Sunday, September 9, 2007

Berharga di mata Tuhan

Sering kita ngerasa kita kecil saat kehidupan kita engga berjalan mulus. Aku pribadi ngerasa kayanya bener2 engga berharga, waktu aku dimarahin boss saat kerja, dimaki2 sama temen sekerja yg lebih senior, biar itu cuma masalah kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, aku berusaha untuk melihat segala sesuatu dari sisi baik, maklum dulunya aku ini negative thinker/orang yg sering kali pesimis. Masalah seputar kerjaan yg aku alami mungking engga ada artinya dibanding dengan orang2 yg punya masalah lebih besar dari aku.

Kadang aku kagum dengan kesabaran dari orang2 sekitar, sempet beberapa bulan lalu aku nyaksiin pasangan yg punya anak tumbuh cacat, tumbuh engga sempurna, alias cebol selamanya, tapi ke 2 orang tuanya begitu sayang & engga peduli dengan cacat bawaan. Ada lagi salah 1 anggota gereja kami yg anak perempuannya beranjak remaja, tapi terkena down sindrome/terbelakang.
Saat aku ngetik ini renungan ini, aku ngetik sambil nonton Australian Idol, tinggal 12 orang yg tersisa dari ribuan anak muda yg mencoba keberuntungan mereka, persaingan begitu ketat.
Dan aku lihat para juri begitu menghargai & kagum dengan kemampuan & ketrampilan mereka nyanyi, joget.

Di dunia ini banyak orang yg melihat / menghargai seseorang dari penampilan, kesuksesan yg telah dicapai, tapi aku kagum dengan apa yg Yesus perbuat kalo kita baca di markus 5:1-20, di sana ada orang yg udah dianggap tersisih dari masyarakat, udah kaya orang gila, orang ini kemasukan roh jahat & tinggal di daerah perkuburan, engga ada orang yg sanggup menjamahnya lagi, saking kuatnya dia rantai & belenggupun mampu ia putuskan.
Saat Tuhan Yesus jamah, & IA pindahkan roh jahat ke 2000 ekor babi, & semua babi2 nyemplung ke danau & mati lemes. Masyarakat di sana engga suka dengan kejadian tsb & mengusir Yesus pergi.

Kalo dilihat dari perhitungan akuntansi untung rugi, anggap 1 babi berharga $A100 saat ini, di X 2000, berarti pemilik babi rugi A$200,000. Tapi, betapa Tuhan Yesus menghargai 1 jiwa terhilang yg udah dianggap sampah masyarkat dibandingkan 2000 babi gemuk & sehat. Apapun masalah2&kekurangan2 yg kita hadapi saat ini, janji Tuhan yang "Iya" & "pasti". Kita berharga di mata Tuhan...."Oleh karena engkau berharga di mataKU & mulia dan Aku ini mengasihi engkau"...Yesaya 43:4

No comments: