Monday, June 28, 2010

148. Tanda-tanda Mesias palsu - Matius 24:15-28

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kedatangan Yesus akan dimulai dengan banyaknya penyesatan. Kedatangan Yesus akan banyak didahului dengan kepalsuan. Kenapa? Karena setan tahu bahwa kedatangan Yesus adalah akhir dari segala karyanya. Setan tahu bahwa kedatangan Yesus adalah kehancuran bagi dia. Karena setan tahu dengan kedatangan Yesus, berarti Yesus akan membelenggu iblis dan melemparkannya ke dalam jurang maut, tempat dimana setan seharusnya berada.

Apa yg setan buat? Setan akan berusaha sebanyak mungkin menarik manusia, yang sebetulnya dipersiapkan/dirancangkan Tuhan untuk menerima dan mengalami Sorga. Karena Yesus sendiri berkata bahwa,"Aku menyediakan tempat bagimu." Yesus tegaskan bahwa di rumah Bapaku banyak tempat tinggal. Tetapi, di dalam bahasa Inggrisnya dikatakan,"Mansion, yg berarti rumah mewah dan megah." Yesus sudah persiapkan semuanya buat kita. Karena manusia dipersiapkan untuk menuju dan hidup di Sorga dan hidup di dalam kemenangan."

Tetapi apa yg setan buat? Setan sedang menyiapkan untuk merampas sebanyak-banyaknya orang. Supaya apa? Supaya manusia bisa masuk bersama-sama dengan setan di dalam penghukuman. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, apa yg setan buat? Kalau setan datang dengan kondisinya merampas orang agar mereka dapat masuk ke neraka, maka saya percaya bahwa tidak ada satu orangpun yg ingin mengikuti setan. Oleh karena itulah setan buat dan coba datang dengan kepalsuan. Setan datang dengan berbagai selubung, dan semuanya itu sepertinya menyenangkan. Misalnya: adanya aliran musik yg jelas-jelas sekali dirasuki oleh kuasa setan/kegelapan. Dan banyak anak-anak muda yg tidak menyadarinya.

Sehingga ketika mereka masuk ke dalam musik-musik seperti itu. Ia akhirnya terseret ke dalam sex bebas, obat-obatan terlarang. Karena, setan membungkus kuasaNYA dengan permainan musik yg kelihatannya menyenangkan buat sebagian orang muda. Setan bisa bermain dengan sedemikian rupa dengan membungkusnya secara rapi, tetapi sebenarnya ada unsur sex/ perselingkuhan yg begitu tinggi. Atau melalui pengobatan-pengobatan alternatif. Yang katanya bisa memulihkan dan menyembuhkan keluarga. Tetapi sebetulnya itu adalah iblis yg menjerat, yg memakai bulu domba, tetapi sebenarnya adalah serigala yg menakutkan.

Jadi, setan datang ke dunia dengan berbagai kepalsuan dengan tujuan untuk menipu. Oleh karena itu kita lihat di dalam Matius 24 tentang tanda-tanda Mesias palsu:

15"Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel-para pembaca hendaklah memperhatikannya-16maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 17Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, 18dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. 19Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 20Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 21Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 22Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan, waktu itu akan dipersingkat. 23Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu:Lihat, Mesias ada di sini, atau mesias ada di sana, jangan kamu percaya. 24Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. 25Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. 26Jadi, apabila orang berkata kepadamu:Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 27Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia. 28Dimana ada bangkai, di situ burung Nazar berkerumun."


Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Alkitab menggambarkan Mesias palsu ini sebagai: Dimana ada bangkai, di situ burung Nazar berkerumun. Nah, burung Nazar adalah burung yg memakan daging. Tetapi, burung ini tidak suka makan daging yg segar, burung ini suka makan daging yg telah hancur. Karena, buat dia jauh lebih mudah untuk memakannya. Sehingga, tanpa burung itu sadari bahwa apa yg telah ia makan itu sebenarnya adalah bangkai. Nah, ini yg saya bilang bahwa orang Kristen yg tidak siap untuk menerima ajaran yg keras, dan orang-orang percaya yg engga siap dibentuk, tidak siap menghadapi tantangan, cepat tersinggung, kecewa, putus asa, dan lemah imannya.

Maka ia akan menjadi pemangsa bangkai-bangkai. Sehingga ia akan menjadi orang percaya yg gampang dibodoh-bodohi dan ditipu oleh mesias-mesias palsu. Apa itu tanda-tanda mesias palsu:

1. Orang-orang yg mempermainkan kekudusan
Kita lihat pada ayat yg ke-15"Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus. Jadi, saudara bisa bayangkankan, pembinasa keji, tetapi ia berdiri di tempat kudus. Saudara bisa bayangkan mengenai tipuan yg sedang dijalankannya. Pembinasa keji bukannya berdiri di tempat kekacauan, atau tempat perzinahan, tetapi ia berdiri di tempat yang kudus. Mereka adalah orang-orang yg kelihatannya berbicara mengenai kebenaran, tetapi ia menganggap bahwa kekudusan adalah bukan suatu bagian yg perlu.

Inilah yg sebenarnya sedang melanda gereja hari-hari ini. Ada orang yg begitu aktif di gereja, terlibat dengan koor, jadi guru sekolah minggu. Tetapi, apa yg terjadi? Dia lakukan perzinahan, dia lakukan hubungan sex sebelum menikah, dia tidak menganggap kekudusan sebagai hal yg penting, blue film sudah menjadi tontonan yg biasa, begitu pula dengan website-website cabul! Ini yg saya bilang bahaya! Karena, seperti ini adalah orang-orang percaya yg sebenarnya sedang dipalsukan kehidupannya. Orang boleh berapi-api dan pintar dalam berbicara. Tetapi bila ia tidak menganggap kekudusan sebagai bagian yg penting di dalam kehidupannya, maka itu hanyalah jelmaan dari pada mesias palsu.

2. Menyatakan tanda-tanda mujijat, tetapi adanya kepalsuan di dalamnya
Kita lihat pada ayat yg ke-23Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu:Lihat, Mesias ada di sini, atau mesias ada di sana, jangan kamu percaya. 24Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Orang pada hari-hari ini begitu tergila-gila dengan mujijat. Itulah sebabnya, paranormal/dukun-dukun pada hari-hari ini laku sekali.

Karena apa? Karena begitu banyak orang yg melihat bahwa secara akal begitu banyak persoalan yg tidak dapat terselesaikan, orang mulai lari ke luar/pada hal-hal yg tidak normal. Orang percaya kepada dukun-dukun, dan penyembahan-penyembahan berhala. Karena, itu adalah cara yg mudah untuk menyelesaikan masalah. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, inilah yg sebenarnya mesias-mesias palsu, permainan dari nabi-nabi palsu. Mereka menyamar sebagai malaikat terang, supaya manusia dapat terus hidup di dalam dosa dan kenajisan, dan agar mereka juga dapat memperoleh mujijat.

Tetapi kita percaya bahwa mujijat yg benar adalah mujijat yg terjadi di dalam Nama Yesus. Mujijat yg benar, adalah mujijat yg terjadi karena adanya motivasi yg benar. Mujijat yg benar adalah mujijat yg terjadi, karena iman yg penuh terhadap Allah yg hidup, yaitu Yesus Kristus sang Juru Selamat kita.

3. Mesias palsu akan menarik banyak perhatian orang
Pada ayat yg ke-26Jadi, apabila orang berkata kepadamu:Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 27Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

Mesias palsu akan menarik banyak perhatian orang, tetapi bukan untuk memandang kepada Kristus, tetapi hanya untuk kepentingan dirinya. Ingat! Mesias tidak akan tinggal di bumi. Kristus yg datang kembali, tidak akan tinggal di bumi, tetapi akan memunculkan kemuliaanNYA di awan. Dan pada saat itu, saudara dan orang-orang percaya akan diangkat bersama-sama dengan Dia. Jadi, kalau orang-orang mulai menarik saudara untuk mengagumi manusia, maka saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, berarti kita gagal akan iman yg penuh. Iman yg penuh adalah: iman yg mengakui bahwa Kristus adalah sumber dari segala-galanya. Haleluya!

Doa:
Bapa, dalam Nama Yesus, kami tidak mau hidup di dalam kepalsuan. Tetapi kami mau hidup di dalam kesucian, dan Kuasa Tuhan. Kami mau memuliakan NamaMU. Tuhan jamah kami semua, sehingga mujijat dan Kuasa Allah menjadi senantiasa bagian dari hidup kami. Dan kami mau mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yg kekal, di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

3 comments:

Primadi said...
This comment has been removed by the author.
Primadi said...

Pada Matius 24:34 Yesus menjelaskan bahwa semua tanda2 itu akan terjadi sebelum orang-orang yang hidup pada saat itu mati semua. Katakanlah usia maksimum manusia saat itu 200 tahun, mestinya ramalan tersebut terjadi pada kurun waktu tersebut. Siapa mesias palsu yang dimaksud oleh Yesus ?

indonesia said...

apakah kamu bangsa israel??
15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
jadi.... kalo bukan israel... kenapa nyembah yesus???
Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."

... Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."

Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari .........umat Israel."
...
Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."

Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
Mengapa Yesus menggunakan kata “anjing” dalam kasus tersebut? Karena memang orang-orang Yahudi menganggap orang-orang Kanaan rendah dan menyebut orang-orang Kanaan dengan sebutan “anjing”. Dan Yesus SENGAJA mengangkat topik ini.
kalian anjing...apa manusia......???dengan jelas...yesus menyebut kalian yang bukan israel..ANJING....masihkah kalian menyembah yesus??