Thursday, July 2, 2009

97. Mengapa mujizat penting (Matius 14:13-21)

13Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yg sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. 14Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yg besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yg sakit. 15Menjelang malam, murid-muridNya datang kepadaNya dan berkata:"Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa. 16Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."17Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 17Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 18Yesus berkata:"Bawalah ke mari kepada-Ku."19Lalu disuruhNya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-muridNya, lalu murid-muridNya membagi-bagikannya kepada orang banyak. 20Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. 21Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kalau saudara perhatikan secara khusus mujizat-mujizat yg Yesus buat. Tidak semua mujizat tercatat oleh ke empat injil. Kadang kala mujizat hanya di catat oleh Matius dan Markus, sementara Lukas dan Yohanes tidak mencatatnya. Sebagai contoh ketika Yesus membuat mujizat di Kana, hanya Yohanes yg mencatatnya, tetapi kitab injil lain tidak mencatatnya. Dengan lain kata bagi Yohanes pasti mujizat ini sangat penting sekali. Sementara bagi Matius, Markus dan Lukas, ada mujizat-mujizat lain yg lebih penting, yang olehNya mendapat prioritas bagi catatan mereka. Namun dari kitab Matius sampai Yohanes, kisah memberi makan kepada lima ribu orang dicatat oleh ke empat injil. Berarti, mujizat ini adalah mujizat yg besar dan luar biasa, dan bukan mujizat kecil dan merupakan mujizat yg betul betul menarik perhatian dari para penulis injil, sehingga ke empat-empatnya mencatat tentang peristiwa mujizat ini.

Mungkin saudara bertanya, mengapa mujizat ini menjadi sangat penting? Karena saya pelajari, ada 4 hal menarik yg akan kita pelajari kenapa ke 4 penulis sampai mencatatnya:

1. Karena mujizat ini menuju kepada Yesus yg berbelas kasihan kepada mereka yg berkebutuhan, namun tetap mencari Dia.
Saudaraku, Dunia ini adalah dunia yg keras. Jika seseorang membutuhkan orang lain. Maka, apa yg terjadi? Orang itu akan buat apa saja demi memenuhi kebutuhannya. Tetapi sebaliknya, dunia ini begitu keras. Sehingga jika ada orang yg berkebutuhan, ada seseorang yg berkecukupan, maka apa yg terjadi? Tindakan kesewenang-wenangan sudah menjadi hal yg biasa. Sehingga, tidak sedikit kita dengar kabar bahwa penguasa mulai menindas yg lemah. Tidak sedikit kita dengar kabar bahwa orang yg kuat mulai menindas orang yg lemah, karena menganggap bahwa saya dibutuhkan, sehingga dapat menyepelekan orang yg membutuhkan sesuatu pada saya.

Tetapi dengar baik, Yesus membongkar cara hidup dunia. Justru ketika mendengar bahwa murid-murid sedang berkebutuhan dan mendekati Dia. Yesus tidak jual mahal, Yesus tidak meninggalkan mereka dan memisahkan diri sambil berkata "Kamu kan yg membutuhkan Aku, berarti kamu yg harus mencari Aku. Saudaraku, Yesus mengajarkan sesuatu yg luar biasa. Justru pada saat ada seseorang yg berkebutuhan, Yesus malahan mendekat kepada mereka. Ini adalah suatu pelajaran yg luar biasa bagi kita untuk belajar, bahwa bila ada seseorang yg berkebutuhan, menantikan sesuatu dari kita, inilah saatnya tangan kita terulur dengan suka cita.

Jika saudara sebagai seorang yg duduk sebagai pejabatkah, atau di dalam posisi yg dapat menolong seseorang? Pergunakanlah kapasitas saudara untuk mempermudah orang lain. Waktu ada orang yg berkebutuhan mencari saudara, bukan saatnya bagi saudara untuk mempersulit situasi dan menutup pintu. Tetapi, saatnya bagi saudara untuk bersyukur dan berkata "Terima kasih Tuhan, aku dapat menjadi berkat dan memberi pertolongan." Suatu ketika saat Yesus sedang lelah, "Anak-anak kecil datang, mereka sedang butuh untuk dikasihi, dan berbelas kasihan. Tetapi, murid-murid Yesus menolak, dan berpikir "Apa artinya anak-anak kecil ini?" Mereka hanya orang-orang yg berkebutuhan, yg tidak bisa memberikan apa-apa, dan tidak dapat diberikan bagi pelayanan kita. Tetapi Yesus berkata"Biarkan anak-anak kecil itu datang kepadaKU." Itu berarti bila kita berkebutuhan, carilah Dia. Yesus tidak melarikan diri, tapi Yesus membuka tangan dan berkata "Mari, hai engkau yg letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan bagimu, haleluya!"

2. Karena mujizat ini menuju kepada Yesus yang harus kita percayai dalam segala kebutuhan kita.
Biasanya, kita hanya mempercayai Yesus hanya dalam perkara-perkara yg besar/dahsyat dan luar bias, biasanya kita percaya Yesus hanya untuk peristiwa tentang sorga, untuk peristiwa tentang masa depan hidup kita. Tetapi sering kali, kita tidak mempercayai hidup kita kepada Yesus untuk sesuatu yg sederhana. Kalau kita baca lagi ayat yg ke 15 dikatakan"15Menjelang malam, murid-muridNya datang kepadaNya dan berkata:"Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.16Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan. Di sini kita bisa lihat murid-muridnya memandang dari segi makanan, soal kecil bagi mereka, kenapa kita mesti menyusahkan guru. Tetapi sebaliknya, ingat saat kejadian badai mengamuk dan perahu mereka hampir tenggelam, Yesus dibangunkan oleh Petrus sambil berkata"Guru, engkau tidak pedulikah kalau kita binasa. Karena, bagi Petrus angin badai adalah sesuatu yg sangat dahsyat.

Tetapi kebutuhan akan roti yg merupakan hal yg sangat sederhana menurut murid-muridnya. Saya mau beritahu, kenapa mujizat ini menjadi begitu penting, Karena mujizat ini menuju kepada Yesus yang harus kita percayai yg dapat memenuhi segala kebutuhan kita. Allah kita bukanlah Allah yg terlalu besar, sehingga tidak tertarik dalam memenuhi setiap kebutuhan kita. Allah mau mengerti dan peduli mengenai anak-anak muda dan pasangan hidupnya. Bagi para istri, Tuhan mengerti tentang komunikasi dengan suami. Perceraian bukan merupakan suatu hal yg langsung terjadi. Perceraian terjadi karena adanya krisis komunikasi yg sudah tidak dapat terselesaikan lagi.

Tetapi, kita bukan datang kepada Kristus sebelum masalahnya menjadi sukar, tetapi seringkali datang kepada Kristus saat masalahnya begitu rumit dan sudah tidak ada jalan lagi, sambil berkata"Tuhan, kenapa masalah ini terjadi?" Tetapi sekali lagi, Tuhan juga tertarik untuk mengurusi masalah kita yg kita anggap kecil di dalam kehidupan kita sehari-hari. Tuhan tertarik untuk mengurusi masalah rumah tangga saudara, Tuhan tertarik untuk memberikan hati yg lembut, sehingga proses komunikasi antara suami dan istri berjalan baik, sehingga seorang ibu dapat mengerti, bagaimana ia harus berbuat baik dan mengerti apa yg harus dikatakan kepada anaknya. Sehingga hatinya boleh dijamah oleh Tuhan dan kehidupan rumah tangganya begitu bahagia di dalam Tuhan. Waktu kita panggil nama Tuhan, Yesus adalah sahabat yg sangat mengerti dengan segala pergumulan kita.

3. Karena mujizat ini adalah mujizat yg menuju kepada Yesus yg merupakan roti hidup, sehingga siapa yg datang kepadaNYA tidak akan mengalami lapar lagi
Kenapa manusia lari dengan obat-obatan terlarang, kenapa manusia mengalami seks bebas, dengan minum mabuk, dengan judi dan semuanya. Karena, mereka semua rohnya dan jiwanya lapar, dan mengalami kekosongan yg tidak dapat diisi oleh apapun, kecuali oleh Firman Allah. Tetapi, Yesus bukan hanya sekedar menjamin sorga buat kita, tetapi IA adalah roti buat kita. Yesus datang bukan hanya memberikan hidup kita berkelimpahan, tetapi memberikan damai sejahtera dalam hidup kita. Yesus juga datang untuk membebaskan roh kita dari segala ikatan, sehingga kita dapat berkata"Bahwa Roh yg ada di dalamku lebih besar dari roh yg ada di dunia ini, haleluya!"

4. Milik yg dipersembahkan kepada Yesus, akan menjadi berlimpah
Tuhan tidak pernah berhutang kepada anak-anakNYA. Jika saudara serahkan waktu saudara untuk melayani Tuhan, jika saudara menyerahkan waktu saudara untuk hidup dalam Tuhan. Atau jika saudara tinggalkan kebiasaan buruk saudara, karena saudara ingin hidup sesuai dengan Firman. Allah tidak akan pernah berhutang, Yesus akan ganti berlipat ganda. Waktu Petrus meminjamkan perahunya kepada Yesus, perahu Petrus penuh dengan ikan. Dan, sekarang hanya dengan 5 roti dan 2 ikan, tetapi dibawa ke tangan Yesus, dan kita melihat itu semua diberkatinya dengan begitu berlimpah.
Mungkin saudara merasa hidup saudara tidak begitu berarti, mungkin saudara merasa hidup saudara kosong dan waktu-waktu saudara terbuang begitu banyak, tetapi dalam Kasih Kristus, lewat program ini saya mau beritahu, bila saudara mau serahkan hidup saudara untuk Tuhan, Tuhan akan memberkati hidup saudara, hidupmu akan sangat berarti, hidupmu akan jadi alat untuk menjangkau jiwa bagi Kerajaan Allah.

Doa:
Jika engkau berbeban berat, engkau sakit, engkau merasa bahwa hidupmu tidak berarti, maka lewat program ini saya mau berdoa untuk saudara sekalian, dalam Nama Yesus, Engkau lihat setiap beban, Engkau lihat setiap masalah dan tekanan, kekecewaan dan kekosongan hati, sehingga kita dapat mencari kepastian dalam hidup ini. Hamba berdoa, dalam Nama Yesus, nyatakanlah mujizat dan kuasamu, sehingga lewat program ini, semua dari kita bisa memperoleh penghiburan dan menerima mujizat. Karena, orang yg berharap pada Tuhan, tidak akan pernah dipermalukannya. Dalam Nama Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur, haleluya, Amin!

No comments: