Sunday, January 16, 2011

173. Kebangkitan Yesus - Matius 28:1-10

Allah kita bukan hanya Yesus yang lahir dan mati, tetapi dengar baik, Yesus adalah Allah yg bangkit. Kalaulah ada orang yg menyebut bahwa Yesus adalah nabi, itu adalah sebuah kebohongan besar, kenapa? Karena nabi itu hanya memiliki waktu/moment dalam hidupnya, yaitu: kelahiran dan kematian, dan mungkin ada saatnya bahwa ia menerima wahyu dari Tuhan. Tetapi, hari ini saya mau beritahu bahwa Yesus bukan hanya nabi, karena Yesus bukan hanya lahir, menerima wahyu, mati, tetapi Yesus adalah Tuhan, karena setelah kematianNYA, pada hari yg ketiga, Yesus bangkit, haleluya! Kita lihat pada Matius 28:

Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. 2Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. 3Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. 4Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati. 5Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut, sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. 6Ia tidak ada di sini, sebab IA telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat ia berbaring. 7Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu. 8Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. 9Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembahNYa. 10Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, di sini kita bisa melihat bahwa kebangkitan Kristus bukan hanya momentum sejarah bahwa Yesus pernah bangkit. Tetapi kebangkitan Yesus, juga adalah kuasa yg sanggup mengubahkan. Karena saudara harus ingat, bahwa sebelum kebangkitan Yesus, murid-murid Yesus dalam keadaan yg begitu takut. Kenapa mereka dalam keadaan yg begitu takut? Jawaban saya sederhana, karena mereka takut kepada orang banyak, mereka takut terhadap orang Yahudi dan orang Romawi. Mereka takut bahwa mereka akan mengalami seperti apa yg Yesus alami. Kita bisa melihat bahwa kebangkitan Yesus bukan hanya mengubah sejarah, tetapi adalah suatu momentum yg memiliki Kuasa merubah sikap orang percaya terhadap kuasa kebangkitan Yesus, artinya:

1. Kita akan mengalami suka cita yg besar
Ayat yg ke-8Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. Tahukah saudara bahwa yg merampas suka cita kita adalah dosa dan kesenangan dunia. Ada banyak orang yg berpikir bahwa dosa dan kesenangan dunia, justru inilah yg membawa kesenangan. Tetapi, saya mau beritahu bahwa dosa dan kesenangan dunia, sifatnya hanyalah sementara. Tetapi akhirnya, itu semua akan mendatangkan penyesalan dan kekecewaan dan kebencian.

Dan yg paling parah, itu akan mendatangkan kehancuran. Tetapi karena kebangkitan Yesus dan KuasaNYA, dan bila kita menyadari bahwa Yesus sudah bangkit buat kita. Kita yakin bahwa setelah Yesus bangkit, Yesus naik ke Sorga dan menyediakan tempat buat kita. Tetapi, bukan hanya menyediakan tempat buat kita. Tetapi Yesus juga berkata,"Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu, tetapi Aku akan menyediakan seorang penolong lain yg akan menyertai kamu sampai selama-lamanya. Jadi, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, berarti engga ada alasan buat kita untuk bersungut-sungut, kecewa, berontak dan marah sama Tuhan.

Tetapi, bila kita menyadari bahwa Yesus sudah bangkit, berarti kita selalu memiliki alasan untuk bersuka cita. Meskipun apa yg saya lihat menyedihkan dan mengecewakan, tetapi saya memiliki alasan untuk bersuka cita, karena Yesus saya sudah bangkit. Itu sebabnya, saat saudara memiliki masa-masa yg sukar dalam hidup saudara, jangan pikirkan yg negatif-negatif, wah...saya sebentar lagi mati nih...wah..penyakit saya tambah parah...wah...masa muda saya hancur,....wah..rumah tangga saya hancur. Akhirnya kita mulai mengutuk-ngutuk diri kita sendiri, dan lain-lain. Tetapi, saat kita menghadapi situasi yg terberat sekalipun, mulai ingat, Yesus saya sudah bangkit!
Karena Yesus sudah bangkit, berarti Dia sudah menyiapkan segala sesuatuNYA buat saya.

2. Mereka ingin memberitahukan kepada semua orang
Ayat yang ke-8Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. Lihat kembali pada ayat yg ke-8 ...bahwa mereka berlari cepat-cepat untuk memberitahu murid-murid Yesus. Jadi, bila kita memiliki Kuasa kebangkitan Yesus, kita akan memiliki beban untuk memberitakan kuasaNYA kepada semua orang. Kita akan memiliki beban untuk memberitakan injil kepada semua orang. Paulus berkata,"Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan injil, kenapa? Karena bebanNYA begitu besar. Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, saya kuatir bahwa ada banyak orang Kristen/anak-anak Tuhan pada hari ini dan tahu bahwa Yesus sudah mati dan bangkit baginya.

Mereka telah tahu bahwa Yesus akan menyediakan yg terbaik baginya. Tetapi, apa yg terjadi, mereka tidak pernah memiliki beban untuk memberitakan injil. Mereka tidak memiliki beban untuk bersaksi akan pengalaman yg sudah ia terima. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, para wanita ini, ketika mereka menyaksikan peristiwa besar itu, mereka lari mencari murid-murid Yesus, dan mereka mau memberitahukan. Dan saya percaya bahwa mereka bukan hanya mau beritahukan kepada murid-murid Yesus. Tetapi saya percaya bahwa mereka ingin beritahukan itu kepada semua orang, bahwa Yesus sudah bangkit, bahwa Yesus sudah bangkit!

3. Kita menjadi orang-orang yg mendekat kepada Yesus dan menyembahNYA
Ayat yg ke-9Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembahNYa. Sehingga lewat hidup kita, biarlah Nama Tuhan yg selalu ditinggikan.

Doa:
Bapa, hamba berdoa untuk mereka yg hari-hari ini jauh dari Tuhan. Mereka yg kehilangan sukacita dan semangat untuk memberitakan injil, mereka yg jauh dari Tuhan dan tidak hidup dalam penyembahan, di dalam Nama Yesus Tuhan jamah, biarlah kasih, sukacita dan Kuasa Allah mengalir dalam hidup mereka, dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

No comments: