Thursday, January 8, 2009

71. Mengapa kita berharga di mataTuhan (Matius 10:29-33)

29Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. 30Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. 31Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit. 32Setiap orang yg mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yg di sorga. 33Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yg di sorga.

Siapapun saudara, apapun pangkat saudara, apapun kedudukan dan status sosial saudara, berita baik lewat Firman Tuhan hari ini buat saudara. Bahwa saudara berharga di mata Tuhan. Mungkin saudara adalah seorang yg sedang bermasalah hari ini, atau mungkin saudara yg menurut sebagian orang telah begitu jauh jatuh dalam dosa, mungkin menurut sebagian orang saudara adalah orang yg susah/miskin, atau mungkin ada di antara kita yg tinggal di panti asuhan dan tidak ada orang yg mau mengakui saudara/yg begitu dilahirkan, tidak ada yg mau mengakui ayah dan ibu bagi saudara, tapi yg pasti lewat ayat2 di atas kita diberi kepastian bahwa engkau berharga di mata Tuhan!

Mungkin ada yg berpikir, bagaimana saya berharga di mata Tuhan? Jawabannya adalah:
karena alkitab menyatakannya demikian. Mungkin saudara berkata, apa tanda-tandanya/apa ciri-cirinya? Kita lihat pada ayat yg ke-29Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun daripadanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.

Apa tanda-tanda dan mengapa kita berharga di mata Tuhan?

1. Karena kehendak Bapa itu mutlak
Apa kehendak Bapa? Kehendak Bapa untuk mengakui engkau dan saya sebagai anakNYA. Dan alkitab berkata burung pipit dijual dua ekor seduit ini, adalah burung pipit yg bagi sebagian orang ini terbuang/tidak masuk hitungan, burung pipit yg dianggap rendah oleh sebagian orang ini, tetapi Bapa dengan kehendak mutlakNYA berkata "Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Berarti sekali lagi, kehendak Bapa itu mutlak.

Allah tidak terpengaruh dengan kekurangan saudara. Allah tidak terpengaruh dengan orang yg katakan tentang saudara, Allah tidak terpengaruh dengan berbagai kondisi fisik yg lemah yg ada pada saudara, Allah tidak terpengaruh dengan apa latar belakang hidup saudara yg gelap sekalipun. Jadi kehendak Bapa adalah mutlak dan kehendak Bapa adalah untuk mengakui bahwa engkau adalah anak yg dikasihiNYA. Saudara yg dikasihi dalam Tuhan, kehendak Bapa itu mutlak. Kehendak Allah Bapa tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Bukankah ada banyak orang tua yg mudah tersinggung, karena dipengaruhi oleh seseorang. Bukankah banyak suami istri yg bercerai, kenapa? Karena banyak dipengaruhi seseorang, teman-teman suaminya yg berbicara buruk tentang istrinya, teman-teman istrinya yg selalu memanas-manasi keadaan tentang suaminya.

Tidak sedikit yg akhirnya mulai curiga tentang suaminya, kenapa? Karena kehendak manusia mudah sekali dipengaruhi, keputusan manusia mudah sekali dipengaruhi, tetapi sekali lagi kita diingatkan bahwa engkau berharga dan kehendak Bapa itu mutlak, dan kehendak Bapa itu adalah untuk mengangkat engkau, dan engkau berharga di matanya. Setan boleh berkata"tetapi kamu telah jatuh dalam dosa! Setan boleh berkata, tetapi masa lalumu gelap dan kamu punya banyak kelemahan! Dan alkitab berkata bahwa setan adalah pendakwa yg akan mendakwa kita siang dan malam di hadapan Bapa. Tetapi Haleluya kehendak Bapa itu mutlak. Yesus datang ke dunia, membeli manusia dengan harga yg mahal dan oleh darahNYA sendiri. Yesus mengangkat manusia dari kebinasaan menuju keselamatan, karena engkau berharga di mata Tuhan.

2. Tuhan peduli dengan hal-hal kecil sekalipun dalam hidup saudara
Ayat ke30dikatakan "Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Dari ayat ini, kita diingatkan bahwa kita berharga di mata Allah Bapa. Kalau kita berbicara mengenai batu bata, 1 batu bata mungkin tidak berharga. Tetapi, bila kita berbicara mengenai berlian, kita tahu, kita tidak lagi menghitung perkilo gram mengenai berlian. Tidak ada yg menjual berlian perkilogram, tidak ada orang yg menjual per satu, dua, tiga, sepuluh berlian. Tetapi orang menjualnya perkarat. Kenapa? Sekecil apapun itu berharga, kenapa? Karena itu berlian. Tetapi sekarang alkitab berkata "Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya."

Itu berarti bahwa Allah tidak hanya menghargai kita dari ujung kepala sampai kaki secara komplit, lengkap, mutlak dan sempurna. Tetapi, bahkan rambut kepala kita sekalipun terhitung semuanya. Berarti sampai hal-hal yg terkecil sekalipun dalam hidup kita, Allah peduli. Bukankah itu tanda bahwa Allah menganggap kita berharga, bukankah itu tanda bahwa Tuhan sungguh mengasihi engkau. Allah peduli saat engkau menangis, Allah peduli waktu engkau bergumul dengan pasangan hidupmu. Dia peduli waktu engkau disakiti oleh seseorang. Dia peduli waktu engkau sedang bergumul dengan hal-hal yg bagi sebagian orang itu kecil/tidak masuk hitungan. Tetapi, bagi Allah itu berarti, kenapa?
Karena engkau begitu berharga. Saudara sekalian, bisakah kita bayangkan bahwa rambut kepala kita terhitung semuanya, terjemahan lain berkata dan tidak akan jatuh ke tanah tanpa seijin Bapa. Coba kita sisir rambut ketika pagi, kita tidak akan hitung berapa rambut yg copot/rambut yg rontok pada hari itu. Tetapi, Bapa tahu persis berapa banyak rambut yg jatuh dari kepala.

Dan jika Bapa tahu persis berapa banyak rambut kita yg rontok, masakan Bapa tidak tahu anakMU yg sedang sakit, masakan Bapa tidak tahu bahwa engkau sedang difitnah oleh orang, masakan Bapa tidak tahu bahwa engkau sedang melalui derita akhir-akhir ini, bahwa engkau sedang melalui cemooh hari-hari ini. Dia adalah Allah yg peduli untuk hal-hal yg kecil. Mungkin kita hanya berani datang kepada Allah dengan hal-hal yg besar, mungkin pada saat kita sakit kanker, kita datang kepada Tuhan. Kalau sakit-sakit kecil, kita cuman bilang, ah..itu kan cuma perkara kecil. Hari ini kita diingatkan bahwa tidak ada yg terlalu kecil bagi Allah. Tidak ada hal yg terlalu kecil, sampai Allah tidak perduli, dan tidak ada hal yg terlalu besar bagi Allah pula sampai IA tidak sanggup. Apapun perkaranya, Yesus sanggup selesaikan segalanya bagi saudara.

3. Yesus ingin mengakui kita sebagai anakNYA
Ayat 32 dikatakan "Setiap orang yg mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yg di sorga." Di sini kita bisa simpulkan bahwa Yesus bangga dengan saudara. Apa buktinya bahwa Allah bangga dengan anak-anaknya?
Saat Setan menjumpai Allah dan Allah menatap setan. Kalimat Allah:"Setan, adakah engkau memperhatikan hambaKU Ayub, sebab tidak ada seorangpun yg sesaleh, takut akan Tuhan dan hidup menjauhi kejahatan seperti dia. Bagi kita, itu bukanlah suatu kalimat proklamasi Allah kepada setan dan Ayub. Tetapi, itu adalah kalimat kebanggaan Allah, kalimat Allah yg mengakui Ayub sebagai anakNYA, sebagai orang yg setia kepadaNYA. Sama seperti seorang bapa yg bercerita kepada temannya tentang anak-anaknya dan berkata"Anak saya yg nomer 1 ini pintar sekali dan dia juara sekola, tetapi anak saya yg ke dua ini, dia adalah jago basket dan selalu dipakai untuk tim di sekolahnya. Anak saya yg ke-3 ini pandai sekali berenang, baru-baru ini dia dapat piala.

Seperti Ayah yg sedang bercerita mengenai kelebihan-kelebihan anakNYA. Begitupun Yesus yg begitu bangga dengan saudara, kenapa? Karena engkau telah diselamatkannya, karena engkau setia melayaniNYA, karena engkau mau tinggalkan dosa dan engkau mau berjalan dalam kebenaran, dan mau menghadapi segala macam masalah, tantangan dan apapun juga. Itu sebabnya, engkau berharga. Itu sebabnya, terlalu bodoh bila kita tinggalkan Yesus, terlalu bodoh jika karena hanya pangkat dan kedudukan engkau akhirnya menyangkal Dia. Melalui program ini secara khusus, mungkin ada di antara kita yg pernah menyangkal Yesus, ataupun hidup saudara yg begitu jauh dari Tuhan, kita percaya bahwa Yesus tidak akan tinggalkan kita. Meskipun kita pernah mengalami pengalaman pahit, bahkan orang tua kita pernah tinggalkan kita, mungkin ada di antara kita yg suaminya pergi dan meninggalkan saudara, mungkin istri saudara sudah meninggalkan saudara, mungkin karena pengalaman-pengalaman buruk yg sudah saudara lalui dan tidak ada satu orangpun yg mau dekat dengan saudara, tetapi kita kembali diingatkan bahwa Yesus bangga dengan saudara. Sekalipun engkau berlumur dosa sekalipun. Tuhan sedang menatapmu dan berkata "Anakku, Aku tidak akan meninggalkan engkau, karena kehendak Bapa itu mutlak, Dia peduli dengan hal-hal kecil, Dia menatap saudara dan berkata"Serahkan kekuatiranmu kepadaKU, maka Aku akan memeliharamu.

Bila kita merasa terbuang, bila kita merasa kesepian, dan tidak ada orang yg peduli dengan saudara. Biarlah saat ini kita mau tundukkan kepala dan berdoa: "Bapa kehendakMU mutlak, banyak mungkin di antara kita yg dengan kelemahan dan kekurangannya, tekanan dalam hidup dan dosanya, biarlah kita berdoa di dalam nama Yesus, jamah kita satu persatu Tuhan, angkat kami dan kami percaya bahwa Engkau peduli dengan kami semua bahkan dengan hal kecil sekalipun dalam hidup kami, karena kami adalah anakMU. Itulah sebabnya kami berdoa bahwa mungkin ada di antara kami yg sudah begitu jauh dari Tuhan, mungkin sudah menyangkal Yesus, mungkin mundur dari Kristus, tetapi melalui program ini di dalam nama Yesus, kami percaya kami dapat kembali ke dalam tangan Kristus, dan kami percaya bahwa Engkau tetap mencintai kami, terima kasih Bapa, dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, haleluya, amin!

No comments: