Sunday, February 26, 2012

201. Orang yg dikuasai kegelapan - Markus 5:1-7

Banyak orang yg selalu beranggapan bahwa orang yg dirasuki setan adalah orang yg rambutnya acak-acakan, gila, dan selalu berteriak-teriak,"saya ingin bunuh kamu!" Tetapi tahukah saudara bahwa "orang yg duduk diam", dia bisa dikuasai oleh kegelapan. Misalnya: Orang yg sudah punya istri, anak-anak, tetapi ia masih tertarik dengan wanita lain. Apakah orang seperti ini orang biasa? Jawaban saya sederhana, orang seperti ini adalah orang yg dikuasai kegelapan.

Kadang kala, orang biasa pergi ke gereja, tetapi ia tetap lakukan hubungan sex sebelum nikah, tertarik dengan blue film. Apakah orang seperti ini orang biasa? Jawaban saya sederhana, orang seperti ini adalah orang yg dikuasai kegelapan. Kita percaya bahwa mengikut Yesus bukan berarti kita memiliki sebuah agama dan belajar tentang ajaran-ajaran yg baik. Tetapi, mengikut Yesus berarti memiliki kuasa untuk melepaskan diri dari setiap ikatan kegelapan, sehingga kita bebas.

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, melalui program ini saya mau beritahu bahwa Yesus bukan hanya sekedar pembawa agama, tetapi Yesus membawa kelepasan dari suatu ikatan. Karena itu injil Yohanes berkata,"Jika Anak itu memerdekakan, kamu benar-benar merdeka!" Kita lihat di Markus 5:

1Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 2Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari perkuburan menemui Dia. 3Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 4karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk untuk menjinakkannya. 5Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 6Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia dan mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 7dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"

Saudara bisa lihat dari kejadian di atas bahwa setan bisa menguasai seseorang. Di sisi lain, Yesus punya Kuasa yg lebih besar, sehingga setan tidak pernah tahan dalam hadirat Tuhan. Ciri-ciri orang yg sedang dikuasai kegelapan:

1. Dia senang dan tertarik dengan dunia orang mati
Kita lihat di ayat yg ke-1Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 2Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari perkuburan menemui Dia. 3Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai,...

Ada orang yg senang belajar dan terus tertarik dengan dunia orang mati. Orang yg senang berdoa di kuburan. Tahukah saudara bahwa ini adalah tanda bahwa Roh Jahat itu sedang membelenggu hidup kita, Roh jahat sedang menguasai dan mengikat hidup kita.
Sehingga, apa yg terjadi? Kita adalah orang yg hidup dan sebagai orang yg hidup, kita tidak ada hubungannya dengan orang mati. Tetapi, banyak orang yg saat dia menghadapi masalah, ia berusaha memanggil opanya yg sudah mati, dan berdoa,"Engkong...tolong saya, saat ini saya sedang menderita." Padahal opa/engkongnya sudah lama mati.

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, orang yg sedang dikuasai kegelapan, selalu memandangnya kepada kematian dan dunia orang mati. Seringkali bermimpi dengan orang-orang yg sudah mati. Saudara bila dalam mimpi anda bertemu dengan orang-orang yg sudah mati, saudara harus berani berkata,"dalam Nama Yesus, setan keluar!" Karena, orang mati yg menjumpai saudara, itu bukan orang yg sebenarnya, tetapi itu adalah Roh Jahat yg menyerupai mereka. Janganlah anda tertipu, karena gelap dan terang tidak dapat bersatu!

Alkitab berkata bahwa antara yang hidup dan mati terpisahkan oleh jurang yg tidak dapat terseberangi. Jadi sekali lagi, orang yg dikuasai kegelapan tertarik dengan dunia orang mati, senang berada di kuburan, coba-coba untuk cari kekuatan di sana.

2. Orang tersebut tidak dapat dikendalikan
Kita lihat pada ayat yg ke-3Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 4karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk untuk menjinakkannya. Seringkali kita jumpai orang yg tidak mau ditegur/diatur, dan orang itu kadang bingung dengan dirinya sendiri, kenapa saya begini?

Nah, saudaraku yg kekasih di saat seperti itu, hanya Yesus yg dapat tolong saudara. Mungkin saudara punya anak yg sudah tidak dapat ditegur lagi. Saudara maki diapun sudah tidak ada gunanya lagi. Memukuli diapun, itupun hanya menghancurkan tubuhnya. Jiwanya sedang sangat tertutup, dan rohnya sedang sangat terbelenggu. Perintahkanlah di dalam Nama Yesus dengan doa saudara, panggil Nama Yesus, minta Yesus lepaskan belenggu yg ada di dalam RohNYA. Dan ingat, doa orang benar besar kuasanya.

Alkitab bilang bahwa peperangan kita bukan melawan darah dan daging, tetapi melalui Roh-roh jahat yg ada di udara. Ada seorang yg berkata kepada saya,"pendeta, suami saya sepertinya sudah tidak bisa dikendalikan lagi!" Saudara berdoalah, minta Kuasa Tuhan menjamah hidupnya. Karena, bila saudara memaki dia, itu hanya akan mempercepat proses perceraian. Saudara berdoa, agar Roh jahat dihancurkan dalam hidupnya, agar suami saudara dapat kembali kepada kasih Tuhan.

3. Jiwanya tidak tenang
Ayat yg ke-5Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. Kita lihat ciri yg ke-3, biasanya orang tersebut tidak dapat tinggal diam, dan musik-musik rock biasanya menjadi pelampiasan dari orang-orang yg dikuasai kegelapan, sehingga mereka bisa berteriak sekenceng-kencengnya. Mereka sering kali memaki orang seenaknya, menyakiti orang lain dengan kata-kata yg kasar.

Mereka senang menyiksa dirinya sendiri dengan obat-obatan terlarang, senangnya kebut-kebutan dan berjalan dekat sekali dengan kematian. Karena iblis itu datang untuk mencuri, membunuh dan kemudian membinasakan.

4. Tidak mau berjalan dalam otoritas Allah
Ayat yang ke-6Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia dan mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 7dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!"
Orang ini bisa saja tahu hal-hal yg sifatnya rohani, tetapi tidak mau berjalan dalam otoritas Allah, tidak mau dipimpin, tidak mau diatur, tidak mau dikendalikan sesuai dengan Firman Tuhan, pedahal dia tahu hal-hal rohani.

Jangan saudara pikir bahwa orang yg dikuasai kegelapan, ia tidak pergi ke gereja. Ia bisa saja rajin ke gereja, baca Alkitab. Tetapi Alkitab tidak mengendalikan hidupnya. Ia hanya mencari ayat-ayat yg menyenangkan, ayat-ayat yg dia sukai untuk dia pakai menyerang orang lain. Itu sebabnya, ketika orang itu datang, hanya 1 yg dia takuti, yaitu Yesus sendiri. Itu sebabnya, kalau anda tidak bisa ngomong lagi dengan suami/istri saudara, maupun anak saudara. Saya mau ingatkan bahwa sekuat apapun setan yg berusaha membelenggu hidup seseorang, tetap ia harus tunduk pada kuasa Yesus.

Karena itu pergunakanlah Nama Yesus, doa dengan iman, dan jangan menyerah! Janganlah anda berkata,"saya tidak tahu lagi apa yg harus saya perbuat dengan anak saya/istri/suami saya, keadaan sekeliling saya?" Tetapi, sebagai hamba Allah saya mau ingatkan bahwa Yesus punya kuasa yg cukup untuk menaklukan setiap kuasa kegelapan ini. Mungkin saat ini saudara sedang dikuasai kegelapan, hidup saudara tidak tenang, dan saudara tidak kebetulan mengikuti program ini. Tuhan sedang ingin menjamah saudara. Yesus mau memulihkan hidup saudara dan buat sesuatu yg ajaib dalam hidup saudara. Saya percaya bahwa hari ini adalah hari kemenangan saudara.

Doa:
Di dalam Nama Yesus, hamba berdoa bagi kami yg saat ini mungkin merasa sedang dikuasai kegelapan. Di dalam Nama Yesus kami patahkan setiap belenggu yg menghalangi hidup kami, biar Tuhan jamah dan pemulihan terjadi, haleluya, amin!

No comments: