Thursday, February 10, 2011

174. Dusta Mahkamah Agama - Matius 28:11-15

Saudara bisa bayangkan, orang beragama, pemimpin-pemimpin beragama, mereka yg mengatur mahkamah-mahkamah agama, mereka yg mengadili orang-orang yg bersalah secara agama, tetapi mereka berdusta. Kadang kala orang yg menyebut diri mereka beragama, tetapi mereka lebih munafik dari orang-orang dunia. Inilah yg akan kita bahas hari ini. Kita lihat di dalam Matius 28:
11Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi di situ kepada imam-imam kepala. 12Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu 13dan berkata:"Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. 14Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa." 15Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan cerita ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Jadi, mereka sebagai Mahkamah agama berunding dengan tua-tua dan orang-orang Farisi. 2 kesalahan yg mereka buat: mereka menyogok para penjaga dengan sejumlah uang dan meminta mereka berdusta agar bila ada orang yg bertanya mengenai hilangnya Yesus, murid-murid Yesuslah yg mencurinya ketika mereka sedang tidur. Pedahal para penjaga ini tahu persis bahwa tidak ada seorangpun dari murid Yesus yg datang lalu mencuri. Mereka tahu persis ketika Allah datang. Mereka tahu persis ketika Kemuliaan Allah datang. Mereka ketakutan dan mereka rebah seperti orang mati. Tetapi ada beberapa hal yg dapat kita pelajari dari cerita di atas:

1. Bahwa agama seringkali dipakai sebagai kedok kemunafikan
Agama seringkali dipakai sebagai topeng-topeng kepalsuan. Seringkali orang bersembunyi di balik jubah agama, sebetulnya mereka berhati iblis. Oleh karena itu tidak heran, orang seringkali mengatasnamakan agama, tetapi menghancurkan rumah ibadah. Orang mengatasnamakan agama, tetapi menyerang agama lain. Orang mengatasnamakan agama, tetapi menghancurkan karya orang lain, merampas dan menghalalkan segala cara, dan mengatakan kami orang beragama.

Saudaraku, orang tidak bisa memakai agama sebagai topeng-topeng kepalsuan. Tetapi haruslah menjadi citra suci yg merupakan bentuk terbangun di dalam hati manusia untuk menghasilkan pribadi yg kudus, melahirkan suatu tindakan yg berisi mengenai norma-norma kebenaran, menciptkan langkah-langkah kudus. Kita lihat di negara kita sendiri, agama dipakai sebagai kendaraan politik dan dipakai untuk kepentingan sendiri dan dipakai untuk menghancurkan kubu orang lain. Agama dipakai untuk menarik simpati dari masyarakat dan permainan politik. Sebagai hamba Allah, dengan tegas saya mau ingatkan. Setiap dari kita yg mempermainkan agama sebagai kendaraan politik dan topeng-topeng kepalsuan. Engkau akan mendapatkan hukuman yg setimpal dari Allah, karena engkau telah memakai Nama Allah dan format-format/atribut-atribut keagamaan untuk menghancurkan/menyiksa orang lain bahkan untuk mengangkat derajat dan kepentingan diri anda sendiri.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, itu bukan barang/peristiwa baru. Karena iblis selalu bekerja dengan cara yg sama. Iblis melakukan dengan cara yg licik dan memakai dusta mahkamah agama, iblis merekayasa orang-orang beragama dan memakai agama sebagai topeng-topeng kepalsuan. Justru semakin teguh kita beragama, semakin kita menghargai orang lain. Semakin dalam kita beragama, semakin dapat kita menerima perbedaan. Semakin kita mencintai Tuhan Yesus, semakin dapat kita menerima orang lain sebagai saudara meskipun kita berbeda. Sebagai hamba Tuhan saya mau ingatkan, jangan pakai agama untuk memenuhi ambisimu sendiri, jangan pakai agama untuk kepentingan sekelompok orang saja. Tetapi biarlah hari ini kita pakai agama sebagai norma-norma suci dalam hati, yg mengubahkan karakter, hidup dan pola pikir kita. Sehingga kita dapat berkata,"Aku hidup, tetapi bukan Aku lagi yg hidup, tetapi Kristus yg hidup di dalam aku."

Ada banyak orang yg bersembunyi diri di dalam gereja dan menyebut dirinya orang beragama, tetapi berzinah jalan terus. Menyebut dirinya kristen, tetapi punya istri piaraan, hidup dengan judi. Menyebut dirinya orang beragama, tetapi percaya kepada para normal-para normal dan kuasa gelap. Saya mau beritahu bahwa hukuman setimpal akan menimpa hidup saudara. Tetapi sebagai hamba Allah, saya mau ingatkan, bukalah hati saudara dan jadikan Yesus sebagai Tuhan di dalam hidup saudara dan jadikan agama sebagai sesuatu yg mempunyai nilai-nilai luhur suci, ubah karakter saudara sehingga selalu berjalan di dalam terang kasih Kristus.

2. Orang beragama bukanlah sebuah jaminan
Kadang mungkin kita melihat,"orang itu menyebut nama Tuhan, pasti ia orang baik." Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, saya tidak mengajarkan saudara untuk curiga dengan semua orang. Tetapi, yg saya mau ajarkan adalah untuk berjaga-jaga. Karena orang semakin jahat dan tidak peduli, seringkali orang memakai nama agama untuk menipu/mengelabui orang lain. Orang memakai nama agama agar kelihatan lebih suci. Tetapi, saya kembali mau ingatkan bahwa orang beragama bukanlah jaminan.

Buka mata saudara baik-baik, dan berdoa minta hikmat, agar saudara tidak tertipu. Ada yg cerita,"saya punya kekasih, ia aktivis gereja, pemain musik pa Pendeta!" Tetapi ia yg mengajak saya untuk berhubungan sebelum menikah." Untung saya masih bisa menolaknya dan mencegahnya, tetapi saya begitu kecewa dan hancur, koq saya pacaran dengan orang yg rohani/beragama, pasti saya akan lebih baik dan iman saya lebih teguh, tapi koq iman saya digoncang. Kembali saya mau ingatkan bahwa orang beragama bukanlah jaminan. Engkau harus tetap berdoa, agama tidak dapat mengubah manusia. Tetapi, Yesus Kristus dengan kematianNYA di kayu salib mengubah hidup kita.

3. Kuasa Yesus Kristus akan tetap dinyatakan
Orang mau buat dusta apapun, maupun memakai topeng agama untuk menekan dan menyerang, tetapi sekali lagi saya mau ingatkan bahwa Kuasa Kristulah yg akan tetap dinyatakan. Tidak perlu engkau takut. Teguhkan iman saudara. Bila engkau memiliki hati yg bersih, engkau akan melihat Kemuliaan Allah dinyatakan.

Doa:
Hamba berdoa di dalam Nama Yesus, Engkau jamah dari setiap kami yg sakit, yg berbeban berat. Biarlah kasih Allah yg mengalir di dalam diri kami, sehingga mujijat yg terjadi saat ini juga, haleluya, amin!

No comments: