Sunday, November 23, 2008

Yesus bagi setiap orang (Matius 9:35-38)

35Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan semua desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan injil kerajaan sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 36Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yg tidak bergembala. 37Maka kata-NYA kepada murid-muridNYA:" Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. 38Karena itu mintalah kepada tuan yg empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

Ayat-ayat bacaan di atas menarik, karena menyingkapkan banyak rahasia Kekristenan di dalamnya:

1.Pada ayat yg ke 35, Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan ke semua desa, sepertinya ayat ini kedengarannya sederhana, bahwa Yesus berkeliling ke setiap kota dan desa. Tapi, dari sini kita bisa ambil pelajaran bahwa Yesus adalah Tuhan atas kota dan desa.
Yesus peduli dan datang ke kota, tapi Yesus juga peduli dan datang ke setiap desa. Jadi, Yesus adalah Tuhan atas orang kaya yg ada di kota, dan juga Tuhan atas orang miskin yg ada di desa. Yesus juga Tuhan yg peduli dengan orang berkelebihan yg ada di kota. Tapi, Yesus juga Tuhan yg peduli dengan orang yg sedang berkekurangan yg ada di desa. Itu sebabnya, tanggung jawab Kekristenan, merupakan tanggung jawab yg melepaskan diri dari perbedaan status sosial.

Persoalannya seringkali kekristenan tidak dapat bergerak maju, karena kekristenan masih terkungkung dengan keadaan dan masih terikat dengan status dan perbedaan sosial. Hanya karena orang ini tidak seperti apa yg kita alami, kita langusng berkata "oh..orang ini dikutuk Tuhan/orang ini tidak diberkati oleh Tuhan." Yesus adalah Tuhan atas kota dan Tuhan atas desa. Bila, ada di antara kita yg tinggal jauh, di desa/tempat yg kurang baik/tempat kumuh. Yesus tetap peduli dan cinta dengan saudara sama persis dan mencintai orang-orang yg tinggal di kota metropolitan. Apakah ada di antara kita yg tinggal di daerah terpencil? Berita ini disampaikan oleh Yesus, ada bersama saudara dan ada di tempat saudara. Yesus siap untuk memberkati, memberikan kekuatan, bahkan menyembuhkan penyakit saudara dan Yesus ada untuk juga menjamin, bahwa engkau tidak akan jatuh, tanpa tanganNya menopang saudara.

Bila engkau di kota metropolitan yg besar sekalipun, biarlah kita tidak perlu bangga dan sombong. Yesus tetap adalah Tuhan yg berkuasa lewat hidup saudara. Tapi, bila Engkau lari dari Dia, maka hidupmu akan tertekan dan menderita. Yesus mengasihi engkau yg sedang meneteskan air mata di tengah kekuranganmu. Yesus adalah Allah yg sedang memperhatikan engkau, ketika engkau ada dengan segala kelebihanmu, biarlah kita tidak sombong dengan segala kelebihan itu. Itu sebabnya janganlah kita lupa diri dan lupa dengan keluarga dan akhirnya lupa dengan segala sesuatu yg terjadi dengan hidup saudara, sehingga saudara lupa diri, hidup bebas dan tidak hidup dengan tunduk atas kehendak Tuhan. Tapi, Tuhan Yesus adalah Tuhan atas mereka yg berlebihan dan juga Yesus adalah Tuhan atas mereka yg berkekurangan.

Biarlah kita bangga punya Allah dan Tuhan seperti Dia. Meski mungkin kita tidak punya baju bagus untuk pergi ke gereja, atau tidak memiliki sepatu bagus. Tetapi hatimu cukup bagus bagi Tuhan untuk mendengar doamu, hatimu cukup bagus bagi Tuhan untuk engkau datangi Dia setiap hari. Karena, Dia adalah Tuhan yg menantikan engkau yg akan memberkati hidup engkau, haleluya. Tuhan Yesus adalah Tuhan atas kota dan desa. Orang Kristen berdasarkan pengajaran ini, tidak boleh memandang orang dari perbedaan status sosial, tapi jadilah orang percaya yg mengasihi setiap orang, karena itulah yg Tuhan Yesus ajarkan.

2. Hal yg ke-2, bila kita lihat dari ayat 36 Pada saat melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan terhadap mereka, karena mereka lelah dan terlantar, seperti domba yg tidak memiliki gembala. Hal yg kita pelajari di sini adalah: bahwa hidup tanpa Kristus akan membawa pada kelelahan, dan akhirnya akan menuju pada keadaan di mana kita akan terlantar. Karena itu sekali lagi, bahwa hidup tanpa Kristus akan membawa hidup yg berkelelahan, akhirnya membawa kita pada satu tujuan dari hidup kita yg terlantar. Karena dari sini kita lihat, mungkin di situ ada orang-orang pandai, di situ mungkin ada banyak orang yg cukup dipandang, tetapi tanpa mereka mengenal Kristus, hidup mereka lelah.

Sama dengan keadaan hari-hari ini, dimana banyak orang kaya, yg hidupnya lelah. Dan karena hidupnya lelah, itu sebabnya mereka lari ke night club, ia lari dengan ecstasi & obat-obatan. Tidak sedikit dari mereka menjadi aneh dan mereka terlibat dengan kehidupan sex bebas, homo seksual, lesbian. Tidak sedikit dari mereka yg menjadi kaya, tetapi akhirnya melakukan tindakan-tindakan yg aneh dan tidak benar. Mereka mencari cara-cara yg tidak sehat. Jawabannya sederhana, karena mereka hidupnya lelah. Mereka hidup pada kebebasan seksual, hidup yg lelah dan tidak memiliki kepastian. Inilah yg namanya hidupmu terlantar.
Lewat pengajaran ini, kita diingatkan kembali, bahwa tanpa Kristus, kita tidak memiliki kepastian. . Tetapi bersama Kristus, kita memiliki pertolongan yg pasti. Tapi, tanpa Kristus akan membawa kita pada tujuan yg tidak pasti, hidup yg berkelelahan. Inilah yg terjadi di sini pada saat Yesus melihat orang banyak, sehingga tergeraklah hati Yesus.

Bila ada di antara kita yg akhir-akhir ini hidup dengan penuh kebosanan, dan kejenuhan. Yesus adalah Tuhan yg peduli dengan saudara. Yesus siap untuk memberkati saudara. Yesus berkata "Hai, kamu yg letih lesu dan berbeban berat, aku akan memberi kelegaan bagiMU.
Tapi, ayat yg ke-38 berkata "Karena itu, mintalah kepada tuan yg empunya tuain, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Keselamatan bukan jasa kita, pengenalan kita akan Kristus bukanlah jasa kita, karena Dialah yg empunya tuaian. Intinya adalah sederhana, Jika saja kita mau terima panggilan Dia, jika saja kita mau berkata "Tuhan, aku lelah dan aku membutuhkan jamahanMU. Maka saudaraku, tidak ada sesuatupun yg dapat kita banggakan. Daud berkata"Mereka boleh berbangga dan bermegah dengan kereta dan kudanya, Tapi aku bermegah pada Tuhan yg memberikan kelegaan dan penghiburan bagiku.

Biarlah kita berdoa, bahwa apapun keadaan kita, baik kita berkekurangan maupun berkelebihan. Ataupun mungkin tidak memiliki kepastian dan jaminan apakah saya telah diselamatkan atau tidak? Tapi, bila kita mau buka hati untuk Yesus, Tuhan akan membuka jalan dan memberi kepastian bagi kita. Biarlah kita tetap mau diajar oleh Firman Tuhan dan tetap bersandar pada Tuhan dan kita mau mengakui bahwa Tuhanlah yg empunya tuaian dan satu-satunya yg dapat menyelamatkan hidup kita. Karena kita hanya dapat menerima kekuatan dan penghiburan hanya dari kasih Yesus saja. Yesus adalah tetap Tuhan bagi si kaya dan si miskin. Yesus-lah yg empunya Tuain dan segala-galanya bagi kita.

No comments: