarti lembah Hinom.

Lembah ini terletak di sebelah pinggir, batas selatan kota Yerusalem. Bila kita punya alkitab dan kita lihat halaman-halaman terakhir dari alkitab kita. Kita bisa lihat gambar-gambar peta ada di sana, di situ ada lembah yg terletak di sebelah pinggir selatan dari kota Yerusalem. Lembah ini sebenarnya di pakai sebagai tempat pembuangan sampah. Dan sampah yg sama sekali tidak bisa di recycle (didaur ulang)/tidak bisa dipakai lagi. Sampah-sampah ini benar-benar merupakan sampah yg tidak bisa digunakan lagi, karena masih banyak sampah yg masih bisa di recycle/berguna. Tetapi sampah yg benar2 terbuang, maka akan dibuang di sana, dan setelah beberapa hari dan bila sampai pada titik dari begitu penuhnya sampah, maka sampah tersebut akan dibakar.

Jadi tempat Gehinom tersebut, adalah tempat yg sama sekali tidak terpakai lagi. Waktu alkitab menggambarkan neraka sebagai tempat pembuangan, itu berarti Allah sebenarnya mau pakai saudara. Allah sebenarnya mau punya rencana yg indah bagi setiap orang. Orang yg sungguh2 tidak mau memakai hidupnya untuk kehendak Tuhan, tidak mau lagi mendengar suaraNYA, maka orang tersebut akan dibuang di sana. Itu sebabnya di sini ada beberapa hal mengenai neraka.

Alkitab mencatat 3 hal penting mengenai neraka:

1. Neraka adalah tempat hukuman kekal
Ada banyak orang yg kadang kala menganggap neraka tidak lagi penting. Tetapi, neraka adalah tempat hukuman kekal. Sekali orang masuk ke neraka, maka tidak ada jalan lain. Ada banyak orang yg bahkan mengajarkan, bahwa setelah orang mati, masih bisa didoakan. Itu sebabnya perlu untuk berdoa bagi orang-orang tua yg sudah mati. Tetapi, Kekristenan mengajarkan sekali manusia mati, maka setelah itu akan dihakimi. Berarti, dari sini jelas dilihat. Bahwa hanya dalam masa hidup saja, seorang dapat menentukan, kemana dia akan pergi. Karena Alkitab dengan jelas berkata "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, maka IA mengaruniakan anakNYA yg tunggal, supaya barang siapa yg percaya kepadaNYA tidak binasa, melainkan beroleh hidup yg kekal. Berarti selama di dunia, manusia harus mengambil keputusan untuk mau menjadi murid Yesus, percaya kepada Yesus dan menjadikan Dia Tuhan. Sebab, jika ia menolak Kristus, maka alkitab berkata ia akan masuk dalam hukuman, dan siapapun yg berdoa bagi orang itu, semuanya tidak ada gunanya lagi. Karena, itu adalah tempat hukuman yg kekal.

Bahkan dalam Matius 25:41 dikatakan "Itu adalah tempat api yg kekal". Dalam Markus, dikatakan juga, bahwa itu adalah api yg tak terpadamkan. Dalam Matius 13 dikatakan "Itu adalah tempat ratap dan kertak gigi. Dalam Matius 22 dikatakan itu adalah tempat di mana tangan dan kaki diikat di dalam kegelapan untuk selama-lamanya. Itu sebabnya, di dalam Kasih Kristus, melalui program ini, kita diingatkan bahwa neraka adalah suatu tempat yg sangat serius. Ini bukanlah suatu kotbah gereja yg menakut-nakuti jemaatnya. Tetapi, itu adalah bukti dari kasih Allah, bahwa neraka adalah tempat setan dihukum untuk selama-lamanya. Tetapi, jika manusia mau menjadi pengikut setan, maka manusia akan juga dibuang ke sana untuk selama-lamanya, dan tidak ada pilihan lain. Itu sebabnya, tidak ada istilah mudah-mudahan saya masuk surga, tetapi sorga harus merupakan kepastian, karena mengapa? Karena neraka adalah tempat hukuman kekal.

Ada orang yg bercanda dan berkata "Ah..saya hidup berdosa, dan walaupun saya masuk neraka, mungkin saya akan ketemu Madona, penyanyi-penyanyi top, bintang-bintang film terkenal di neraka. Tetapi, lewat program ini kembali kita diingatkan, bahwa ini adalah hal yg sangat serius sekali. Neraka adalah tempat yg hukuman yg kekal untuk selama-lamanya.

2. Neraka merupakan tempat pembalasan bagi mereka yg menolak injil
Dalam 2Tesalonika 1:5-9 dikatakan Itu adalah tempat pembalasan bagi mereka yg menolak injil, artinya adalah pemisahan dari Tuhan, karena itu adalah tempat pembinasaan semua musuh-musuh Allah. Apa itu artinya neraka Dalam Filipi 3:18-19, dikatakan "18Karena, seperti yg telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yg kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yg hidup sebagai seteru salib Yesus. 19Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Dari sini kembali dijelaskan bahwa neraka adalah tempat pembalasan bagi mereka yg menolak injil. Berarti jangan kita berkata, "Saya bukan pembunuh, saya bukan penjahat, saya bukan perampok, untuk apa saya percaya injil? Untuk apa saya percaya dengan Kristus? Jawabannya, karena neraka adalah tempat pembalasan bagi mereka yg menolak injil. Itu berarti, keputusan keselamatan kita, adalah keputusan untuk menolak Kristus. Karena Yesus dengan jelas sekali berkata kepada Nikodemus, "Bila kamu tidak dilahirkan kembali, kamu tidak akan melihat Kerajaan Sorga. Apa artinya dilahirkan kembali? Dilahirkan kembali, adalah menyadari bahwa manusia lama kita sudah mati, dan Paulus katakan, aku sudah mati, dan bukan aku lagi yg hidup, tetapi Kristus yg hidup di dalam aku.
Berarti, menyadari bahwa karena dosa, manusia telah hilang kemuliaan Allah. Allah mengutus anakNYA yg tunggal, yaitu Kristus Yesus. Supaya apa? Supaya kemuliaan Allah kembali dalam hidup manusia. Supaya barang siapa yg percaya kepadaNYA tidak akan binasa.

3. Allah tidak ingin satupun binasa
Neraka memang merupakan tempat hukuman yg kekal. Neraka merupakan tempat pembalasan bagi mereka yg menolak injil, tetapi di dalam hati Allah, Allah tidak menginginkan satu orangpun masuk ke dalam neraka. Allah tidak rela melihat manusia berjalan menuju neraka. Itu sebabnya Yesus diberikan, tetapi itu sebabnya sampai hari ini tetap terjadi perdebatan, kenapa Allah koq beranak? Yesus koq anak Allah, bagaimana bisa kita mengertinya? Persoalannya adalah bukan bagaimana dimengerti, tetapi persoalannya adalah bagaimana Allah menyatakan diriNYA dalam bentuk manusia. Betapa Allah mengasihi manusia, sehingga IA mengorbankan dirinya sendiri, sehingga darah tercurah untuk apa? Untuk membeli manusia. Alkitab berkata, harganya telah lunas dibayar.

Alkitab berkata kenapa manusia harus dibeli? Karena waktu Adam berbuat dosa, Adam jatuh dan membuat dirinya ada di bawah kutuk dosa, dan ia menjual dirinya sendiri terhadap setan. Allah mengutus Kristus, Allah membuat dirinya sama seperti manusia, dan IA mencurahkan darahnya untuk manusia, sehingga lewat darah yg tercurah manusia bebas, manusia kembali diselamatkan. Lewat program ini, mungkin kita tidak mengenal satu sama lain secara khusus, mungkin tidak tahu dosa apa yg telah diperbuat, tetapi Yesus begitu mengasihi saudara. Mungkin melalui pengajaran ini, ada yg berkata dalam hatinya "Saya sedang berada di antrian panjang menuju neraka, tahukah bahwa Yesus mengasihi saudara. Mungkin ada yg berkata saya bukan pembunuh atau penjahat! Tetapi karena manusia telah jatuh dalam dosa, maka engkau tidak memiliki kepastian. Itulah lewat program ini, ambillah kepastian untuk menerima Yesus sebagai Raja dan Juru Selamat, karena Dialah sumber hidup kita, maka engkau akan diselamatkan.

Doa penutup:
Bapa, engkau lihat semua dari kami, Terima kasih bahwa Engkau telah mati di atas kayu salib untuk kami orang-orang berdosa. Kami mau mengakui kesalahan kami, ampuni untuk semua kesalahan dan untuk semua dosa-dosa kami. Ajar kami untuk mengasihi Engkau dengan sepenuh hati, dan biarlah kami hidup sesuai dengan ajaranMU. Kami mau buka hati dan biarlah Tuhan Yesus yg mengisi hati kami dan kami mau menerima Engkau Yesus sebagai Raja dan Juru selamat. Biarlah Engkau singkapkan KebenaranMU, jamahlah semua dari kami dengan kuasa Roh Kudus, jumpai kami secara pribadi, agar kami semua dapat menerima hidup kekal untuk selama-lamanya di sorga, di dalam nama Yesus kami berdoa.

No comments: