Saturday, April 25, 2009

86. Hal-hal lahiriah - Matius (12:46-50)

46Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibuNYA dan saudara-saudaraNYA berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. 47Maka seorang berkata kepada-NYA:"Lihatlah, ibuMU dan saudara-saudaraMU ada di luar dan berusaha menemui Engkau."48Tetapi jawab Yesus kepada orang yg menyampaikan berita itu kepada-NYA:"Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-KU?" 49Lalu kataNYA, sambil menunjuk ke arah murid-murid-NYA: "Ini ibu-KU dan saudara-saudara-KU!50 Sebab siapapun yg melakukan kehendak Bapa-KU di sorga, dialah saudara-KU laki-laki, dialah saudara-KU perempuan, dialah ibu-KU."

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, jika saudara salah memandang ayat ini, maka saudara akan melihat bahwa Yesus adalah seorang anak yg tidak hormat kepada ibuNYA. Karena, ketika seorang berkata kepada-NYA:"Lihatlah, ibuMU dan saudara-saudaraMU ada di luar. Yesus dengan jelas-jelasnya berkata "Siapa ibu-Ku? Dengan lain kata bukan hanya ibunya Yesus, tapi setiap wanita yg lebih tua daripadaNYA adalah Ibunya.

Tetap ingat, bahwa Yesus bukan seorang anak yg tidak hormat kepada ibuNYA sendiri. Karena, pada waktu di kayu salib, Yesus masih menatap kepada ibuNYA dan berkata "Inilah ibuKU." Dengan lain kata, Yesus mau berkata "bahwa sebagai seorang anak, Aku mau tetap menghormatimu, ya ibu." Tetapi, di sini kita mau belajar tentang Firman Tuhan yg jelas, tentang kebenaran-kebenaran Firman Tuhan ini.

Ada 3 hal yg menarik dari peristiwa ini yg mungkin bagi sebagian orang sulit dimengerti ini. Tetapi, baiklah kita lihat kebenaran-kebenaran di balik peristiwa ini:
1. Yesus tidak terganggu dengan hal-hal lahiriah
Yesus tahu menempatkan diri, kapan Yesus sedang menjalankan misi Allah, dan kapan Dia sedang menjalankan misi, dimana Yesus sebagai manusia di muka bumi ini. Ketika Dia sedang menjalankan misi Allah di muka bumi, Yesus tidak mau terganggu dengan hal-hal lahiriah, karena ingat! Yesus sedang menyampaikan Firman. Dia sedang menyampaikan Firman, Dia sedang menyampaikan kabar baik, Yesus sedang menjelaskan mengenai kehendak Allah dan isi hatiNYA Allah. Lalu Yesus dihentikan oleh seseorang dan berkata "Lihatlah, ibuMU dan saudara-saudaraMU ada di luar dan berusaha menemui Engkau."Dengan lain kata, orang-orang banyak itu berkata "Stop dulu mengajar, Stop dulu menyampaikan Firman, stop dulu menyampaikan isi hatinya Allah. Tetapi, perhatikanlah ada hal-hal lahiriah yg sedang menanti engkau.

Yesus langsung berkata bahwa "Siapakah ibuKU, tetapi mereka yg mendengar dan menyampaikan Firman, dengan lain kata Yesus mau berkata "bahwa jangan ganggu Aku dengan hal-hal yg lahiriah, karena ada banyak orang di sini yg membutuhkan kebenaran-kebenaran Firman, berarti hal pertama yg harus kita pelajari, dalam hidup ini waktu kita sedang berdoa, waktu kita sedang melayani Tuhan, kadang kala ada banyak-banyak lahiriah yg mencoba menggangu. Ada banyak hal-hal lahiriah yg kemudian bisa menghambat kita. Sebagai contoh: Ada banyak orang yg di tengah-tengah pelayanannya terus berpikir tentang fasilitas hidup. Ada banyak orang yg di tengah-tengah pelayanannya terus berpikir mengenai nama besar, tentang uang, tentang harta kekayaan. Saudaraku, yg seperti ini adalah keji di hadapan Tuhan, mengapa? Karena dalam melayani hal-hal yg rohani, kita tidak boleh terganggu dengan hal-hal yg lahiriah. Karena kehendak Allah buat kita untuk mengerjakan hal yg terbaik yg dapat menyenangkan hatiNYA Tuhan.

Dan alkitab berkata "Kalau kita mencari Kerajaan Allah dan KebenaranNYA terlebih dahulu, maka Allah akan menambahkan semuanya." Dengan lain kata, "Allah memberikan tugas kepada kita untuk melakukan hal-hal yg rohani. Maka, segala kebutuhan kita, Allah akan mengerti. Orang-orang yg melakukan hal-hal yg rohani dan masih berpikir akan hal-hal yg lahiriah, adalah orang-orang yg tidak mempercayakan hidupNYA 100% kepada Allah. Karena, Allah yg peduli untuk segala kebutuhan hidup saudara.

