Sunday, April 27, 2008

Yesus & Hukum Taurat (Mat 5:17-20)

17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
Di dalam perikop ini kita membaca bahwa Yesus dituduh meniadakan hukum taurat. Apakah yg dimaksudkan dengan hukum taurat? Mula-mula yg dimaksudkan dengan hukum taurat adalah hukum yg terdapat dalam 5 kitab pertama yg terdapat dalam perjanjian lama (PL), yaitu:Kitab kejadian, keluaran, Imamat, bilangan dan ulangan. Kemudian dimasukkan kitab-kitab lain seperti kitab mazmur (Yoh 10:34). Bahkan seluruh kitab-kitab dalam PL sering dianggap sebagai bagian dari Taurat. Mula-mula taurat hanya berisi Firman, pengajaran dan janji-janji Allah dimana semuanya ini disampaikan oleh Allah kepada Musa. Kemudian hal yg sama juga disampaikan secara lisan oleh Musa kepada Israel (Kel 4:12; Ul 1:5; 31:9, dll). Pengajaran ini kemudian diteruskan kepada para imam dan nabi-nabi (Kel 18:16, 20; Mal 2:6).

Salah satu tugas imam sejak Musa ialah menafsirkan dan menyelidiki taurat dengan maksud untuk mendapatkan peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan khusus untuk setiap keadaan dan semua kasus yg mungkin mereka hadapi. Dari sinilah muncul para ahli taurat yg bertugas untuk meneliti dan menafsirkan prinsip-prinsip dasar dari hukum taurat dan kemudian merumuskan berbagai peraturan dan ketentuan yg dianggap sebagai ketentuan hukum taurat. Di samping ahli taurat juga lahir kelompok orang Farisi sebagai orang-orang yg dengan ketat mentaati berbagai ketentuan, peraturan dan tafsiran para rabi terhadap taurat. Hal inilah yg tidak bisa diterima oleh Tuhan Yesus. Yesus tidak menerima penafsiran hukum Taurat menurut pengajaran dan adat istiadat nenek moyang yg telah menyimpang dari maksud Firman Tuhan yg sesungguhnya.

Contoh:
1. Ul 24:1 Mengijinkan perceraian diantara orang Israel, Tetapi hal ini dianggap tidak sah oleh Yesus karena ini bukanlah maksud semula dari Firman Tuhan. Menurut Yesus, Musa mengijinkan perceraian karena kekerasan hati Israel yg tidak mau tunduk terhadap hukum Allah yg ketujuh, yaitu "Jangan berzinah" (Mat 19:8)
2. Tentang Sabat. Bagi para ahli taurat dan orang-orang Farisi; Hari sabat adalah hari dimana orang-orang tidak boleh bekerja. Mereka mendefinisikan apa yg dimaksudkan dengan "bekerja". Kemudian melarang Israel untuk tidak boleh melakukan apapun yg termasuk dalam kategori "bekerja" ini. Tetapi Tuhan Yesus justru mengajarkan bahwa hari sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk sabat (Markus 2:27). Hari sabat diadakan untuk memberi istirahat dan kelegaan bagi manusia.

Lewat 2 contoh di atas kita dapat melihat bahwa ada perbedaan yg menyolok antara Tuhan Yesus dengan para ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Bagi para ahli taurat dan orang Farisi yg penting adalah menjalankan berbagai peraturan dan ketentuan dari hukum taurat menurut adat-istiadat dan penafsiran nenek moyang mereka. Tetapi bagi Tuhan Yesus, pertama-tama cara yg benar untuk mengerti hukum taurat adalah dengan memenuhi apa yg menjadi prinsip dasar dan tujuan dari hukum tersebut.

Kedua, ketaatan terhadap hukum taurat dimulai dari hati. Kalau hati kita setuju, selaras dan sesuai dengan hukum taurat maka kita bisa taat dengan sepenuh hati. Kalau tidak kita akan terjebak ke dalam berbagai kebiasaan yg membuta dan tidak membuahkan apa-apa. Jadi di dalam Mat 5:17; Tuhan Yesus ingin mengatakan bahwa ia sebenarnya tidak meniadakan Firman, ajaran dan janji-janji Tuhan dalam Taurat. Tetapi Ia menggenapi dan merealisir apa-apa yg menjadi isi, arti dan tujuan dari hukum Taurat yg selama itu telah diselewengkan menjadi berbagai peraturan menurut tradisi dan tafsiran nenek moyang mereka.
Renungan:
Sudahkah kita mengerti tentang arti, prinsip dasar dan tujuan dari Firman yg kita baca sehari-hari atau kita hanya mengertinya sebagai kebiasaan dan peraturan-peraturan yg membebani kehidupan kita?

18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
Iota adalah huruf yg terkecil dalam abjad Yunani, merupakan terjemahan dari yod, huruf terkecil dalam bahasa Ibrani. Sedangkan titik adalah tanda yg terkecil dalam abjad Yunani. Arti dari ayat ini ialah seluruh Firman Tuhan bahkan yg terkecil sekalipun tidak akan dibatalkan atau dihapuskan.

19 Karena itu siapa yg meniadakan salah satu perintah Hukum Taurat sekalipun yg paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yg paling rendah di dalam kerajaan sorga; tetapi siapa yg melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yg tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
Ayat ini adalah suatu permainan bunyi yg berbentuk paralelisme supaya kedengarannya enak waktu dibaca. Tempat yg rendah atau tinggi bukan berarti secara hurufiah tetapi kiasan. Tempat yg rendah berarti tidak dapat tempat sekalipun. Sedangkan tempat yg tinggi berarti mendapat tempat di sorga yg mulia.

20. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Tuhan Yesus mengajarkan murid-muridnya untuk mempunyai standar hidup yg lebih dibandingkan dengan orang Farisi maupun ahli Taurat. Yaitu dengan mengejar kesalehan, kebenaran dan ketekunan yg dimulai dari dalam hati. Mengapa Yesus mengatakan demikian ? Karena motif dan tujuan hidup orang Farisi dan ahli Taurat adalah untuk memenuhi ketentuan dan tuntutan hukum Taurat. Kalau mereka memiliki motivasi dan tujuan hidup seperti itu bagaimana dengan standar dari kehidupan orang Kristen? Apakah yg menjadi motivasi dan tujuan hidup orang Kristen. Kita yg mengaku percaya kepada Kristus yg menjadi penggenapan hukum taurat, apakah Yesus yg menjadi motivasi dan tujuan kehidupan kita selama ini? Jadi orang Kristen harus benar-benar, harus menunjukkan dirinya selaku orang percaya. Hendaklah kita selalu mengerjakan keselamatan kita dengan takut dan gentar (Flp 2:12)

No comments: