Sunday, February 13, 2011

175. Perintah yang Agung- Matius 28:16-20

Hari ini adalah hari yg spesial, karena kita akan membahas perikop yg terakhir dari injil Matius. Matius 28:
16Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. 17Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. 18Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-KU telah diberikan segala kuasa di Sorga dan di bumi. 19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Nah, saudaraku yg kekasih dalam Tuhan, ada beberapa pelajaran yg menarik yg dapat kita pelajari dari the Great Commandments/Perintah yg Agung dari ayat-ayat di atas:

1. Kita harus menyadari Kuasa yg Tuhan Yesus miliki
Ayat ke-18 dikatakan "Kepada-KU telah diberikan segala kuasa di Sorga dan di bumi. Kenapa sering kali kita takut, kita kuatir? Keadaan ekonomi sesulit ini, bisa engga ya Yesus Kristus cukupi keperluan saya. Dengan lain kata, kita sedang membandingkan Yesus dengan persoalan ekonomi yg terjadi. Atau, suami saya kasar sekali & keras kepala, bisa engga yah dia berubah? Dengan lain kata, kita sedang membandingkan Yesus dengan kekasaran/kekerasan suami. Atau kita berkata,"Rumah tangga saya goncang, bisa engga yah Yesus pulihkan?"

Berarti dengan lain kata, kita sedang membandingkan Yesus dengan persoalan hidup yg kiranya begitu berat. Yesus bilang,"hai,...bagi kamu yg menyembah Aku, maupun bagi kamu yg ragu-ragu. Ingat 1 kepastian ini, engkau boleh ragu atau tidak percaya atau sebaliknya tidak mengakui Aku. Tetapi yang pasti, segala Kuasa di bumi telah diserahkan kepadaku. Dengan lain kata, ini tidak perlu suatu pengakuan. Saudara mau percaya/tidak percaya. Saudara mau kutuk/menghujat atau memuji Tuhan, Yesus tetap Tuhan, kenapa? Karena segala Kuasa di bumi maupun di Sorga, telah diserahkan Bapa ke dalam tanganNYA. Berarti, selama kita berjalan dengan Yesus, kita engga perlu kuatir dengan apapun juga.

Ini yg mau Tuhan tegaskan buat kita, bahwa kehidupan Kristen kita harus didasari dengan kepastian yg penting. Kita harus menyadari Kuasa yg Tuhan Yesus miliki. Kalau kita tidak menyadari Kuasa yg Tuhan Yesus miliki, kita engga akan menjadi orang yg setia, teguh dan tangguh. Baru kena masalah/persoalan, kita mulai kecewa, kita mulai mundur, kita mulai complain/bersungut-sungut kepada Tuhan. Kita mungkin akan berkata,"Tuhan, saya engga sanggup, Tuhan..saya engga mampu, percuma saya berdoa, percuma saya pelayanan. Nah, ini yg saya bilang bahwa sering kali kita tidak menyadari Kuasa yg Tuhan Yesus miliki.

Bila kita sudah menyadari Kuasa yg Tuhan Yesus miliki, di hadapan kita boleh ada batu karang yg besar, di hadapan kita boleh ada tantangan yg besar. Tetapi kita akan berjalan terus dan berkata bahwa Yesus yg memiliki kuasa, Yesuslah yg memberikan kemenangan yg luar biasa buat hidupku, haleluya!

2. Kabarkanlah Injil dimanapun kita berada
Yesus memproklamirkan Kuasa yg telah diberikan kepadaNYA, ayat19Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 20dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Tuhan tidak bilang hanya kepada pendeta ataupun gembala-gembala sidang, ataupun para nabi, para rasul maupun aktivis-aktivis gereja untuk mengabarkan injil.

Tetapi pengabaran injil harus dilakukan bagi orang-orang biasa, bagi orang-orang awam. Bukan berarti, seseorang yg telah pergi ke gereja 1 minggu sekali, itu sudah cukup. Tetapi, Yesus bilang,"siapapun kamu, pergilah, kabarkanlah injil, jadikan semua bangas muridKU, bukan hanya membaptis, tetapi ajarkanlah mereka untuk melakukan segala sesuatu yg terlah Kuperintahkan kepadamu!" Berarti, dari sini kita tertantang sebagai orang percaya untuk mengabarkan injil. Apakah itu berarti, bahwa,"kemana-mana saya harus membawa Alkitab, berdiri di depan kantor dan berkotbah untuk mereka?"

Mengabarkan injil bukan berarti saya harus berkotbah & memamerkan alkitab kemana-mana, tetapi kita adalah surat Kristus yg terbuka. Bagi kita yg percaya, surat Kristus adalah Alkitab. Tetapi, bagi dunia yg tidak percaya, surat Kristus adalah kita. Berarti saya dapat mempresentasikan Kristus dalam kehidupan ini. Berarti, kemanapaun saya pergi, saya harus membawa kabar sukacita. Karena Injil di dalam bahasa aslinya adalah Eu angeleon. Eu angeleon, artinya pengharapan. Alkitab adalah kabar sukacita, kabar kemenangan. Jadi, biarlah kita menjadi saksi Tuhan, beri pengharapan, beri kekuatan, bawa orang lain agar mereka mengikuti jalan yg lurus. Kemanapun kita pergi, kita membawa kabar sejahtera dan kekuatan bagi orang lain. Kemanapun kita pergi, kita membawa orang lain lebih maju dan lebih dekat kepada Tuhan.

3. Kita harus mengingat penyertaanNYA bagi kita
Ayat yg ke-20Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."Berarti kita harus ingat penyertaan Tuhan atas kita. Kalaulah kita sadar bahwa Tuhan selalu menyertai kita, berarti kita tidak akan mudah untuk miring ke kiri maupun miring ke kanan. Seringkali sebagai orang Kristen kita merasa,"aduh kayanya hidup ini berat banget,....serba susah, sehingga akhirnya kita mudah terpengaruh dengan hal-hal dunia.

Tetapi bila kita sadar bahwa Tuhan selalu menyertai kita, kita akan memiliki rasa takut akan Tuhan. Kemanapun saya pergi, Tuhan akan lihat. Dimanapun saya berada Tuhan akan selalu memperhatikan apa yg saya buat/kerjakan. Oleh karena itulah saya tidak akan buat sesuatu yg bertentangan dengan Tuhan. Tuhan akan selalu membela dan menjaga saya, Tuhan akan selalu memperhatikan segala sesuatu yg saya buat. Tuhan Yesus selalu mempunyai kerinduan memuliakan Allah Bapa melalui kita.

Doa:
Bapa, di dalam Nama Yesus, kami berdoa bagi kami yg sakit, bagi kami yg berbeban berat dan mengalami masa-masa yg sukar. Kami berdoa secara khusus, di dalam Nama Yesus, biarlah mereka boleh mengalami Kuasa Tuhan yg luar biasa, bangkitkan iman kami, sehingga kami dapat berjalan di dalam kemenangan, terima Kasih Bapa, amin!

No comments: