Monday, December 10, 2007

Orang2 Majus dari timur (Matius 2:1-12)

Waktu kecil kayanya kita udah kenyang tiap taun pas natalan denger cerita Tuhan Yesus yg didatengin sama 3 orang Majus. Ayat 11 disebutkan mereka bisa memberi 3 harta bendanya:
1. Emas
Emas merupakan simbol dari raja, Mereka tahu bahwa Yesus adalah Raja dari segala Raja.
2. Kemenyan
Biasa dipakai di tempat2 sembahyang, lambang untuk berdoa & pernyataan untuk berhubungan / berelasi dengan Tuhan, mereka tahu bahwa Tuhan Yesus datang agar umat manusia bisa kembali berelasi, menjalin hubungan kembali dengan Allah Bapa seperti jaman Adam & Hawa. Karena Tuhan Yesus merupakan satu-satunya perantara antara manusia dengan Allah Bapa.
3. Balsem/mur
Biasa dipake untuk mengolesi mayat, Mereka tahu Tuhan Yesus akan mati, sebagai penebus dosa umat manusia. Bahkan salah 1 muridNYA, Yudas Iskariot yg telah berjalan bersama2 selama 3 tahun masih tidak tahu bhw Tuhan Yesus bakal mati di kayu salib.

Kita belajar dari kitab Matius ini, dimana orang2 Majus adalah orang2 yang pintar, bijaksana, tapi mereka masih mencari Tuhan Yesus .
Mereka sadar akan ketidakmampuan mereka, mereka sadar bahwa mereka butuh juru selamat dalam hidup mereka, dan mereka rela berkorban meninggalkan tempat tinggal mereka demi mencari mesias.
Mereka yg melakukan kehendak Allah akan merasakan suka cita, (ayat 10), mereka juga memperoleh perlindungan dan tuntunan Allah (ayat12, dikatakan "Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain").

No comments: