Saturday, February 2, 2008

Yesus tampil di Galilea (Matius 4:12-17)

Yesus tampil di Galilea
Matius 4:12 Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah IA ke Galilea. 13 Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebuloan dan Naftali, 14 Supaya genaplah firman yg disampaikan oleh nabi Yesaya: 15"Tanah Zebulon & tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, 16 bangsa yg diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yg besar dan bagi mereka yg diam di negeri yg dinaungi maut, telah terbit Terang."17 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Dari ayat2 di atas, ada beberapa hal yg dapat kita pelajari :
1. Hidup kekristenan adalah hidup yg mempergunakan hikmat.
Pada ayat 12, di situ kita lihat, koq...Yesus yg begitu punya kuasa, Dia anak Allah, kenapa Dia mesti menyingkir, bukan melawan, karena kalo dia melawan, kemenangan pasti ada di tanganNYA?

Dalam ayat ini Yesus tahu itulah saatnya Ia mundur & diam berada dalam pimpinan Tuhan.
Yesus juga tahu pada saatnya dia mesti maju, contoh: Pada saat dia menyucikan bait suci, Matius 21, Ia berani marah, berani mengusir orang2, mengobrak-abrik meja & kursi.
Matius 26, Ia juga berani menyerahkan nyawanya di taman Getsamani untuk disalib, dan rela sampai tetesan darahNYA yg terakhir berkorban bagi keselamatan umat manusia.
Hidup Kristen bukan hidup yang takut, tapi juga bukan hidup yg nekat, tapi berada dalam pimpinan Tuhan.
Bila ada di antara kita yg sedang bingung dengan kerjaan, keuangan, keluarga, janganlah ragu untuk minta hikmat dari Tuhan, bertanya, langkah apa yg mesti dibuat?

2. Hidup Kristen akan menghadapi tantangan/pergumulan, masalah besar & aniaya.
Sama seperti Yohanes yg ditangkap di ayat yg 12, itu juga akan dialami oleh orang2 Kristen. Tapi kekristenan saat ini sering diartikan dengan banyak berkat, sehat, banyak uang, dsb.
Sering keributan terjadi di kalangan anggota gereja,misalnya ada perkataan: "Yah dia sih pantes ga dapet kerjaan, kurang doa sih!" Yah pantes ini gereja gak berkembang, abis yg kotbahnya nyebelin & boring banget!"
Tapi biarlah kita sebagai orang percaya jangan mudah menghakimi&menyingkirkan orang lain, tapi tetap saling mendoakan, memberi kesempatan, & membantu. Sama seperti Tuhan yg selalu punya kesabaran dengan anak-anakNYA yg masih bertumbuh & seringkali jatuh.

3. Orang benar pasti akan mengalami kemenangan
Ayat 14, tidak ada yg tersembunyi bagi orang benar, Yesuslah si pembawa terang & IAlah satu-satuNYA yg tidak dapat dibantah. Apa yg Yesus buat & telah terjadi, bukanlah suatu kebetulan. Ada saatnya setiap orang percaya yg kesusahan, terlibat banyak masalah yg secara akal sehat tidak dapat terpecahkan, tapi akan datang saatnya asal ia terus percaya, ia akan melihat terang.

4. Aniaya bukan hambatan bagi berita injil.
Masalah bukan hambatan bagi pemberitaan injil. Sering pada saat kita patah hati, ada masalah dalam keluarga, kita jadi males untuk cari Tuhan, pergi ke gereja. Tapi alkitab berkata Roh kita lebih besar daripada yg ada di dunia ini, & kita percaya bahwa mujijat masih bisa terjadi pd orang yg benar.

2 comments:

Unknown said...

terimakasih atas tulisan yang menguatkan kembali iman dalam Kristus. Tuhan memberkati.

Unknown said...

Terimakasih sehingga kami bisa lebih mengerti