Thursday, February 25, 2010

130. Pelajaran di balik pohon Ara dikutuk Tuhan -Matius 21:18-22)

18Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar. 19Dekat jalan Ia melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu. 20 Melihat kejadian itu tercenganglah murid-murid-Nya, lalu berkata:"Bagaimana mungkin pohon ara itu sekonyong-konyong menjadi kering?"21Yesus menjawab mereka:"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini:Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut!Hal itu akan terjadi. 22Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Pelajaran apa sebagai orang percaya yg kita terima di balik pohon ara yg dikutuk oleh Yesus ini:

1. Orang percaya tidak perlu takut untuk apapun
Yesus sedang ada dalam kebutuhan. Dikatakannya di sini pada ayat yg ke-18Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Yesus ingin mendapatkan makanan dari pohon ara. Tetapi, apa yg terjadi? Pohon ara tidak memberikan sesuatu kepadaNYA. Yesus tidak kecil hati, menangis, kecewa maupun putus asa. Karena, Yesus tahu ada kuasa yg diberikan kepadaNYA. Maka pohon ara itu dikutuk Yesus? Mengapa? Karena, orang percaya tidak perlu takut untuk apapun.

Seringkali, saat kita melihat hambatan, kita menjadi kecil hati, menangis. Saat melihat tantangan, kita selalu mengeluh. Lalu berpikir, yah...karena saya hanya sekelompok minoritas, yah...karena saya hanya seorang yg tidak punya kuasa. Yah...saya orang miskin, ..yah..saya seringkali ditekan, ya....saya engga bisa bayar pengacara, yah....saya engga bisa membayar orang yg mau menolong saya. Jadi Saya ditekan dan akhirnya, apa yg terjadi? Kita mulai mengeluh, kita mulai kecewa, kita mulai menangis, kita mulai merasa diri tak mampu, kita merasa diri tak berharga. Tetapi, melalui pelajaran ini, kita bisa melihat sesuatu yg menarik, bahwa orang percaya tidak perlu takut untuk apapun.

Apapaun yg coba menghambat orang percaya, Allah sendirilah yg akan membela kita. Itu sebabnya, Alkitab jelas berkata kepada kita,"Jika Allah di pihak kita, tidak ada yg dapat melawan kita." Jadi, hari ini apapun yg saudara alami, tetapi yg saya mau ingatkan pada saudara, bahwa sebagai orang percaya, kita engga ada alasan untuk takut. Mungkin kondisi ekonomi saudara buruk, keadaan rumah tangga di ambang kehancuran, dan keadaan kesehatan memburuk. Tetapi, Allah kita adalah Allah yg tidak pernah membiarkan kita tetap terpuruk. Allah kita adalah Allah yg selalu membuka jalan dan mengerjakan mujijat tepat pada waktunya.

Berarti, sebagai orang percaya, akan tiba pada waktunya dan tidak perlu takut untuk apapun. Kadang kala kita menghadapi situasi yg mencekam dan berbeda seperti yg kita harapkan, dan kita engga mampu dan engga sanggup lagi dan engga punya kekuatan lagi untuk menghadapinya. Tetapi, hari ini saya mau ingatkan kepada saudara, bahwa tidak kebetulan saudara mengikuti program ini. Dan Allah mengijinkan saudara mengikuti program ini dan kembali diingatkan bahwa kita sebagai orang percaya tidak perlu takut untuk apapun.

Kenapa kita tidak perlu takut untuk apapun:
1. Karena apapun yg terjadi, Tuhan sediakan kebaikan buat kita
2. Tuhan biarkan sesuatu terjadi untuk melatih dan mendewasakan kita dan membawa kita agar lebih maju dalam pengiringan kita kepada Kristus

2. Orang percaya disediakan segala-galanya oleh Tuhan
Pada ayat ke-21Yesus menjawab mereka:"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini:Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut!hal itu akan terjadi. Jadi, di sini kita lihat bahwa jangankan pohon ara, jangankan hanya soal gunung, apapun yg sebenarnya saudara imani, itu akan terjadi.

Jadi, Tuhan sedang berbicara bahwa orang percaya akan disediakan segala-galanya, kamu bisa pindahkan pohon ara, kamu bisa pindahkan gunung. Berarti kita juga bisa pindahkan berkat, berarti kita juga bisa pindahkan mujijat, kesembuhan dan perkara-perkara besar dalam kehidupan saudara. Bila kita bisa bilang gunung pindah, berarti kesembuhan juga bisa datang. Kita bisa tolak segala malapetaka. Kita bisa tolak dalam Nama Yesus,"setan yg mau ganggu suami saya, setan yg mau menyeretnya dengan wanita lain, di dalam Nama Yesus, engkau patahkan!"

Orang percaya disediakan segala-galanya oleh Tuhan. Tetapi pertanyaannya adalah:"Adakah kita imani?" Jadi, bila kita tahu bahwa orang percaya disediakan segala-galanya oleh Tuhan, berarti kita perlu sabar. Perlu berkata, bahwa Tuhan sediakan segala-galanya bagi saya meskipun ssampai sekarang saya belum lihat, saya tetap perlu untuk bersyukur, karena Tuhan sedang menguji kesabaran saya, dan seseorang yg mempercayai Tuhan, tidak akan pernah gagal dalam hidupnya.

Selain sabar, juga harus tetap setia. Kenapa? Karena, segalanya yg telah disediakan oleh Tuhan, berarti saya engga boleh mundur, berarti saya engga boleh mengecewakan Tuhan, berarti saya engga boleh main-main, berarti saya engga boleh setengah-setengah. Kita harus tetap setia, karena segala-galanya telah disediakan oleh Tuhan.

Dan bila kita tahu bahwa segala-galanya disediakan oleh Tuhan, berarti kita harus tetap semangat dan tidak menjadi lemah. Janganlah kita bersungut-sungut, kecewa dan memberontak serta lari dari Tuhan. Tuhan adalah segala-galanya bagi saya, saya tetap akan melayani Tuhan dan mendahulukanNYA selalu dalam hidup saya, saya akan tetap baca alkitab, tetap berdoa dan bersaksi. Karena dengan melakukan hal ini, maka hidup kita akan tetap bersemangat. Karena, kita tahu bahwa janji Tuhan akan digenapinya dalam hidup kita.

3. Orang percaya diberi kuasa yg sangat menentukan
Dikatakan pada ayat yg ke-22Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." Perhatikan kata apa saja, berarti apapun yg saudara butuhkan, apapun yg saudara minta, Tuhan akan mengabulkannya.

Dan kuasa yg kita perlukan dalam hidup kita adalah:
1. Iman
Bila engkau minta tanpa iman, maka engkau tidak akan meraihnya.

2. Doa
Dengan lain kata, engkau bisa saja berpikir,"kalau suami saya bertobat, bagus kali yah. Kalau saja anak saya dapat pasangan orang beriman, bahagia rasanya. Ah..kalau saja anak saya dapat berhenti dari narkoba, bagus yah. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, bukan hanya angan-angan kita, bukan hanya andai-andai kita. Karena, doa adalah kuasa yg Allah percayakan kepada kita.

3. Kesucian
Jadi, bila kita memiliki ke-3 hal di atas, maka apa saja yg kita doakan, kita akan menerima apa saja yg kita inginkan sesuai dengan kehendakNYA, karena Roh Kudus yg akan menolong hidup saudara.

Doa:
Bapa, di dalam Nama Yesus, setiap kami yg sakit, yg berbeban berat, yg karena persoalan hidup. Melalui program ini kami berdoa, di dalam Nama Yesus, kami tolak setiap sakit penyakit, kami patahkan setiap kegelapan dan ikatan dosa. Di dalam Nama Yesus, biarlah mujijat Tuhan terjadi, dan hamba percaya, kemenanangan diraih dan setiap kami akan menerima kemuliaan Tuhan, karena kami hidup dalam iman, penuh dengan doa dan berjalan dalam kesucian. Di dalam Nama Yesus, kami berdoa, amin!

No comments: