Sunday, May 9, 2010

140. Orang-orang munafik - Matius 23:13-15

Munafik adalah sebuah kata yg menyakitkan buat banyak orang. Kita pasti engga suka/engga mau bilang teman/saudara kita berkata,"munafik loe!" Kita pasti akan marah, kita pasti bilang,"orang itu ngomong sembarangan saja!" Istilah itu adalah sesuatu yg kita benci, tetapi tanpa kita sadari seringkali justru kita hidup di dalam kemunafikan. Bila kita perhatikan selama Yesus hidup melayani di muka bumi ini, yg paling sering Yesus kritik/serang dan Yesus benci adalah kemunafikan. Karena itu mari kita bahas ayat-ayat bacaan dari Matius 23:

13Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yg berusaha untuk masuk. 14Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yg lebih berat.15Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk menobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.


Jadi Yesus dengan tegas mengatakan bahwa kamu mau menjalankan agamamu, kamu boleh kelihatan aktif di dalam kegiatan rohani, tetapi kemunafikan kamu, membuat kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga itu. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kalau kita sendiri mendengar kalimat-kalimat ini. Maka kita akan berkata,"lho, Yesus yg katanya Allah yg lembut, Yesus yg katanya Allah yg baik, Yesus yg katanya hatinya penuh dengan kasih. Koq,...dari bacaan ini kita lihat kalimat-kalimat yg disampaikan oleh Yesus adalah kalimat-kalimat yg tajam.

PerkataanNYA merupakan perkataan yg keras, dan kalimat-kalimat Yesus adalah kalimat-kalimat yg sama sekali tidak mau berkompromi. Kembali, saya mau ingatkan di sini, bahwa kemunafikan adalah sesuatu yg mendatangkan amarah Yesus. Yesus akan menjadi sangat marah dengan orang munafik. Saudara boleh saja dikenal sebagai orang yg baik, orang yg suka menyumbang gereja, serta aktif di dalam kegiatan-kegiatan rohani. Tetapi, kembali saya tegaskan bahwa kemunafikan adalah sesuatu yg mendatangkan amarah Yesus.

Dari sini ada beberapa hal yg saya pelajari mengenai kemunafikan yg mendatangkan amarah Yesus:

1. Kemunafikan menghambat orang lain melihat Kemuliaan Allah
Pada ayat yg ke-13Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yg berusaha untuk masuk. Tuhan ingin kita semua jadi berkat, dan jadi saksinya Tuhan. Tuhan ingin kita semua memancarkan Kemuliaan Allah. Khususnya mereka-mereka yg ada di dalam kegiatan ibadah, mereka yg aktif di dalam kegiatan Rohani. Yesus berkata,"kamu adalah terang dunia." Tahukan saudara bahwa dunia sudah begitu gelap, dan orang-orang benar, orang-orang yg hidup di dalam Kasih Allah, orang-orang yg mengerti mengenai Firman Allah.

Orang-orang seperti ini adalah orang-orang yg seharusnya memancarkan terang Allah/Terang Kristus. Oleh karena itu saya selalu bilang, kalau kita sebagai orang percaya yg mengenal Firman, yg hidup dekat dengan Kristus, dan memanggil Allah sebagai Bapa. Tetapi kita sendiri tidak bisa jadi saksi Tuhan, dan tidak bisa memancarkan Kemuliaan Allah. Maka jawaban saya sederhana: Dunia harus belajar dari siapa? Kalaulah suami Kristen menampar istrinya, atau sebaliknya istri Kristen melawan suaminya. Rumah tangga Kristen engga bisa tenang dan akur, bahkan penyelewengan dan perzinahan terjadi, maka dunia mesti lihat siapa?

Bukankah hidup Kristen harus memancarkan Kemuliaan Allah. Nah, kemunafikan menghambat orang lain. Sehingga, walaupun ia ada di gereja dan melakukan kegiatan rohani, walaupun ia terlibat dalam Kegiatan pelayanan, tetapi kalau hidupnya munafik. Maka, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, dia akan menghambat orang lain melihat Kemuliaan Allah. Mungkin saudara mengikuti program ini dan berkata,"Pendeta, apa sebenarnya itu munafik?" Jawaban saya sederhana:Munafik, lawan katanya adalah ketulusan. Ketulusan itu luar dan dalamnya sama. Jadi hatinya bersih, perbuatannya bersih. Tetapi kemunafikan adalah sesuatu yg di luar mau menutupi sesuatu yg di dalam.

Perbuatannya kelihatannya bersih, tetapi hatinya penuh dengan dendam, keserakahan dan hal-hal yg jahat. Oleh sebab itu kemunafikan menghambat orang lain melihat kemuliaan Allah. Kelihatannya perbutannya baik/kelihatannya ada di gereja, tetapi seringkali memaksakan Tuhan untuk melakukan kehendaknya. Seringkali kita lihat,"Lho, orang ini baik yah, tetapi ketika kita lihat hatinya, kita mulai melihat sikap-sikapnya, dan akhirnya kita mulai berpikir, ooh...orang ini hanyalah orang yg munafik." Sehingga apa yg terjadi? Banyak orang mulai kecewa dan mundur dari gereja.

2. Kemunafikan mendatangkan amarah Yesus
Kita lihat pada ayat yg ke-15Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk menobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. Berarti yg kita pelajari di sini, kenapa kemunafikan mendatangkan amarah Yesus?
Karena kemunafikan dapat menghancurkan pertobatan orang lain, sehingga orang lain yg sudah bertobat sekalipun, bisa mundur bahkan bisa dua kali lebih jahat daripada orang munafik itu.

Saudara bisa lihat bahwa kemunafikan adalah sebuah bahaya yg besar yg ada di dalam gereja. Jangan pernah bergaul dengan orang-orang munafik. Oleh karena itu janganlah saudara menjadi munafik. Karena orang yg tidak kenal Tuhan, orang yg tidak percaya dengan Tuhan, tetapi karena melihat Kasih dan Kemuliaan Tuhan, adanya Kebutuhan yg ada di dalam hidupnya, sehingga ia mulai tertarik dengan kegiatan Rohani, kemudian ia bertobat dan tinggalkan kehidupannya yg lama dan menjadikan Yesus Kristus sebagai Allah di dalam hidupnya, tetapi saat ia melihat kemunafikan demi kemunafikan, maka ia dapat mundur dan menghancurkan pertobatannya.Mungkin ada di antara saudara yg baru mengenal Tuhan Yesus dan kasihNYA, dan baru mengalami pertumbuhan dalam kehidupan rohani saudara. Kembali saya ingatkan, hati-hati saudara bergaul. Janganlah saudara dekat dengan orang munafik.

3. Siapa yang munafik pasti menerima hukuman
Kita lihat pada ayat yg ke-14Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yg lebih berat.

Sebagai hamba Allah, saya mau bicara hati ke hati buat saudara. Apa artinya semua perbuatan baik yg saudara buat, kalau pada akhirnya saudara sedang menuju pada penghukuman Kristus. Inilah saatnya saudara datang kepada Tuhan dengan apa adanya. Ingat, engga ada gunanya kita hidup munafik. Walaupun dosamu merah seperti Kermizi, Tuhan menerima engkau apa adanya. Kalaulah saudara masih memiliki dendam, penuh dengan kejahatan dalam hati dan pikiran saudara, dan tidak bersih hatinya. Saudaraku, janganlah menjadi orang munafik.

Datanglah pada Yesus dengan apa adanya dan bilang,"Tuhan, saya datang sebagaimana adanya. Yesus mau menatap kita dan berkata,"Anakku, tidak perlu engkau munafik, Aku menerima engkau apa adanya, dengan berbagai kekuranganmu, Aku mengasihi engkau dengan kasih yg kekal.

Doa:
Bapa, di dalam Nama Yesus, lawat kami yg penuh dengan beban, masalah, ataupun kemunafikan di dalam hidup kami, biarlah mujijat, Kuasa dan Kasih Allah mengalir di dalam hidup kami. Bangkitkan iman kami, sehingga kami dapat hidup di dalam Kasih dan mujijat Tuhan, di dalam Nama Yesus kami berdoa, haleluya, amin!

No comments: