Friday, January 25, 2008

Pencobaan Yesus -2 (Matius 4:1-4)

Mengapa Tuhan ijinkan pencobaan dalam hidup kita? Bahkan Yesus saja yg Tuhan, anak Allah, raja di atas segala raja, tetap IA masih mengalami pencobaan. Sebagai pengikut Tuhan Yesus, Tuhan ijinkan pencobaan buat anak2nya untuk:

1. Melatih iman kita
sama seperti orang pergi ke gym, latihan otot, agar kuat & sehat. Tuhan ijinkan agar rohani kita juga mengalami latihan, agar iman kita bertambah kuat setelah melalui tantangan &ujian, bukan jadi anak2 yg manja.

2. Merubah cara pandang hidup kita agar kita semakin dewasa
Biasanya kita punya pandangan, yg menguntungkan selalu dari Tuhan, yg merugikan selalu dari iblis. Bahkan istri Ayub sendiri berkata setelah keluarganya mengalami pencobaan: "Kutukilah Allahmu dan matilah". Tapi Jawab Ayub "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yg baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yg buruk?"(Ayub 2:9-10). Dari kitab Ayub ini kita belajar untuk merubah cara pandang, bahwa kita hidup tidak hanya mencari berkat, harta kekayaan , tapi terus mencari kerajaan Allah & kebenaran.

3. Memberi keyakinan bahwa iblis selalu dapat kita kalahkan
Setan tidak punya kuasa, karena iblis ada di telapak kaki orang percaya. Orang percaya pasti dapat melalui masa2 kesulitan

4. Membuat kita makin bersandar pada Tuhan.
Pada saat berhasil kita cenderung merasa tidak perlu Tuhan dalam hidup kita, kita selalu merasa hebat. Hanya bersama Yesus kita cakap menanggung segala perkara.

Setan selalu menyerang orang2 percaya melalui:
1. Titik kelemahan kita
Matius 4:3 (Saat iblis coba serang Yesus untuk ubah batu jadi roti, iblis tahu saat itu yg paling lemah dari diri Yesus adalah rasa lapar)
Setiap orang ada yg titik kelemahannya dengan judi, suka dengan uang, wanita, dll. Saya juga sering bertanya. koq Tuhan ciptakan manusia dengan titik kelemahan? Agar kita sadar, dengan adanya kelemahan, kita mau melibatkan Tuhan, agar kuasa Tuhan yg masuk dalam kehidupan kita. Di samping kelemahan, kita juga punya sisi kuat dari diri kita agar kita dapat membantu orang lain & jadi berkat.

2. Membuat kita ragu akan status kita
Iblis ingin membuat Tuhan Yesus sendiri ragu bahwa Ia itu Anak Allah. Puji Tuhan bahwa salib Yesus oleh darah yg tertumpah, sehingga kita dapat hidup dengan keberanian bahwa kita adalah sungguh Anak Allah.

3. Membuat kita mengambil jalan pintas
Banyak orang yg pergi ke dukun agar cepet kaya, melakukan segala hal agar berhasil dalam hidup meskipun dengan cara yg tidak pantas.

4. Membuat cenderung kita mencobai Tuhan
Kalau doa kita masih belum terjawab, penyakit masih belum juga sembuh, masalah masih juga belum terselesaikan, biarlah kita tidak perlu kecewa, karena pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, dan janjiNYA selalu iya dan amin.

No comments: