Saturday, July 24, 2010

150. Yesus datang di saat yang tidak terduga -Matius 24:37-44

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, kita seringkali berpikir bahwa kita mengharapkan Yesus datang pada saat kita sadar dan kita duga. Sehingga kita dapat benar-benar siap. Bagaimana jadinya, bila setiap hari kita selalu berdoa dengan sungguh-sungguh, tetapi minggu itu ketika Yesus datang saya sedang pututs asa dan berbuat dosa, apakah saya tidak akan masuk dalam keselamatan? Memang betul bahwa bukan langkah awal yg menentukan, tetapi langkah akhirlah yg menentukan. Dan begitu pula sebaliknya, ada orang yg hidupnya tidak karuan, tetapi pada saat saat itu, ia baru bertobat 1 minggu dan Yesus datang.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, persoalan ini menjadi banyak pertanyaan. Maka marilah kita pelajari bersama-sama di dalam Matius 24:

37Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 38Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 39dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 40Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 41kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 42Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 43Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 44Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."

Perhatikanlah ayat yg terakhir, sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga." Banyak orang yg mencoba dan senang memastikan kapan Yesus datang? Mungkin saudara seringkali dengar banyak para pendeta bernubuat. Seringkali mereka berbicara,"Tuhan berbicara buat saya, bahwa Ia akan datang pada tanggal, bulan dan tahun sekian.

Tetapi, hari ini saya tegaskan buat saudara bahwa setiap orang yg mencoba untuk memastikan kedatangan Yesus, sebagai hamba Allah saya mau beritahu bahwa itu adalah pandangan yg salah, karena Alkitab sendiri yg berkata hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."Pertanyaan kita, kenapa Yesus datang di saat yg tidak terduga? Karena Firman Allahlah yg telah menyingkapkan semuanya itu, dan Firman Allah tidak akan bertentangan satu sama lainnya. Nubuat Allah, Roh Kudus adalah sesuatu yg tetap dan tidak dapat dirubah. Jadi, Tuhan tidak menetapkan kapan Yesus akan datang, dengan alasan:

1. Agar kita benar-benar mempersiapkan diri
Saya ambil contoh sederhana, orang tua saudara sedang pergi ke luar kota, dan orang tua saudara bilang, jangan keluar rumah hari ini. Jam 9 pagi, orang tua saudara berangkat. Dan saudara tahu bahwa jam 6 sore, orang tua saudara biasa pulang. Mama sudah bilang bahwa jangan keluar rumah, tetapi bereskan rumah. Kalau saudara, dalam tanda "" (petik), mengacuhkan orang tua saudara, maka apa yg saudara buat? Saudara main sama temen-temen saudara. Tetapi, saudara yakinkan bahwa jam 4 sore, saudara pulang, saudara cepet-cepet mandi, dan saudara bersihkan rumah secepat mungkin.

Kemudian, saudara ambil buku, belaga nulis-nulis. Kemudian jam 6 sore, "teng-tong", saudara buka pintu dan bilang,"eh...mama." Jadi, saudara bisa lihat bahwa kelihatannya kita siap, ada waktu-waktunya. Saya engga bisa bayangkan, kalaulah kita tahu bahwa Yesus akan datang bulang September tahun depan, misalnya. Maka, akan banyak orang yg bilang, "ah...Yesus datangnya masih lama, nanti seminggu sebelum IA datang saja, maka saya akan mempersiapkan diri sebaik mungkin dan hidup benar dalam minggu itu. Akan tetapi, dosa menghancurkan segalanya. Kita sudah melihat semua tanda-tandanya dengan jelas, hanyalah kita tidak mengetahui kapan tanggal, bulan dan tahunnya secara pasti.

2. Agar fokus hidup kita selalu pada kebenaran Firman dan bukan pada kedatangan Yesus
Karena kita mengasihi Yesus dan mencintaiNYA, apapun yg IA perintahkan, saya lakukan. Karena, hidup ini bukanlah hanya untuk menunggu kedatangan Yesus, tetapi di dalam hidup ini adalah menyenangkan hati Yesus di dalam segala keadaan. Billy Graham pernah bilang di dalam salah 1 kotbahnya,"Dalam berbicara hidup suci, saya akan berpikir bahwa Yesus akan datang nanti malam, tetapi dalam mempersiapkan pekerjaan Tuhan, saya akan berpikir bahwa Yesus akan datang 1000 tahun lagi."

Berarti kesimpulannya, saya harus mengerjakan segala sesuatunya dengan terbaik. Tetapi, kalau saya tahu bahwa Yesus datang nanti malam, maka hari ini saya tidak akan ajak orang ke gereja, hari ini saya tidak akan bangun gereja dan merancangkan program-program dengan baik, karena nanti malam Yesus akan datang. Tetapi, bicara soal kekudusan, saya harus berpikir bahwa Yesus akan datang nanti malam.

3. Agar kita dijumpai dengan keadaaan apa adanya
Hidup kita bukanlah kehidupan yg munafik dan dibuat-buat. Oh...nanti malam jam 10 Yesus datang, jadi sekarang saya berdoa, dan memuji Tuhan. Pedahal biasanya tiap malam engga pernah berdoa. Jadi, engga bisa dibayangkan, bila semua orang melakukan hal yg sama. Maka pada hari itu gereja akan penuh luar biasa. Tetapi, Yesus akan menatap saudara, dan bilang,"ini kan hanya kamu buat-buat saja, dan hanya kemunafikan kamu, karena engkau tahu Saya akan datang."

Alangkah indahnya ketika kita sedang bekerja dengan tekun bagi Kerajaan Allah, sesuai dengan FirmanNYA, lakukanlah itu bagi Tuhan dengan kebenaran dan kesucian. dan saat IA datang, kita dijumpai apa adanya, sehingga Yesus akan berkata,"Mari masuk, hambaKU yg setia."Jadi, kita tidak tahu kapan Yesus akan datang, tetapi 1 hal yg perlu kita ingat, bahwa di dalam Kebenaran, hidup kita akan selalu beroleh kemenangan, haleluya!

Doa:
Bapa, di dalam Nama Yesus, saya berdoa untuk kami semua karena segala persoalan dan kesulitan yg sedang dihadapi, Tuhan jamah setiap kami semua, sehingga kami boleh menerima berkat, kesembuhan dan kemenangan, di dalam Nama Yesus kami berdoa, amin!

No comments: