Tuesday, March 20, 2012

204. Hasil iman - Markus 5:25-34

Alkitab berkata,"bahwa iman tanpa perbuatan, pada hakekatnya mati. Tanpa iman, tidak ada seorangpun yg berkenan kepada Allah. Itu juga berarti, bila kita beriman, kita juga pasti berkenan kepada Allah. Berkenan kepada Allah, bukan berarti bahwa Allah senang kapada kita, tersenyum kepada kita dan berkata,"Anakku, apa yg engkau buat adalah baik!

Tetapi saya percaya bahwa bila Allah berkenan kepada kita, maka hal-hal yg luar biasa akan terjadi. Jika Allah berkenan kepada kita, Allah sembuhkan sakit kita, Allah akan berkati masa muda kita, keluarga kita akan selalu diberkati, jika Allah berkenan kepada kita, maka jalan kita akan terus maju dan tidak mundur. Kita akan terus naik dan tidak turun. Kita akan melihat perkara-perkara yg luar biasa di dalam hidup kita. Oleh karena itu, saya percaya bahwa iman bukanlah sebuah konsep, tetapi iman adalah sebuah pengalaman pribadi berjalan melalui kemenangan bersama Yesus setiap hari, haleluya!

Kita lihat di Markus 5: 25Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. 26Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. 27Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya. 28Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." 29Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. 30Pada ketika itu juga Yesus mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?" 31Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa yang menjamah Aku?" 32Lalu ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa yang telah melakukan hal itu. 33Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. 34Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!"

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, wanita ini sudah 12 tahun mengalami pendarahan, dia sudah datang ke berbagai tabib, keadaannya bukan semakin membaik, tetapi semakin memburuk, hartanya habis sama sekali, kelihatannya sebagai manusia, wanita ini sudah tidak memiliki pengharapan sama sekali, tetapi dengar baik, imannya...itulah yg menyelamatkan dia. Mungkin saudara berkata,"bukankah Yesus yg menyembuhkan dia, betul!

Tetapi tidakkah saudara mengerti bahwa Yesus ada di sana, dan orang banyak berdesak-desakan dan berbondong-bondong di dekat Dia. Pertanyaannya, apakah orang banyak itu tidak ada masalah? Semuanya pasti memiliki masalah, tetapi pertanyaannya, kenapa hanya wanita ini yg meraih mujijat dan disembuhkan? Jawabannya sederhana, karena yg lain hanya mau menonton dan menyaksikan apa yg terjadi? Tetapi, wanita ini datang pada Yesus, bukannya ingin pegang-pegang Yesus atau ingin melihat wajah Yesus itu seperti apa?

Tetapi, wanita ini datang kepada Yesus dengan iman. Sementara orang banyak sedang bersentuhan dan bersenggolan dengan Yesus, dan berdesak-desakan. Tetapi Yesus tidak peduli, sampai Yesus merasa bahwa ujung jubahNYA dijamah dan merasa ada tenaga yang keluar. Iman mendatangkan Kuasa Allah keluar dari diri Allah sendiri dan menjamah perempuan ini. Tahukah saudara bahwa banyak orang yg berdoa, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Atau ada banyak orang pelayanan-pelayanan, tetapi tidak menghasilkan apa-apa.

Lalu ada orang yg berkata,"bahwa saya dekat Yesus, tetapi tidak menghasilkan apa-apa!" Tetapi, kenapa ada orang lain yg terima mujijat/terima kemenangan. Ada orang yg rumah tangganya dipulihkan, tetapi saya tidak terima apa-apa. Jawaban saya sederhana, karena orang lain hanya berdesak-desakan/ikut-ikutan, tetapi wanita ini menjamah Yesus dengan iman, dengan kepastian, bahwa Yesus akan berbuat sesuatu bagiNYA. Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, bila kita berdoa dengan iman, bila kita melayani dengan iman, berbuat sesuatu dalam ibadah kita dengan iman.

Saya percaya bahwa sesuatu yg luar biasa akan terjadi buat saudara. Bila saudara mengikuti program ini dengan iman, berdoa dengan iman, saudara buka hati dengan iman, saya percaya bahwa sesuatu yg ajaib akan terjadi buat saudara. Karena Yesus Tuhan tidak berubah, dulu, sekarang dan selama-lamanya.
Bagaimana iman kita bisa menghasilkan sesuatu dalam hidup kita:

1. Iman kita akan menghasilkan sesuatu bila kita tidak menyerah
Kita lihat ayat yg ke-25Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Ini perempuan menderita, dan sudah 12 tahun, kemudian di ayat yg ke-26Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. Saudara bisa bayangkan, sebetulnya dia sudah sangat kecewa. Kemudian di ayat yg ke-27Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya.

Ada banyak alasan untuk wanita ini, agar dia lemah, patah semangat, dan tidak punya iman lagi! Tetapi, ada 1 kata yg bisa kita tiru: "dia tidak pernah menyerah..., dia tidak pernah menyerah!" Tantangan boleh berat, masalah boleh berat, tetapi ada 1 yg tidak pernah hilang di dalam hidupnya, yaitu:semangat, semangat untuk meraih mujijat, semangat untuk sembuh, semangat untuk tetap percaya dan bergantung kepada Yesus, dan Yesus tidak pernah gagal.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, saya mengerti...mungkin badai besar sedang menerpa hidup saudara, tantangan-tantangan berat mungkin sedang saudara jalani. Tetapi ingat, selama engkau masih mau bertahan, selalu ada jalan keluar di dalam Yesus. Selama engkau tetap beriman kepada Yesus, tetap ada jalan keluar. Kapan mujijat tidak pernah terjadi lagi? Saat kita menyerah! Tetapi selama engkau masih mau bangkit dan mau bertanding, selama engkau masih tetap mau berjalan, Yesus pasti akan beri jalan keluar buat saudara. Ingat, iman kita akan menghasilkan sesuatu asal kita tidak menyerah! Jadikanlah Allah sebagai teman dalam hidup saudara, Yesus sumber kehidupan kita!

2. Iman akan hasilkan sesuatu jika ada kuasa yg mengalir
Ayat ke-29Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. 30Pada ketika itu juga Yesus mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?" Apa artinya Kuasa Yesus mengalir?
Ada banyak orang yg berpikir bahwa beriman itu sama dengan percaya diri. Percaya diri berarti bahwa saya menggantungkan kemampuan saya pada diri saya sendiri.

Tetapi, bila iman saya bergantung pada Tuhan, pada Allah yg hidup, pada Dia yg bagiNYA tidak ada perkara yg mustahil, saya yakin bahwa Allah saya luar biasa. Saya percaya bahwa kuasa itu akan mengalir, mujijat akan terjadi!

3. Iman akan menghasilkan sesuatu bila kita datang apa adanya
Kita lihat ayat yg ke-33Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. Perempuan itu begitu jujur, meskipun air mata mengalir, dia tidak memiliki siapa-siapa lagi, tidak punya apa-apa lagi.

Itulah Yesus bilang,"Kalau kamu tidak datang seperti anak-anak, kamu tidak akan bisa menjadi pewaris Kerajaan Sorga! Kenapa Yesus bicara mengenai anak-anak? Karena anak-anak polos, apa adanya. Inilah yg Yesus cari, orang-orang yg tidak menutup-nutupi dirinya, tetapi datang dengan apadanya,"Tuhan, dengan kekurangan dan kelemahan saya, Engkau terima apa adanya, dan percayalah bahwa Tuhan akan mengerjakan mujijat bagi saudara!"

Doa:
Bapa, dalam Nama Yesus, hamba berdoa, untuk setiap kami yg berbeban berat, yg sedang mengalami pergumulan, di dalam Allah tidak ada perkara yg mustahil. Di dalam Nama Yesus Tuhan jamah, Tuhan bangkitkan imannya. Sehingga kita boleh melihat mujijat dan kemenangan yg luar biasa! Biarlah iman kita bisa menghasilkan sesuatu dan memberikan kemuliaan bagi Tuhan, amin!

No comments: