Friday, July 11, 2008

Doa - Matius 7:7-11

7"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu, carilah maka kamu akan mendapat:ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu. 8 Karena setiap orang yg meminta, menerima dan setiap orang yg mencari, mendapat dan setiap orang yg mengetok, baginya pintu dibukakan. 9 Adakah seorang dari padamu yg memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, 10atau memberi ular, jika ia meminta ikan? 11 Jadi jika kamu yg jahat tahu memberi pemberian yg baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yg di sorga! Ia akan memberikan yg baik kepada mereka yg meminta kepadaNYA."

Ayat2 di atas berisi janji, jaminan, bahwa apapun yg kita minta pada Bapa, Yesus akan kerjakan di dalam namaNYA.

Doa-doa di atas berisi 3 hal bagi orang percaya:
1. Doa orang percaya harus disertai dengan ketekunan, ayat 7 kita lihat:
a. Minta
Jelaskan apa yg kita inginkan, minta secara jelas & spesifik, misalkan hari ini kita akan pimpin rapat, bertemu seseorang, minta tolong biar segalanya beres, kita bisa berbicara dengan baik & menjamah hati setiap orang, karena mungkin ada yg cepat tersinggung di antara rekan kerja.

Waktu Yesus berdoa di taman Getsmani, Yesus berdoa "Ya Bapaku, jikalau sekiranya mungkin biarlah cawan ini berlalu dariKU ", ini melambangkan Yesus berdoa secara spesifik. Secara daging Dia tidak sanggup disalib, tapi Tuhan Yesus menutup doaNYA dengan berkata " ...tetapi janganlah seperti ya Kuhendaki, melainkan seperti yg Engkau kehendaki"
Minta berarti jelaskan pada Tuhan apa yg kita sedang pikirkan, resahkan pada hari ini, bukan doa 1 menit & asal lewat. Ketekunan menggambarkan kesetian, kepercayaan kita pada Allah & selalu bersandar walaupun tidak terjadi seperti apa yg kita inginkan.

b. Cari
Kita perlu mengerti kehendak Allah dalam firman, tetap berdoa & meminta pimpinan Roh Kudus

c. Mengetok
Melambangkan tindakan kita, bukan hanya mengira-ngira, doa yg disertai dengan perbuatan, bukan hanya mengharapkan Tuhan turun dari surga

2. Doa harus disertai kesadaran bahwa Allah memberi yg terbaik.
Tuhan tidak akan beri batu, bagi mereka yg meminta batu. Allah tidak akan menjerumuskan kita dengan mengabulkan doa kita yg tidak benar, yg bertentangan dengan kehendakNYA. Kadangkala yg sepertinya bagus bagi kita, yg kelihatannya menyenangkan, belum tentu baik bagi kita, Tuhan tahu yg terbaik bagi anakNYA. Karena Allah selalu membuat indah pada waktunya.

3. Doa harus disertai kesadaran bahwa yg kita temui adalah Bapa yg Maha Kuasa
Kita harus datang dengan rasa hormat, terbuka & takut akan Dia. Malaechi 1:6 (Jika Aku ini tuan, di manakah takut yg kepada-KU itu? Seperti Bapa yg sayang pada anakNYA, Allah juga yg medisiplinkan & mengajarkan anak-anaknya. Bapa yg baik, tidak selalu bilang ya pada anaknya, kadang perlu marah bila anaknya tidak berlaku baik.

Mungkin ada diantara kita yg berdoa,tapi belum lihat kemenangan. Mungkin ada yg merasa jauh dari Tuhan, mulailah berdoa. Ada juga diantara kita yg minta jodoh/kerjaan, perasaan masih belum dijawab, mungkin kita belum memintanya. Alkitab berkata "Mintalah" dan tetaplah berdoa. Karena dalam doa ada kuasa dan pertolongan Allah, dalam doa ada semangat baru, sukacita, damai yg dunia tidak bisa berikan pada kita.

No comments: