Sunday, August 8, 2010

152. Siapa gadis bodoh itu - Matius 25:1-13

"Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. 2Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. 3Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, 4sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. 5Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur. 6Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! 7Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka. 8Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana:Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam. 9Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ. 10Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup. 11Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! 12Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu. 13Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, secara khusus program hari ini akan membahas siapa gadis bodoh itu. Karena, saya percaya jika saudara masuk gereja dan terlibat dengan pelayanan, saudara sudah dibaptis dan saudara sudah menerima Yesus sebagai Juru Selamat saudara. Lalu kemudian ada orang yg berkata kepada saudara:"Apakah engkau gadis bodoh atau gadis bijaksana? Mungkin saudara akan menjawabnya dengan sinis,"Saya gadis bijaksana dong, saya sudah berdoa, sudah dibaptis, dan saya sudah menerima Yesus sebagai Juru Selamat, apalagi yg engkau katakan bahwa aku adalah gadis bodoh?"

Dan saya percaya bahwa tidak ada satu orangpun yg mau dikategorikan bahwa saya adalah gadis bodoh ini. Tahukah saudara bahwa pada satu saat nanti, gereja Tuhan akan dikatakan gadis-gadis bijaksana, jemaat-jemaat yg bijaksana dan ada juga yg disebut gadis-gadis dan jemaat-jemaat Tuhan yg bodoh. Gereja mana yg disebut bodoh? Karena, gereja Tuhan bukanlah soal gedungnya. Gereja itu diperumpamakan sebagai mempelai Kristus, dan merupakan kumpulan dari orang percaya yg mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.

Saya pelajari, bahwa gadis-gadis bodoh itu bukanlah kumpulan dari orang-orang yg tidak percaya/orang-orang berdosa yg belum menerima Tuhan sebagai Raja dan Juru Selamat, kenapa? Karena, gadis-gadis bodoh ini sebenarnya ikut dan menantikan mempelai laki-laki, seperti yg dikatakan pada ayat yg ke-1 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki." Berati Alkitab gambarkan bahwa gadis-gadis ini termasuk sebagai mempelai Kristus.
Tetapi, mempelai Kristus pada akhir jaman akan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: Orang-orang yg bodoh dan bijaksana.

Ada yg berkata,"Pendeta, bagaimana mungkin orang-orang percaya di gereja bisa disebut sebagai gadis-gadis yg bodoh/orang-orang percaya yg bodoh?" Nah, Yesus pernah berbicara mengenai orang yg membangun rumah. Yesus berkata," orang bodoh adalah orang yg mendengarkan firman, tetapi tidak melakukannya, karena ia bangun rumah di atas pasir, bangunannya kelihatan dengan kasat mata dan begitu indah tampaknya. Sedangkan orang yg bijaksana membangun rumahnya di atas karang, "Ia menerima Firman, mendengarkan dan melakukannya." Secara kasat mata ke-2 bangunan itu sama indahnya dan tidak ada perbedaannya. Tetapi apa yg terjadi?

Ketika badai menerpa, ketika tantangan dan ujian datang dan gelombang menerpa. Alkitab berkata,"Rumah yg didirikan di atas pasir itu rubuh." Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, jadi siapakah gadis-gadis/orang-orang bodoh itu:

1. Orang percaya yg berada di gereja, tetapi hanya ikut-ikutan
Dia betul nyanyi, dan terlibat dengan pelayanan. Tetapi, ia tidak punya motivasi yg tulus dan punya hati yg tertuju pada Yesus. Ia terlibat bukanlah akibat dari respon positif dari Firman yg sudah IA dengar. Alkitab berkata,"orang bodoh adalah orang yg mendengar, tetapi tidak melakukannya." Dia mendengar, dia tidak mengerti, dia mendengar, tetapi ia tidak mau gali dan selidiki lebih lanjut lagi."

Dia mungkin nyanyi, sejauh lagunya itu enak didengar, tetapi ia tidak punya perasaan apa-apa. Nah, saudaraku, Alkitab bilang,"Umatku binasa, karena mereka tidak memiliki pengetahuan." Dia dengar, tetapi ia tidak kenal. Dia dengar, tetapi tidak mau meresponi dan menggali lebih jauh lagi. Dan gereja Tuhan ini sedang dipenuhi dengan orang-orang percaya yg hanya ikut-ikutan. Di gereja ia kelihatan aktif, tapi dengan pacarnya, ia terlibat dengan hubungan sex. Di gereja ia kelihatannya aktif, tetapi di rumah ia tampar istrinya. Ia kelihatannya aktif, tetapi di luar ia ngomongin orang, ia sikut orang di tempat kerja, jelekan hamba-hamba Allah. Ini adalah kenyataan yg seringkali terjadi di gereja, dan saya harap yg melihat tulisan ini dapat merubah dirinya dan memberi respon untuk bertobat, sehingga saudara akan melihat perkara-perkara besar yg terjadi di dalam hidup saudara.

2. Orang percaya yg berada di gereja, tetapi tidak siap untuk berubah
Sejauh hal-hal yg menyenangkan, dan apapun itu ia akan lakukan. Tetapi, segala hal yg sifatnya adalah harus berubah, maka ia akan katakan tidak bisa! Sehingga gadis-gadis bodoh ini yg sudah lihat bahwa gadis-gadis bijaksana itu bawa minyak, ya...kita sudah engga bawa...ya ...kita itu mau ngapain? Jadi, gadis-gadis bodoh ini terlalu menyerap dengan kenyataan, dan bukannya berkata,"ya...saya harus berubah?" Ya..saya emang dari dulu emang ngeroko, bahkan pendeta saya juga dulunya ngeroko, masa sekarang saya harus berubah, ya...engga bisa dong! Yang penting kan, saya engga berzinah, dan saya juga engga judi yg berat-berat banget!

Maen kartu juga, yah..pake duit kecil-kecilan. Kan saya juga engga bikin apa-apa. Saya juga kadang nonton blue film, tapi saya kan...engga pergi ke tempat pelacuran. Jadi, pada kesimpulannya, saya engga siap untuk berubah, dan saya emang orangnya kaya gini, punya kelemahan dan kekurangan. Dan kekurangan dan kelemahan saya adalah seperti ini! Inilah yg saya bilang bahwa kita disebut sebagai gadis yg bodoh, kenapa? Karena ia tidak berubah. Tetapi setiap orang yg mendengarkan firman, firman bukanlah disampaikan hanya dengan kata-kata belaka. Tetapi, ada Kuasa Allah yg menyertaiNYA.

3. Orang percaya yg berada di gereja, tetapi mereka tidak mau dipenuhi Roh Kudus
Artinya, mereka engga mau buka hati untuk dilengkapi dan dipenuhi oleh Roh Kudus, yg melengkapi dan memberi semangat baru kepada mereka. Tetapi mereka yg dipenuhi oleh Roh Kudus, akan diberi damai sejahtera dan mereka akan melakukan perkara-perkara besar yg Allah inginkan dalam hidup saudara.

Doa:
Bapa, dalam Nama Yesus, Engkau lihat kami semua yg sedang membutuhkan jamahan khusus. Kami yg sedang sakit, yg sedang berbeban berat, dalam Nama Tuhan Yesus, Tuhan jamah, Tuhan kerjakan MujijatMU, kalaulah ada di antara Kami yg dijumpai sebagai gadis-gadis bodoh, sebelum hari itu tiba, biarlah Engkau ubahkan kami, penuhi kami dengan Roh Kudus dan minyak baru untuk menghadapi hidup ini, sehingga kami berubah dan hidup senantiasa bagi Tuhan saja. Terima kasih Bapa, biarlah Engkau jamah dari setiap kami yg sakit, yg rumah tangganya digoncangkan, sehingga kami dapat mengakui bahwa Engkaulah sumber mujijat dalam Hidup kami, di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

1 comment:

Hendri Yunus Pinem said...

Oke mantap ulasannya dan bawa berkat............Salam Soli Deo Gloria.