Saturday, April 18, 2009

85. Kegerakan Kuasa Roh Jahat - Matius 12:43-45

43Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yg tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya. 44Lalu ia berkata:aku akan kembali ke rumah yg telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur. 45Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yg lebih jahat daripadanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yg jahat ini.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, setan atau Roh jahat adalah Roh penipu. Sehingga apa yg terjadi setan menghalalkan segala cara untuk menipu orang percaya, sehingga setan ingin melihat hidup saudara kembali hancur, binasa. Setan ingin melihat kehidupan rumah tangga saudara berantakan, karena itulah yg dibuat oleh Roh Jahat. Alkitab berkata, bahwa setan hanya pencuri yg mencuri, membunuh dan membinasakan. Tetapi Firman Allah mengupas, dan menguak segala rahasia tentang Roh Jahat ini, sehingga kita tetap waspada dan tidak tertipu dengan roh jahat ini.

Karena di dalam Kristus kita lebih daripada pemenang. Setan hanya ada di bawah telapak kaki orang percaya. Banyak orang yg mengaku diri sebagai orang Kristen, tetapi tetap takut dengan setan, atau bahkan masih bermain-main dengan setan. Setan ada di bawah telapak kaki orang percaya. Apa yg Alkitab kupas tentang Roh-roh jahat/Roh-roh kegelapan ini?

1. Roh jahat selalu ingin kembali ke tempat dimana dia pernah berada
Itu sebabnya kalau saudara pelajari tentang kisah pencobaan Kristus, ketika iblis mundur, alkitab berkata "Iblis mundur dan menunggu waktu yg tepat." Kenapa? Karena setan selalu ingin kembali ke tempat dimana ia pernah berada. Sehingga kalau masa lalu saudara gelap, kehidupan silam anda buruk dan penuh dengan dosa, maka apa yg terjadi? Walaupun saudara sudah ambil keputusan untuk menerima Yesus, setan memang mundur saat itu. Tetapi, jika hidup anda tidak terisi, jika hidup saudara tidak dibentuk oleh Firman Tuhan dan maju di dalam Tuhan. Maka, apa yg terjadi? Seperti apa yg Alkitab katakan, di sini aku akan kembali ke rumah yg telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.

Saudaraku, waktu hidup kita ditinggalkan iblis, maka Allah akan membersihkan semuanya. Allah akan kembali membuat rumah tangga saudara teratur, Allah akan kembali membuat semua usaha anda beres, Allah akan membuat hubungan anda dengan keluarga baik, Allah akan membuat kembali masa muda saudara menyenangkan. Tetapi, jika saudara tidak isi/kosong, dan tidak biarkan Firman Allah mengisi hati saudara, tidak undang Roh Kudus untuk masuk mengatur hidup saudara, saudara tidak undang Kuasa Allah di dalam diri saudara, dan jika hidup anda kosong, maka apa yg terjadi?

Setan dengan 7 roh jahat yg lebih jahat lagi, akan coba masuk menguasai hidup saudara, menyeret hidup saudara kembali. Itu sebabnya, ada banyak orang yg selalu bilang "saya sudah 3 tahun ini meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk saya, tetapi engga tau kenapa, setelah saya menghadapi persolan di dalam rumah tangga saya, koq sepertinya ada kuasa yg kembali mau menyeret saya kembali." Nah, saya mau beritahu, itu setan yg mencoba masuk dan menyeret saudara kembali, dan kembali ke tempat dimana dulu dia berada. Alkitab berkata"Lawanlah setan dengan iman yg teguh, maka ia akan lari daripadamu."

Mungkin saudara bertanya, bagaimana saya menjaga agar kehidupan kekristenan saya tidak kosong? Sehingga roh jahat yg telah meninggalkan saya itu tidak akan kembali dan membuat hidup saya menjadi lebih jahat lagi? Jawabannya sederhana, saudara harus isi dengan Firman Allah. Sauddar harus undang Kuasa Roh Kudus untuk masuk dalam hidup saudara, dan biarkan Kuasa Allah dari tempat yg Maha Tinggi itu datang dan menjamah hidup saudara, sehingga saudara akan hidup dengan Kuasa, karena Alkitab berkata "Bila Kuasa Roh Kudus turun atas kamu", maka kamu akan menerima Kuasa untuk menjadi saksiKU, sehingga mulai sekarang hidup saudara tidak akan kosong, hidup saudara akan mempunyai misi dan memiliki sebuah tugas. Saudara dengan pandangan ke depan untuk menyenangkan hati Tuhan dalam segala perkara.

2. Roh jahat tidak bisa kembali ke tempat yg sudah berisi.
Haleluya, karena di situ dikatakan, Lalu ia berkata:aku akan kembali ke rumah yg telah kutinggalkan itu, Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yg lebih jahat daripadanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Perhatikan kata kosong di sana, roh jahat tidak bisa kembali ke tempat yg telah diisi oleh Firman. Roh jahat tidak bisa kembali ke tempat, dimana hati ini telah menerima pengampunan Kasih Allah, dimana hati ini telah penuh dengan pujian kepada Allah, hati ini telah penuh dengan ucapan syukur kepada Allah. Jadi, setan tidak dapat kembali, walaupun setan mencoba untuk menyerang saudara, walaupun setan mencoba untuk menekan hidup saudara, itu hanya ancamannya belaka, karena Alkitab berkata, setan berkeliling, seperti singa yg mengaum dan berkeliling, mencari orang yg dapat ditelannya.

Setan tidak sembarangan menelan orang, tidak sembarangan menerkam orang. Setan hanya masuk dan menerkam serta menguasai orang-orang yg hatinya kosong, yg hatinya penuh dengan kebencian, yg hatinya penuh dengan hayalan-hayalan hidup ini, yg hatinya penuh dengan ajaran-ajaran tertentu. Dimana ada ajaran yg mengajarkan seseorang perlu untuk mengosongkan dirinya. Itu sebabnya di dalam Nama Yesus, melalui program ini, hati-hatilah dengan ajaran apapun baik itu yoga, baik itu tenaga dalam, baik itu ajaran apapun yg mengajarkan pengikutnya untuk mengosongkan diri. Kenapa? Karena Alkitab bilang, waktu hidup kita kosong, maka roh jahat dengan 7 roh lain akan masuk dan keadaan hidup kita akan menjadi semakin buruk.

Roh jahat tidak akan bisa kembali ke tempat yg telah terisi. Bila hati kita dan hidup kita telah dipenuhi oleh Firman, bila hati dan hidup kita telah dipenuhi oleh ucapan syukur, bila hati dan hidup kita dipenuhi oleh beban untuk terus melayani Tuhan, maka Roh Kudus yg ada di di dalam diri kita. Dan roh jahat yg coba masuk dan menyerang, tidak akan bisa masuk, mengapa? Karena Roh yg ada di dalam kita, haleluya lebih besar dari roh yg ada di dunia ini.

3. Seorang yg sudah mengenal kebenaran, lalu kembali ke jalan yg jahat maka
keadaannya akan lebih buruk lagi.
Karena, alkitab berkata "roh itu bukan hanya masuk dan mendiami kembali, tetapi dia bawa 7 roh lain yg lebih jahat lagi", sehingga keadaannya akan lebih buruk, kenapa? Karena, setan itu menjajah. Setan punya tujuan untuk menyeret hidup saudara dan membawanya ke neraka. Sehingga seorang yg sudah mengenal kebenaran dan sudah buka hati buat Yesus, dan sudah masuk ke gereja. Tapi, bila ia kembali kepada jalan yg jahat, maka apa yg terjadi? Keadaannya akan lebih buruk lagi. Itu sebabnya lewat program ini saya percaya, tidak kebetulan saudara mengikuti program ini. Allah sedang berbicara dengan khusus melalui program ini kepada saudara, untuk menyatakan kepada saudara, untuk memperingatkan kembali kepada gereja Tuhan, bahwa setan/roh jahat selalu ingin kembali ke tempat dimana ia berada.

Itu sebabnya Yesus selalu ingatkan "Roh memang penurut, tetapi daging lemah." Itu sebabnya daging yg lemah ini harus selalu senantiasa bergantung kepada Allah. Allah ingatkan kepada Paulus, "Justru dalam kelemahanmulah KuasaKU sempurna." Bagaimana Kuasa Allah bisa sempurna di tengah kelemahan kita, jawabannya? Waktu kita berikan tempat dan kesempatan untuk minta Allah bertindak dalam hidup kita. Roh jahat tidak bisa kembali ke tempat yg terisi. Jadi, hidup kita harus diisi oleh Firman, diisi oleh ucapan syukur, diisi oleh pujian kepada Allah, diisi dengan misi dan tujuan untuk menyenangkan hati Tuhan, buat sesuatu untuk Tuhan. Maka, setan hanya bisa mengancam, mengaum dan menuduh kita, tapi tidak bisa menguasai hidup kita, karena Roh yg ada di dalam hidup kita lebih besar daripada roh yg ada di dalam dunia ini.

Orang yg sudah mengenal kebenaran, tetapi kembali ke jalan yg jahat, keadaannya akan lebih buruk. Itu sebabnya, hari ini saya mau beritahu Kasih Allah berlaku dalam hidup saudara bahwa Allah mengasihi saudara, Yesus punya rencana yg indah dalam hidup saudara. Jika saudara bingung dan tidak pasti dengan hidup saudara, maka saya mau berdoa bagi hidup saudara. Mungkin saudara berkata"Setan menyerang saya, tadinya saya telah meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, tetapi saya engga tau kenapa roh itu tiba-tiba kembali menyerang saya?" Itu karena kosong.
Biarlah mulai hari ini berjanji, untuk setiap pagi berdoa, membaca Alkitab, biarkan Firman itu terus mengisi hidup saudara. Karena, dengan Firman Allah saudara akan menjadi kuat, dan menjadi pemenang dalam Kristus. Hati yg gembira adalah obat, jangan bersungut-sungut, tetapi bersukacitalah karena di dalam Yesus kita cakap menanggung segala perkara.

Saudara boleh tundukkan kepala, "Bapa di dalam nama Yesus, hamba bersyukur untuk setiap orang yg mengikuti program ini, dimanapun mereka berada dalam Kasih Kristus, di dalam Nama Yesus, jamah setiap mereka. Jika mereka sedang sakit, hamba berdoa mohon kesembuhan untuk mereka di dalam Nama Yesus. Jika mereka sedang berbeban berat, hamba doakan di dalam Nama Yesus, Tuhan berikan mereka kekuatan. Jika ada di antara kami yg sedang dalam kesulitan keuangan, di dalam Nama Yesus, buka jalan. Bagi mereka yg sedang bergumul dengan keadaan rumah tangganya, di dalam Nama Yesus, Tuhan pulihkan segala sesuatunya. Sehingga kami melihat bahwa orang yg berharap kepada Tuhan tidak akan pernah dipermalukannya.
Untuk setiap orang yg pertama kalinya buka hati untuk Yesus, hamba doakan di dalam Nama Yesus, biar Roh Kudus masuk ke dalam hati mereka, singkapkan Kebenaran Ilahi, agar mereka dapat menjadi pengikut Yesus yg sejati. Terima kasih Bapa, hamba berdoa di dalam Nama Yesus, kerjakan mujijat kembali bagi umatmu. Di dalam Nama Yesus kami berdoa, Amin.

No comments: