Sunday, October 24, 2010

160.Roti dan anggur, Matius 26:26-29

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, dalam Kekristenan, ada 1 hal yg tidak dapat dipisahkan dari perjamuan suci, yaitu: Roti dan anggur. Ada gereja-gereja tertentu yg mengadakan perjamuan suci setiap hari minggu. Ada pula yg mengadakan perjamuan suci setiap awal bulan. Ada pula gereja yg mengadakan perjamuan suci hanya menjelang hari-hari besar Kekristenan, seperti saat menjelang Natal, menjelang Paskah atau Tahun Baru. Mungkin menjelang Jumat Agung, atau ada yg diadakan setiap 2 bulan sekali.

Jadi, ada yg melakukannya secara berbeda-beda, tetapi semua gereja mengakui bahwa perjamuan Suci adalah sangat penting, mengapa? Karena itu akan mengingatkan pengorbanan Kristus bagi kita. Hal itu akan mengingatkan bahwa betapa berharganya kita, mengingatkan akan Kuasa Allah yg luar biasa. Bila tubuh dan darahNYA saja dipecahkan, masa sih IA engga akan mengulurkan tangan, melakukan mujijat dan perkara besar di dalam hidup kita.

Itulah sebabnya setiap kali kita melakukan perjamuan Suci, setiap kali kita mengambil roti dan anggur, itu akan mengingatkan kita bahwa Allah kita adalah Allah yg luar biasa, Allah yg mengerjakan perkara yg kelihatannya mustahil di dalam hidup kita. Matius 26:
26Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."27Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. 28Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. 29Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."

Ada beberapa pelajaran menarik dari pokok Roti dan anggur ini:

1. Roti dan anggur bukanlah lambang, tetapi Tubuh dan darah Yesus sendiri
Ada orang yg berbicara bahwa bahwa roti adalah lambang dari tubuh Kristus dan anggur adalah lambang dari darah Kristus, mungkin aturan gereja saudara berbicara seperti itu. Tetapi alkitab tidak pernah mengatakan seperti itu. Untuk apa memperdebatkan sesuatu yg bertentangan dengan Firman Allah. Di ayat 26 dikatakan Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.

Lalu, kenapa kata lambang ini ada, nah saudaraKU yg kekasih di dalam Tuhan, pada jaman gereja mula-mula, orang-orang Kristen pernah dikejar-kejar, mereka dianggap sebagai orang kanibal. karena orang-orang Israel dituduh oleh orang-orang Romawi, sebagai orang-orang yg memakan daging dan meminum darah. Setiap mereka angkat roti, mereka berkata,"Inilah tubuh Yesus." Dan ketika mereka angkat anggur, mereka berkata,"Inilah darah Yesus."Setiap kali orang-orang Yahudi yg tidak menyukai keberadaan mereka yg mengikuti Yesus. Orang-orang Yahudi ini memfitnah orang-orang Kristen ini, sehingga di dalam gereja mereka dikejar-kejar dan dianiaya dan salah 1 tuduhannya, adalah mereka meminum tubuh dan darah.

Itulah sebabnya Bapa-bapa gereja pada gereja mula-mula abad awal, agar para pengikut Kristus aman, mereka memberikan pandangan bahwa ini bukanlah tubuh Yesus, tetapi ini adalah lambang. Tetapi saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, Yesus sendiri tidak pernah mengatakan bahwa ini adalah lambang, tetapi Yesus sendiri mengatakan bahwa ini adalah tubuhKU dan darahKU. Ini adalah hal yg sangat penting, karena saat roti dan anggur itu kita makan, kita menjadi satu dengan Yesus, dan itu tidak dapat dipisahkan. Itulah Yesus berkata bahwa Aku tinggal di dalam Kamu, dan FirmanKU tinggal di dalam kamu. Berarti kehidupan Kekristenan adalah kehidupan kesatuan.

Bahasa Jawanya dikatakan manunggal. Jadi, Allah manunggal dengan kita. Saudara terlibat dengan perjamuan suci, makan roti dan minum anggur. Berarti saudara menjadi 1 bagian yg tidak dapat dipisahkan dengan Kristus. Oleh sebab itu sebagian dari gereja-gereja dikatakan bahwa perjamuan suci hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yg sudah dibaptis, berarti semuanya ini tidak boleh dilakukan secara main-main, tetapi harus dengan pengertian yg jelas dan benar, dan bukan merupakan sakramen keagamaan, tetapi menjadi 1 dengan Yesus. Paulus berkata,"Hidupku bukan aku lagi, tetapi Kristus yg hidup di dalam aku." Berarti ini adalah suatu proklamasi kemenangan bahwa saya tidak sendiri lagi. Kristus di dalam saya dan saya di dalam Kristus.

2. Roti dan anggur adalah jaminan pengampunan dosa
Makanya Yesus berkata pada ayat yg ke-27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. 28Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. Berarti Roti dan anggur adalah jaminan pengampunan dosa, waktu kita minum anggur dan makan roti, itu adalah jaminan bahwa saya menjadi 1, artinya dosa saya diampuni.

Berarti orang yg menerima perjamuan, berarti dia diampuni?
Hanya orang yg mengerti dengan benar, bahwa tubuhnya adalah bait Allah, bahwa ia tidak bisa seenaknya berbuat dosa, saya harus hidup benar, saya harus hidup suci. Orang yg menerima perjamuan suci, tetapi tetap berzinah, orang yg menerima perjamuan suci, tetapi tetap menipu, dan berbuat dosa. Berarti, orang ini menghina tubuh dan darah Kristus. Karena, orang yg terlibat dalam perjamuan suci, seharusnya orang ini sadar akan dosanya. Ia bersedia berkata,"Mulai hari ini, saya berjanji untuk hidup benar, kudus, suci dan berkenan kepada Tuhan."

3. Roti dan anggur adalah persiapan untuk saya menjumpai Yesus dalam Kerajaan Allah
Ayat yg ke-29 dikatakan,"Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku." Berarti Roti dan anggur adalah persiapan untuk saya menjumpai Yesus dalam Kerajaan Allah. Berarti waktu kita menerima roti dan anggur, kita diingatkan bahwa kita memang hidup di dunia, tetapi cara hidup saya tidak boleh duniawi.

Walaupun saya hidup di dunia, tetapi saya memiliki misi surgawi, saya harus menjadi saksi Tuhan, saya harus mengenakan pakaian baru, saya harus mengenakan Kristus di dalam hidup saya, kenapa? Karena saya adalah warga dari Kerajaan Sorga, saya adalah bagian dari Kristus, dimana Kristus berada, akupun berada. Itulah sebabnya saya mau ingatkan bahwa hidup Kristen adalah hidup yg indah, hidup yg penuh dengan kemenangan,karena kehidupan Kristen bukanlah memiliki agama, tetapi memiliki kepastian. Saya tidak pernah berjalan sendiri, tetapi saya berjalan bersama Kristus dan menjadikanNYA segala-galanya dalam hidup saya. Saya menjadikan Kristus sebagai bagian yg tidak terpisahkan di dalam hidup saya, saya menjadikan Kristus sebagai bagian yg utama.

Doa:
Bapa saya berdoa untuk setiap dari kami yg menerima perjamuan suci, tetapi tidak mengerti. saya berdoa untuk setiap dari kami yg menerima perjamuan suci, tetapi tetap hidup dalam dosa, keserakahan, perzinahan, dan semua hal yg bertentangan dengan Firman Allah. Saya berdoa di dalam Nama Yesus, agar setiap dari kami mengerti pada saat menerima perjamuan suci, biarlah KuasaMu nyata di dalam hidup kami. Rumah tangga yg hancur Engkau pulihkan, yg lemah Engkau kuatkan, yg muda engkau berkati, di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

No comments: