Monday, June 28, 2010

147. Tanda-tanda Yesus datang - Matius 24:3-14

Kedatangan Yesus adalah sesuatu yg diminati oleh banyak orang. Seluruh dunia akan menyaksikan, dan ini adalah titik balik dari Kekristenan kita. Dan saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kita bisa saja melihat hari-hari ini orang-orang Kristen ditekan, gereja dibakar, orang Kristen coba disingkirkan, orang percaya coba dianiaya. Orang yg mengikuti Kristus coba dikucilkan dari masyarakat.Bisa saja semuanya itu terjadi. Tetapi, tahukah saudara? Jika Yesus datang kembali, alkitab tekankan buat kita, bahwa setiap lidah akan mengaku, setiap lutut akan bertelut. Berarti ketika dia datang kembali, tidak ada cerita bahwa orang percaya akan disingkirkan. Tetapi, kita percaya bahwa justru bahwa ketika Yesus datang kembali, setiap lutut harus bertelut, dan setiap lidah pasti mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.Itulah sebabnya, peristiwa kedatangan Yesus adalah persoalan yg menggairahkan buat gereja Tuhan.

3Ketika Yesus duduk di atas bukit Zaitun, datanglah murid-muridNYA kepadaNYA untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka kepadaNYA,”Katakan kepada kami, kapankah semuanya itu akan terjadi? Dan apakah tanda kedatanganMU dan tanda kesudahan dunia? Jawab Yesus kepada mereka, waspadalah, supaya jangan ada orang yg menyesatkan kamu. Karena banyak orang akan datang dan memakai namaKU dan menyebut mereka adalah Mesias. Mereka akan menyesatkan banyak orang. Kamu akan mendengar kabar tentang perang dan deru perang. Berawas-awaslah dan jangan kamu gelisah. Semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya, sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan Kerajaan melawan Kerajaan. Akan datang kelaparan dan gempa bumi yang terjadi di berbagai tempat. Akan tetapi, semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang jaman baru. Dan pada waktu itulah kamu akan diserahkan, dan disiksa dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci oleh semua bangsa oleh karena NamaKU. Dan banyak orang akan murtad. Dan banyak orang akan saling menyerahkan dan saling membenci. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih dari kebanyakan orang akan menjadi dingin. Tetapi, orang yg bertahan sampai kesudahannya akan selamat. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh dunia dan menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Dan sesudah itu, barulah tiba kesudahannya.

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kedatangan Yesus yg ke-2 bukanlah suatu misteri atau sesuatu yg tidak dapat disingkapkan. Karena, jauh sebelum Yesus kembali, Yesus sudah menjelaskan segala sesuatunya tentang apa yg terjadi. Memang, kita harus mengerti tentang perbedaan antara Yesus datang bagi orang benar dan Yesus datang bagi orang berdosa. Karena, Yesus datang bagi orang berdosa, Dia dikatakan di dalam Alkitab digambarkan sebagai pencuri yg datang pada waktu malam, pada saat yg tidak terduga.

Di saat kamu berpikir aman-aman, di situ tiba kesudahannya. Tetapi, sebaliknya bagi orang yg percaya, Alkitab berkata, “Yesus datang sebagai mempelai Pria yg menjemput mempelai wanita.” Berarti, di satu pihak/sisi bagi orang dunia. Kedatangan Yesus adalah sesuatu yg sangat menakutkan.Kedatangan Yesus adalah merupakan sesuatu yg mengerikan. Tetapi bagi orang percaya, kedatangan Yesus adalah merupakan peristiwa yg sangat....sangat menyukakan hati. Nah, saudaraku yg Kekasih dalam Tuhan, apa sebetulnya tanda-tanda kedatangan Yesus ini:

1. Akan ada penyesatan.

Ayat yg ke-4 dikatakan di sini waspadalah, supaya jangan ada orang yg menyesatkan kamu. Karena banyak orang akan datang dan memakai namaKU dan menyebut mereka adalah Mesias. Kemudian ayat yg ke-11 dikatakan Nabi-nabi palsu akan banyak muncul dan menyesatkan banyak orang. Saudara lihat, akan ada banyak ajaran-ajaran sesat. Saudara lihat hari ini, dalam dunia kesehatan, orang mulai mempelajari yoga, dimana-mana orang mulai mempelajari Yoga, ilmu tenaga dalam dan semua bentuk gerak-gerak tubuh yg katanya kita harus mengosongkan pikiran kita. Sementara tubuh kita bait Roh Allah/Rumah Tuhan. Berarti, waktu kita mengosongkan tubuh kita, kita usir Roh Allah keluar dari diri kita. Dengan alasan, ini kan untuk kesehatan. Dan, begitu banyaknya penyesatan terjadi, baik di dalam gereja maupun di luar gereja, sehingga orang mulai berkata,”Kita harus pegang Alkitab dengan sungguh-sungguh, tetapi hidup dalam dosa itu biasa, dan normal, karena kita masih manusia biasa yg terdiri dari daging dan darah. Kita bisa bebas melakukan kegiatan seksual. Tetapi, yg penting kita melakukan Firman Tuhan, kebebasan seksual menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Ini yg saya bilang, bahwa akan adanya penyesatan. Berarti, yg harus kita jaga adalah kemurnian dari iman kita. Yesus berkata,”Jika Aku datang kembali, masihkah dijumpai iman di bumi ini.”

2. Akan adanya penderitaan yg luar biasa dan tekanan-demi tekanan

Dikatakan pada ayat yg ke-6 Kamu akan mendengar kabar tentang perang dan deru perang. Berawas-awaslah dan jangan biarkan hatimu gelisah. Semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya, sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan Kerajaan melawan Kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi yang terjadi di berbagai tempat. Akan tetapi, semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang jaman baru.

Penderitaan yg luar biasa dan tekanan demi tekanan terjadi khususnya bagi orang percaya. Orang percaya akan ditekan dari teman kantornya, orang percaya akan disingkirkan dari pekerjaannya. Orang percaya akan dicoba ditekan. Orang percaya akan dibuat menjadi begitu frustasi, sehingga ia akan dibuat/rela menukar imannya. Tetapi, hari ini saya akan coba ingatkan bahwa Alkitab sudah menegaskan bahwa penderitaan itu memang ada. Alkitab juga menegaskan pada ayat yg ke-13, tetapi orang yg bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat, haleluya!

3. Akan adanya gelombang murtad

Dan pada waktu itulah kamu akan diserahkan, dan sebagian akan disiksa dan kamu akan dibunuh dan dibenci oleh semua bangsa oleh karena NamaKU. Dan banyak orang akan murtad. Dan banyak orang akan saling menyerahkan dan saling membenci. Nabi-nabi palsu akan banyak muncul dan menyesatkan banyak orang.

Gelombang murtad secara besar-besaran akan terjadi, baik dari dalam maupun dari luar gereja. Karena, banyak orang engga tahan dengan tawaran-tawaran dan bujukan-bujukan dunia, orang banyak yg menikah dengan orang yg tidak seiman dan menukar imannya. Orang, karena pangkat dan kedudukan, akhirnya tukar imannya. Orang, karena engga tahan di dalam karirnya, ia mulai tukar imannya. Tetapi, hari ini saya mau beritahu, Yesus tetap satu-satunya Jalan Keselamatan. Persoalannya semua agama sama, tetapi persoalannya Keselamatan hanya ada di dalam Nama Yesus Kristus Tuhan.

4. Akan ada banyak terjadi penghianatan

Ayat yg ke-12 dikatakan Karena makin bertambah banyaknya kedurhakaan, kasih dari kebanyakan orang akan menjadi dingin. Akan ada banyak terjadi penghianatan, suami berhianat kepada istrinya, istri berhianat kepada suaminya, seorang rekan berhianat kepada rekannya yg lain. Penghianatan akan banyak terjadi di mana-mana, kasih mulai menjadi dingin. Orang yg tadinya terlibat dengan pelayanan di mana-mana, sekarang saling memfitnah, saling menjatuhkan , kenapa kita bingung, koq jd begini? Karena , kasih menurut Alkitab mulai menjadi dingin.

5. Injil Kerajaan Kristus akan tersebar

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh dunia dan menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Dan sesudah itu, barulah tiba kesudahannya. Injil Kerajaan Kristus akan tersebar. Itulah sebabnya saudara lihat pada hari-hari ini, melalui televise, melalui internet yg tersebar, injil terus disebar, di satu sisi setan coba terus menahan perkabaran injil lewat tekanan dan penyiksaan. Tapi, Tuhan terus membuka pintu-pintu baru, karena injil tidak bisa ditahan oleh apapun dan siapapun. Injil akan tersebar, karena injil adalah barometer keselamatan kita.

Jadi,

1. Akan adanya penyesatanàJaga kemurnian iman kita ;

2. Akan adanya penderitaanàtetap bertahan dalam iman saudara

3. Akan adanya gelombang murtadà jangan goyah

4. Akan adanya penghianatanàBiarlah kasih yg tetap memenuhi hidup kita,

5. Injil Kerajaan Kristus akan tersebaràBiarlah kita mengabarkan injil dimanapun kita berada, karena keselamatan akan datang bagi setiap mereka yg mau membuka dirinya bagi injil.

Doa:

Bapa, di dalam Nama Yesus, hamba berdoa untuk setiap kami. Semua dari kami karena beban, karena setiap masalah bahkan karena sakit penyakit ataupun tidak ada kepastian mengenai keselamatannya, hamba berdoa melalui program ini, di dalam Nama Yesus, Tuhan jamah, Tuhan kerjakan mujijat bagi mereka, agar mereka mau melihat terang yang sesungguhnya dari Kristus, terima Kasih Bapa, di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa, Haleluya, Amin!

No comments: