Sunday, March 27, 2011

181. Kesembuhan - Markus 1:29-34

Saya percaya bahwa kesembuhan adalah kerinduan setiap orang. Saya percaya bahwa setiap orang yg sakit mengharapkan kesembuhan. Saya percaya bahwa kesembuhan tidak selamanya harus kesembuhan fisik. Ada juga rumah tangga-rumah tangga yang sakit, ada juga yg ekonominya sakit, ada pula yg masa mudanya sakit. Tetapi, apapun persoalannya, kesembuhan adalah harapan setiap orang. Kita tahu bahwa kesembuhan adalah harapan dari setiap kita. Kita sering dengar ayat bahwa,"oleh bilur-bilur Yesus kita disembuhkan."Kita pernah dengar bahwa Yehova Rafa adalah Allah yg menyembuhkan. Kita tahu semua itu.

Tetapi persoalannya seringkali mengenai kesembuhan, adalah bagaimana kita merebut / meraih kesembuhan dari Tuhan yg sebenarnya sudah disediakan bagi kita, kita lihat di Markus 1:29Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. 30Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. 31Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka. 32Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. 33Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. 34Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, di sini kita lihat bahwa Ibu mertua Simon tidak datang ke rumah ibadat, karena ia terbaring sakit/sakit demam. Kita lihat di ayat yg ke-32 Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. 33Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. 34Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, dari sini kita lihat bahwa Yesus memiliki belas kasihan kepada banyak orang bagi mereka yg sakit.

Yesus tidak datang dan berkata, "Simon, itu kan hanya sakit demam, sebentar lagi juga pasti sembuh." Tetapi, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Yesus datang ke sana dan menyembuhkannya. Berarti, penyakit tidak pernah dipakai untuk mengerjakan kehendak Allah. Tuhan tidak pernah menggunakan penyakit untuk maksud Ilahi. Dengan lain kata, di sini kita bisa lihat bahwa kehendak Allah adalah kesembuhan. Beberapa hal yg dapat kita pelajari di sini:

1. Kesembuhan adalah hak mutlak kita sebagai anak Allah
Mungkin saudara sedang sakit yg sangat mengganggu hidup saudara/saudara makan obat seumur hidup saudara. Tetapi, sekali lagi saya ingatkan bahwa Kesembuhan adalah hak mutlak kita sebagai anak Allah. Karena Alkitab berkata,"Oleh bilur-bilur Yesus, kamu yg percaya sudah disembuhkan." Berarti, Yesus sudah bayar harganya buat kita. Bilur yg ada di tubuh Yesus saat Ia dicambuk, itu adalah harga yg sudah dibayar Yesus untuk kita. Jadi, bila harganya sudah dibayar Yesus, kenapa kita engga rebut hak kita sebagai anak Allah, karena kita memiliki hak untuk itu, karena oleh bilur-bilurNYA, kita sembuh.

2. Sesuai dengan imanmu, jadi padamu
Berarti bila saya beriman, saya imani kesembuhan saya, maka saya harus mendapat mujijat itu.

3. Penyakit tidak pernah diciptakan Allah untuk mengerjakan mujijat di hidup kita
Berarti, bila saya beriman/melakukan kehendak Allah, maka saya akan merebut kesembuhan yg Tuhan telah sediakan.

4. Kesembuhan adalah roti yg Yesus sediakan di meja bagi setiap anak-anak
Yesus pernah berkata,"Jangan mengambil roti yg sudah dilemparkannya kepada anjing. Ada orang yg berkata bahwa kesembuhan bukan untuk setiap orang, tetapi saya mau berkata bahwa,"Yesus Tuhan tetap sama dulu, sekarang sampai selama-lamanya."

5. Kesembuhan terjadi, ketika dosa kita diampuni dan setan diusir
Saya tidak bilang bahwa setiap penyakit selalu berhubungan dengan dosa dan setan. Tetapi, yg saya tahu bahwa ketika dosa dikalahkan, ketika dosa diampuni, saat setan diusir, maka kita merebut kesembuhan itu. Apa maksudnya?
Saat dosa kita diampuni, maka kita memiliki iman. Ketika dosa saya diampuni, maka saya berjalan dalam kesucian. Ketika dosa saya diampuni, maka saya menjadi pribadi yg layak buat Tuhan.

Ketika setan diusir, berarti saya bebas dari ikatan-ikatan. Maka, saya dapat memuji Allah, saya dapat beriman kepadaNYA. Saya dapat mengarahkan sepenuhNYA kehidupan saya kepada Tuhan. Maka pada saat itulah mujijat, kemenangan dan kesembuhan terjadi dalam hidup saya. Sekali lagi saya bilang,"bahwa tidak setiap sakit berhubungan dengan dosa dan setan." Tetapi, saya mau bilang bahwa ketika hidup saudara ada/penuh dengan dosa, maka saudara harus cepat-cepat bereskan. Bila saudara merasa terus ada Roh jahat, maka roh-roh jahat itu harus saudara tolak. Saat saudara diampuni dan roh-roh jahat ditolak dalam hidup saudara, maka saat itulah kemuliaan dan kuasa Tuhan dapat terjadi dalam hidup saudara.

6. Kesembuhan adalah rencana Allah bagi setiap dari kita
Bila kita sakit, apakah Tuhan mau sembuhkan saya? Jawabannya sederhana, "Tuhan Yesus sangat mau." Karena Kesembuhan adalah rencana Allah bagi setiap dari kita. Mungkin saudara berkata,"Bahwa anak kita sedang sakit." Apakah Tuhan mau sembuhkan penyakit anak saya? Berarti, kalau saya mau, kalau saya menerima, kalau saya percaya, maka saya berhak menerima kesembuhan itu."

Ada orang kusta yg datang kepada Yesus dan berkata,"Tuhan, jika Tuhan mau, Tuhan dapat mentahirkan aku." Yesus tidak pikir panjang lagi dan bertanya,"Apa sakit kamu?" Tetapi Yesus bilang,"Aku mau!" Berarti, bila kita sakit, kita tidak perlu kuatir, kita hanya berharap kepada Tuhan, kita hanya perlu berpikir positif dan menunggu pertolongan Tuhan yg datang tepat pada waktunya."

Doa:
Bapa, hari ini kembali Firman Tuhan berbicara bahwa kesembuhan adalah hak mutlak kami sebagai orang percaya. Tuhan jamah setiap kami yg sakit, yakinkan iman mereka untuk merebut setiap kesembuhan. Di dalam Nama Yesus, orang tua dapat berdoa untuk anakNYA yg sakit, Suami yg berdoa untuk istrinya yg sakit, istri yg berdoa untuk suaminya yg sakit, anak-anak yg berdoa untuk orang tuanya yg sakit, di dalam Nama Yesus kesembuhan terjadi, mereka yg berbeban berat, yg menghadapi masa-masa sukar, di dalam Nama Yesus, Tuhan jamah kami semua, haleluya, amin!

No comments: