Saturday, September 6, 2008

Yesus yg memikul kelemahan dan sakit kita (Matius 8:14-17)

14 Setibanya di rumah Petrus, Yesuspun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam. 15Maka dipegangNYA tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya, Iapun bangunlah dan melayani Dia. 16Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yg kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yg menderita sakit. 17Hal itu terjadi supaya genaplah firman yg disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yg memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita."

Kalau kita lihat dalam pasal 8, Yesus berada dalam keadaan sibuk yg luar biasa, sebab kemanapun Ia pergi, Ia selalu dikerumuni oleh orang banyak. Dimanapun Tuhan Yesus berada, setiap orang menginginkan dan membutuhkan sesuatu daripadaNYA. Saat Ia mau menyembuhkan anak dari Yairus yg hampir mati kata alkitab, di tengah jalan juga masih dicegat oleh seorang wanita yg sudah 12 tahun pendarahannya. Dari semuanya ini, kita lihat, betapa kesibukan Yesus begitu dalam sekali, jadwal Yesus begitu padat, sehingga kesan yg kita tangkap Tuhan Yesus sudah tidak punya waktu yg tersisa lagi. Tetapi ayat 14 sangat menarik, karena dikatakan "Setibanya di rumah Petrus, Yesus melihat ibu mertua Petrus yg terbaring karena sakit demam & orang banyak membutuhkan Dia dan Dia sedang berada dalam kesibukan yg luar biasa. Mungkin kita berpikir, Yesus akan mengambil sedikit waktu untuk istirahat, tetapi apa yg terjadi, justru Yesus datang ke rumah Petrus. Ia datang ke rumah Petrus bukan untuk beristirahat, minum kopi sedikit & makan kue-kue sepotong, tetapi ayat ini berkata "Yesus datang ke sana, karena ada pergumulan di sana.

Ada hal-hal yg perlu kita pelajari dari ayat2 di atas:
1. Yesus mencari orang yg berkebutuhan
Mungkin ada sebagian orang gereja yg berkata "Aku bangga dibutuhkan Tuhan, karena aku ini pinter maen musik". Seringkali orang yg pinter maen musik di gereja, kadang kala menjadi sombong. Ia mungkin berpikir kalo tidak maen lagi di gereja ini, maka ibadah di gereja ini tidak akan lagi hidup. Seringkali orang berpikir, karena ia begitu banyak karunia, dan berpikir Allah memanggil dia, dan Allah mau memakai dia karena kelebihan yg dia miliki.
Di dalam alkitab kita bisa melihat, Yesus bukan mencari orang yg memiliki kelebihan, , tapi Yesus justru mencari orang yg berkebutuhan. Dengan jelas Yesus berkata "Bukan orang sehat yg membutuhkan tabib, tapi orang sakitlah yg membutuhkan tabib.

Kadang pada saat kita banyak masalah, kita sedang jatuh & gagal, , kita seringkali bertanya? Bisa engga yah Tuhan menyelamatkan saya? Di sini kita bisa melihat lagi, Yesus mencari orang yg berkebutuhan. Mungkin ada di antara kita yg pernah mengalami (dulu saya sedang jauh dari Tuhan waktu saya begitu maju dalam usaha, sekarang saya ditipu orang, tapi sekarang saya mau berbalik ke jalan Tuhan dan mau melayani Tuhan, apakah Tuhan masih mau menerima saya?). Yesus sengaja datang ke rumah Petrus di tengah kesibukannya, karena ada seseorang yg berkebutuhan yg tinggal di sana.

Kita lihat juga ada 3 jenis kebutuhan:
a. Kebutuhan atas kesembuhan dari penyakit
Ada penyakit fisik(Yang benar2 menggangu dalam tubuh) dan penyakit non fisik(Penyakit dalam jiwa dan emosi seseorang), kadang kalo orang yg tidak bisa tidur, jiwanya labil, dan ia bisa terkena penyakit yg lain.Pada saat Yesus menjumpai ibu mertua Petrus, dan pada ayat ke 16, dikatakan pada waktu malam dibawanya banyak orang pd Yesus, semua yg kerasukan setan. Yesus menyembuhkan setiap orang dan mengusir roh-roh itu. Jadi Yesus adalah Tuhan yg siap untuk menyembuhkan. Seringkali kita berkata "tubuh saya tidak sakit, tapi jiwa saya tertekan, ada trauma, ada kekuatiran, ada keraguan. Yesus mencari orang-orang yg seperti saudara.

b. Kebutuhan kesembuhan atas kerasukan setan
Kerasukan setan bisa berarti sedang teriak2 dan guling2 seperti orang gila, tetapi kerasukan
setan bisa pula dari sesuatu yg tidak terlihat.
Ciri2nya mungkin tidak seperti orang gila, misalnya ada ayah yg memperkosa anaknya sendiri, karena apabila setan tidak masuk ke dalam jiwanya, tidak mungkin hal ini terjadi. Ada juga orang yg begitu tega melakukan sesuatu, misalnya: orang yg sudah miskin masih dicuri, orang kecil masih dirampas, hak-hak orang miskin tidak diperlakukan secara adil. Di sini kita lihat setan mulai merasuk ke dalam jiwa seseorang, sehingga ia mulai merasa bahwa ia tidak membutuhkan Tuhan lagi dalam hidupnya dan menjadikan harta sebagai Tuhannya. Sehingga orang semacam ini mengalami kekosongan yg luar biasa dalam dirinya.

c.Kelemahan
Berkebutuhan adalah orang yg hidup dalam kelemahan. Misalnya, sebenarnya ia cinta Tuhan, tapi mudah sekali terpengaruh, sebenarnya ia ingin sekali berbuat baik, tapi ia tidak bisa melepaskan kebiasaan buruknya.. Orang tipe ini tidak bisa mengandalkan kekuatannya sendiri, ia perlu datang pada Yesus. Bukan berarti ia memohon pada Yesus, dan Yesus dengan pasifnya dan dengan sinis berkata " benar nih kamu perlu Aku dan mau berubah"?
Kadang kala kita berpikir, Yesus akan pasif sekali menerima hidup kita. Jadi di sini kita lihat Yesus mencari orang yg berkebutuhan, tidak peduli kita sakit, setan sedang menjajah hidup kita, merasa kita hidup dalam kelemahan, tapi yg pasti Yesus mencari kita.

2. Yesus menuntut peran aktif dari orang yg dijamahnya.
Pada ayat 15 dikatakan Yesus memegang tangan dari perempuan itu dan lenyaplah demamnya, Iapun bangunlah dan melayani Dia. Hal ini menarik, karena banyak orang ingin dijamah Tuhan, tapi tidak melakukan peran aktif. Jadi Tuhan Yesus tidak hanya menyembuhkan, menjamah hidup seseorang dan berhenti sampai di situ, tapi juga ingin melihat peran aktif, untuk melakukan firman, berjalan dalam kebenaran, untuk mulai baca alkitab, dan membiarkan apa yg kita tahu itu menjadi bagian dari hidup kita. Kadang kala kita sudah dijamah Tuhan, kita tetap kuatir, kita sudah dijamah Tuhan, tapi kita tetap takut, inilah yg perlu kita buat, yaitu: bangun dan mulai melayanai Tuhan, mencoba dan melakukan yg terbaik yg bisa kita buat untuk Tuhan, menyenangkan Tuhan dengan apa yg bisa kita perbuat.

3. Nama Yesus adalah jaminan mutlak bagi hidup kita
Supaya genaplah apa yg telah dinubuatkan oleh nabi Yesaya "Dialah yg memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita." Sehingga itulah jaminan mutlak bagi hidup kita yg percaya kepadaNYA. Ketika Yesus dilahirkan, malaikat berkata bahwa namaNYA harus disebutkan Yesus, mengapa? Karena itulah Nama di atas segala Nama. Karena di dalam Nama itu bertekuk setiap lutut dan mengaku setiap lidah, bahwa DIA adalah Allah. Jadi, harta terbesar yg kita miliki dalam hidup kita, adalah Nama Yesus. Nama Yesus menghancurkan setiap musuh. Oleh sebab itu bila kita sedang lemah, putus asa dan tak berkuasa. Mulailah berseru dan panggil Nama itu. Waktu kita dalam keadaaan terdesak dan tidak bisa berdoa lagi, mulailah berseru dalam Nama Yesus, waktu hati kita lemah dan jiwa kita tertekan katakan "Dalam Nama Yesus".

Mungkin saat ini ada di antara kita yg sakit, berada dalam keadaan lemah, mungkin kita dituntut untuk melakukan suatu tugas tertentu yg berat, biarlah kita berdoa di dalam Nama Yesus. Karena alkitab berkata, "Apapun yg kamu minta pada Bapa di dalam Nama Yesus, maka Ia akan memperbuatNYA bagi kita. Kita juga tahu Yesus mencari orang yg berkebutuhan, Yesus juga mencari peran aktif bagi orang yg dijamahNYA, tapi Yesus juga merupakan jaminan mutlak dan kemenangan di dalam hidup kita.

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih Yesus.. Engkau mencari aku yang berkebutuhan.. Engkau yang menanggung beban dan sakitku.. Terima kasih Yesus..