2. Bahwa Yesus memiliki hubungan pribadi dengan mereka yg melakukan kehendak Bapa
Jika Yesus berkata "Siapakan ibuKU dan saudara-saudaraKU?" Sebab, siapapun yg melakukan kehendak BapaKU di sorga, dia saudaraKU laki-laki dan dia saudaraKU perempuan, dan dia adalah ibuKU. Dengan lain kata, Yesus mau beritahu bahwa yg memiliki hubungan pribadi denganKU dalam hubunganKU dengan Bapa, adalah mereka yg melakukan kehendak Bapa. Saudara boleh jadi Kristen, saudara boleh jadi aktivis gereja, saudara boleh jadi anggota koor gereja, tetapi saudara bisa tidak melakukan kehendak Bapa di dalam hidup saudara. Maka itu sebabnya saudara berkata, "kenapa yah saat saya berdoa, tapi saya tidak merasakan hubungan pribadi dengan Tuhan." Saat saya baca alkitab, saya tidak mengerti, tidak ada damai dan sukacita dalam hati saya.
Tapi, Yesus hanya ingin memiliki hubungan pribadi, bukan hanya yg tahu tentang dia, atau mereka yg pernah dengar tentang Dia.

Tetapi, Yesus memiliki hubungan pribadi dengan mereka yg melakukan kehendak Bapa. Setiap mereka yg melakukan kehendak Bapa, haleluya! Yesus punya hubungan pribadi. Walaupun mungkin saudara bukan aktivis gereja, ataupun mungkin saudara adalah orang yg disingkirkan di dalam gereja. Tetapi, jika saudara baca Firman dan lakukan kehendak Bapa, maka saya mau beritahu, saudara punya hubungan dengan Yesus. Sehingga saudara dapat ceritakan isi hati anda. Saat saudara buka hati, saudara bisa dengar suara Tuhan dan ada komunikasi 2 arah yg manis. Kekristenan bukan agama, karena agama adalah upaya manusia untuk menyenangkan hati Tuhan, upaya manusia untuk berkenan kepada Tuhan, dan segala upaya manusia, agar akhirnya ia dapat tiba dan sampai ke sorga. Tetapi, apa yg terjadi? Manusia dengan segala kekuatannya dan upayanya, tidak pernah bisa untuk menyenangkan hati Tuhan. Dan manusia tidak dapat pernah sampai untuk melakukan kehendak Allah, manusia tidak akan pernah sampai mencapai tahta sorga/tiba di rumah Tuhan, yaitu sorga.

Tetapi, apa itu Kekristenan? Kekristenan, adalah Allah yg turun menjadi manusia, berjalan dan bergaul bersama manusia, mengangkat manusia dari dosanya, menyucikan dosa dan membebaskan manusia dari ikatan dosa, lalu kemudian menyiapkan rumah bagi manusia di sorga, dan IA mengutus Roh KudusNYA untuk menuntun manusia untuk hidup berkemenangan bersama Bapa di sorga. Itu sebabnya, saya yakin Kekristenan bukan agama, tetapi Kekristenan adalah persekutuan yg manis. Persekutuan yg indah bersama dengan Yesus, sehingga hari demi hari meskipun sulit, tapi saya merasakan suasana surgawi. Doa Bapi Kami berkata, Datanglah KerajaanMU dan jadilah kehendakMU

3. Hubungan pribadi dengan Yesus, tidak dapat diwakili oleh siapapun
Saudara engga bisa bilang...ohh..saya sudah berdoa dan buat saya itu sudah cukup. Di doa ibuku, namaku disebut. Mama sudah berdoa buat aku, buat saya cukup. Papa sudah berdoa buat saya, dan itu sudah cukup, karena papa saya seorang pendeta. Hubungan pribadi dengan Yesus, tidak bisa diwakili oleh siapapun. Tapi, ada orang yg bertanya? Bukankah ada orang yg berkata "Bukankah alkitab berkata "Kalau 1 orang bertobat, maka seluruh isi rumah tangga akan diselamatkan." Di sini bukan berarti bahwa tiket ke sorga cukup hanya 1 tiket, dan seluruh rumah tangga diselamatkan. Ini berarti bahwa, apabila orang yg telah sungguh-sungguh bertobat, pasti dia memiliki beban untuk anggota keluarganya, dan ia pasti akan Tuhan pakai untuk menjamah yg lain. Setiap dari kita, apakah saudara orang penting, walaupun saudara orang berkedudukan, walaupun saudara orang kaya. Saudara berdiri di hadapan Tuhan secara pribadi, jangan saudara berpikir, nanti kalau saudara mati, anak saudara akan berdoa untuk anda. Tidak ada yg seperti itu. Karena alkitab berkata "Manusia mati 1 kali, setelah itu akan dihakimi." Tidak ada gunanya kita berdoa buat orang2 mati, kenapa?

Karena hanya selama kita hidup kita dapat bercerita dan bersaksi tentang Allah. Itulah sebabnya, pada hari ini, saudara buka hati, mau terima Yesus sebagai Raja dan Juru selamat. Lakukanlah kehendak Bapa, milikilah hubungan pribadi dengan Yesus, maka saudara akan lihat kemenangan besar akan terjadi dalam hidup saudara.

Doa:
Bapa dalam nama Yesus. Pada saat ini hamba berdoa bagi kita semua, di dalam nama Yesus, jamah dari setiap kami, Tuhan. Sehingga setiap dari kami dapat menerima penghiburan dan kekuatan dari Tuhan. Setiap kami yg sakit, kami yg sedang bingung dan yg sedang membutuhkan mujijat. Hamba berdoa, di dalam nama Yesus, biarlah mujijatmu benar-benar terjadi. Sehingga hari ini kami dapat berkata bahwa Yesus adalah benar sumber kekuatan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

No comments: